Bagi orang-orang yang berada jauh dari kampung halaman atau mereka yang berada di perantauan, mudik adalah sebuah rutinitas tahunan yang menjadi ‘keharusan’ untuk dijalani.

Mudik menjadi salah atu ajang untuk kembali menjalin silaturahmi setelah beberapa waktu terpisah oleh jarak dari sanak saudara, ia bisa menjadi cara untuk mengobati rindu dengan keluarga dan sudara yang berada di kampung halaman.

Akan tetapi bagaimana jika kamu tidak bisa mudik di tahun ini? Mungkin terdapat berbagai alasan yang mengakibatkan kamu tidak bisa mudik. Sedih pastinya, hal yang tidak terduga ini menjadi hambatan bagimu untuk menjalin silaturahmi kembali dengan keluarga tercinta.

Tak perlu khawatir, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar silaturahmi dengan sanak saudara dan orang-orang terkasih di kota asal tetap terjaga meskipun kamu tidak bisa mudik.

Video Call

2 a
www.pctren.com

Saat ini teknologi telah berkembang dengan pesat, sehingga salah satu manfaatnya membuat informasi dan komunikasi semakin mudah dilakukan.

Menjadikan seolah tidak ada batasan antar jarak dan waktu. Kamu bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada untuk menjalin silaturahmi dengan keluargamu,salah satunya memalui video call.

Dengan aplikasi video call dapat memudahkanmu untuk bisa menjalin komunikasi dan bisa bertatap muka dengan keluarga di daerah  asal meski berbeda jarak dan waktu.

Kamu bisa mengucapkan selamat hari raya, dan berbagai hal serta dengan jelas melihat wajah mereka, orang-orang terkasih.

Kartu Ucapan Elektronik

2 b
simomot.com

Tidak hanya video call, kamu juga bisa mengirim e-card atau yang juga disebut dengan kartu elektronik.

Kamu dapat mengirimkan kartu ucapan berbasis e-mail dengan pesa suara dan gambar. Keluargamu yang berada jauh akan terasa dekat.

Gunakan kreativitasmu untuk membuat e-card dengan pesan suara atau berbentuk video sehingga ktercipta jalinan silaturahmi yang hangat dan hal itu akan sedikit mengobati rindumu.

Memanfaatkan Sosial Media

2 c
nindhitadwi.blogspot.com

Sekarang ini banyak media sosial banyak sosial media yang dapat digunakan untul saling berbagi info dan berkomunikasi.

Bahkan jika kamu panda memanfaatkannya, maka jarak bukan lagi menjadi kendala untuk menjalin silaturahmi.

Hampir semua sosial media menyediakan akses perekam video sehingg kamu dan keluarga di kampung bisa saling bertukar kabar.

Mengirim Parcel Lebaran

2 d
Parsel Lebaran

Mungkin cara ini merupakan cara klasik dan sudah biasa dilakukan saat momen lebaran. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba mengirimkan parsel ke kampung halaman.

Buah mata dan surat  darimu akan mengobati sedkit rasa kangen keluargamu. Kamu bisa menangkan apa yang kamu rasa melalu surat itu dan hal itu akan membuat suasana semakin hangat.

Semoga cara di atas dapat sedikit menggantikan kehadiramnu di kampung halaman. So, meski tidak bisa mudik, silaturahmi tetap terjalin.