Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini pahala dilipat gandakan dan berkah serta rahma Allah SWT sangat berlimpah. Sangat disayangkan jika kita melewati bulan Ramadhan dengan hal yang sia-sia tanpa pahala.

Sebagai umat Muslim, kita diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Kita harus menahan lapar dan dahaga serta segala hal yang dapat membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari atau hingga waktu magbrib tiba.

Untuk itu, sebaiknya kita benar-benar menjaga puasa kita dengan baik. Terdapat beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan ketika puasa, meskipun hal tersebut tidak membatalkan puasa tapi terkadang dapat menjadikan perantara menuju rusaknya puasa.

Berikut beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat puasa.

Berenang

1 renang
kucingbacakomik.blogspot.com

 

Bagi kamu yang memiliki hobi berenang, ada baiknya untuvktidak melakukan kegemaranvini saat puasa. Sebab melakukan akitivitas renang bisa mengakibatkan air masuk ke mulut atau hidung.

Dengan begitu kemungkinan akan batalnya puasa sangatlah besar. Akan tetapi, jika kamu tetap berenang di malam hari tidak masalah.

Obat dalam Bentuk Suntikan

13 SUNTIKAN
welcometomichaelworld.blogspot.com

Lain halnya dengan infus, suntikan obat yang lain tidak membatalkan puasa.  Tapi, alangkah baiknya jika kamu ingin melakukan suntikan ke tubuh dilakukan pada waktu malam hari. Hal ini untuk menghindari batalnya puasa kita di siang hari.

Terlalu Banyak Tidur

kiki widyasari waktu tidur
www.eriesudewoid.com

Memang tidur pada saat puasa adalah ibadah. Maksudnya yakni tidurnya orang berpuasa adalah ibadah, lebih baik tidur daripada melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Akan tetapi, tidak juga lantas kita bermalas-malsan tidur terus menerus sepanjang hari. Kita tahu bahwa bulan Ramadhan adalah kesempatan untuk memperbanyak amal ibadah. Tidak selayaknya untuk melewatkan kesempatan di bulan Ramadhan ini dengan banyak tidur.

Donor Darah Atau Bekam

13 DONOR DARAH
www.bppk.kemenkeu.go.id

Terdapat pendapat yang kuat yang menyatakan bahwa berbekam tidaklah membatalkan puasa. Dari Ibnu Abbas ra, bahwa Nabi Muhammad SAW berbekam dalam keadaan ihram dan beliau berbekam dalam keadaan puasa.(H.R Al Bukhari No.1802)

Melakukan bekam memang tidak berbahaya, tapi hal itu dapat menyebabkan tubuh terasa lemah. Jika kamu ingin melakukan bekam sebaiknya di malam hari tidak di siang hari ketika puasa.

Hal tersebut juga berlaku pada kegiatan donor darah. Sebaiknya tidak melaukan donor darah di siang hari saat Ramadhan.

Bercumbu dengan Istri

13 SUAMI ISTRI
www.infoberitaterbaru.com

Dari Aisyah ra beliau berkata, “Rasulullah SAW mencium dalam keadaan berpusaa, beliau mencumbu dalam keadaan berpuasa. Akan tetapi beliau adalah orang yang paling mampu menjaga nafsu” (H.R Al Bukhari dan Muslim)

Sebenarnya tidak dilarang bercumbu dengan istri, namun dimakruhkan mencium bagi orang yang sedang berpuasa karena kegiatan itu dapat membangkitkan syahwat sehingga dapat merusak puasa.

Demikianlah hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat puasa, agar puasa kita dapat terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat.

SHARE