Apa kamu akrab dengan istilah allenatore, il capitano, scudetto, capolista, capocannonieri? Kalau iya pasti kamu penggemar salah satu liga terbaik di dunia, Liga Italia.

Bagi kamu yang menggilai bola semenjak tahun 1990-an, tentu telah merasakan serunya Liga Italia Seri A, dengan bintang-bintang dunia yang bertebaran di klub seperti Juventus, Milan, Inter, Roma, atau Lazio.

Dominasi sepakbola bukan melulu Real Madrid, Barcelona, Bayern Munchen, dan klub-klub mentereng Inggris, seperti yang diketahui pecinta bola jaman sekarang. Klub-klub Italia juga pernah merajai Eropa dan dunia.

Bahkan dimasa keemasannya, Seri A didaulat sebagai liga terbaik dunia mengalahkan Liga Inggris dan Spanyol. 7 klub besar Italia dengan gelar magnificent seven begitu ditakuti oleh klub-klub Eropa lainnya.

Tak heran jika tifosi (sebutan supporter klub Italia) tidak hanya datang dalam negeri pizza, tapi juga datang dari seluruh dunia. Termasuk di dalamnya tifosi Indonesia tak kalah banyaknya.

Sayangnya semenjak kasus calciopoli menyeruak dan finasial klub-klub Italia mulai goyah akibat krisis global, berlahan liga dan klub Seri A makin kehilangan pamornya.

Terakhir, hanya Inter Milan yang ‘beruntung’ bisa menggondol Piala Champion pada musim 2009/2010. Seri A dalam peringkatnya kini anjlok di peringkat 4 Eropa dibawah Liga Jerman.

thesefootballtimes.co
thesefootballtimes.co

Namun, seanjlok apapun Liga Italia, kecintaan tifosi sudah mendarah daging begitu lama. Di Indonesia ketika semua orang mengelu-elukan kehebatan klub Inggris dan Spanyol, tifosi tak pernah berhenti mendukung klub-klub Italia.

Salah satu tifosi yang paling besar di Indonesia adalah tifosi Juventus. Klub yang paling berkuasa di Italia dengan 31 gelar scudetto dan 11 gelar internasional.

Tidak banyak yang menyangka, di tengah merosotnya pamor Seri A, tifosi Juventus mampu memenuhi Stadion Gelora Bung Karno saat tour Juventus di Indonesia.

Berbagai ungkapan cinta diungkapkan tifosi Indonesia saat pertandingan uji coba Juventus di Jakarta. Ungkapan cinta pun bersambut mesra dengan balasan terima kasih, langsung dari markas Juventus kota Turin.

Ingin tahu seperti apa mesranya tifosi di Indonesia dengan Juventus di italia, ini dia gambar-gambarnya.

1Ucapan Terima Kasih dari Delle Alpi

forgic.com

Pecinta bola Indonesia tiba-tiba ramai memperbincangkan pertandingan Juventus menjamu AC Milan pada musim 2013/2014 di Delle Alpi Stadium. Bukan mengomentari pertandingannya, tapi menanggapi papan iklan elektronik di tepi lapangan Delle Alpi.

Iklan bertuliskan “Halo tifosi Juventus dari Indonesia! Terima kasih atas dukungan kalian dan tetap follow kami.” Tentu ungkapan itu mendapat sambutan luas dari tifosi Indonesia, betapa bahagianya mereka mendapatkan perhatian dari klub kesayangannya.

Iklan itu dibuat dalam rangka mempromosikan akun twitter resmi yang dimiliki Juventus, juga untuk mempersiapkan tour kunjungan Juventus ke Indonesia.

2Gelora Bung Karno Disulap Menjadi Delle Alpi

forgic.com

Terpisahkan oleh jarak dan hanya bisa menyaksikan aksi Juventus di layar kaca. Tifosi Indonesia benar-benar seperti mimpi saat akhirnya Juventus datang ke Gelora Bung Karno Jakarta.

Kesempatan itu pun tidak dilewatkan mereka dengan meramaikan laga pada 6 Agustus 2014 yang mempertandingkan Juventus melawan ISL all star.

Juventus dan juventini Indonesia bisa saling bertatap muka dan saling berbagi tawa di stadion kebanggaan publik Indonesia.

3Kreatifitas Ala Tifosi Indonesia

forgic.com

Seakan ingin menunjukkan bahwa mereka bukan penonton biasa, mereka bukan sekedar supporter sepakbola, mereka adalah tifosi Juventus sejati dari Indonesia.

Berbagai kreatifitas pun diperagakan untuk membuktika kecintaan mereka pada klub yang berjuluk la vechia signora

4Berkumpulnya Seluruh Juventini dari Berbagai Daerah

forgic.com

Ajang pertandingan monumental bagi Juventini, sekaligus sebagai momentum berkumpulnya seluruh tifosi Juventus dari berbagai daerah. Di spanduk ada yang bertuliskan Juventini Bojonegoro, Majalengka, Aceh, dan banyak daerah lain.

5Thank You Indonesia from Juventus

forgic.com

Seakan merasa berhutang atas sambutan luar biasa di Indonesia, Juventus mengucapkan terima kasih kepada seluruh Juventini Indonesia melalui channel resmi youtube mereka.