Sepakbola mempunyai sejarah yang sangat panjang, terutama di Italia. Klub besar Italia di masa sekarang bukan tanpa alasan dan perjuangan selama ratusan tahun. Kamu bisa mengambil AC Milan sebagai salah satu contoh nyata.

Lebih dari 115 tahun AC Milan berdiri, sejak 13 Desember 1899. Klub bersejarah ini telah pernah mengangkat hampir seluruh trofi kejuaraan yang mungkin diraih klub sepakbola asal Italia.

sport.gentside.com
sport.gentside.com

Mulai dari piala liga Serie A hingga Coppa Italia yang bertaraf lokal Italia. Meningkat hebat mulai dari UEFA Super Cup hingga UEFA Champions League dengan perjuangan berat di level Eropa.

Hingga piala sekelas klub seluruh dunia. Mulai dari Intercontinental Cup hingga FIFA Club World Cup yang diikuti berbagai klub juara perwakilan dari seluruh benua di dunia. AC Milan telah komplit dan paripurna sebagai klub sepakbola.

Lalu apalagi yang kurang dari sebuah klub sepakbola dengan nama lengkap Associazone Calcio Milan ini? Suporter? Kamu mungkin belum lihat saja loyalitas dan totalitas tanpa batas suporter AC Milan Indonesia. Milanisti Indonesia.

1Milanisti Indonesia, Awal dan Mula

youtube.com

Konsep tentang pendirian kelompok suporter AC Milan di Indonesia awalnya hanyalah obrolan singkat pada milis. Kemudian berlanjutlah obrolan tersebut menjadi sekali dua kali kopi darat.

Maka diputuskanlah 10 orang pada pertemuan kedua mendirikan komunitas fans tim berjuluk Rossoneri ini di Indonesia. Jadilah resmi tanggal 16 Maret 2003 menjadi hari lahir Milanisti Indonesia.

2Tumbuh dan Berkembang

forza27.com

Dalam waktu singkat, bersamaan dengan kegemilangan menjuarai UEFA Champions League dan UEFA Super Cup, 10 orang pendiri awal Milanisti Indonesia tiba-tiba membludak tumbuh dan berkembang menjadi 200-an orang member baru.

Bahkan komunitas fans AC Milan ini menggunakan sistem demokrasi dan pemilu untuk menentukan ketua Milanisti Indonesia untuk periode 2006-2008. Barangkali bisa dibilang inilah pemilu pertama di kalangan komunitas fans klub sepakbola di Indonesia.

Bahkan hingga tahun 2015 ini Milanisti Indonesia juga melakukan pemira. Tanggal 10 Mei 2015 kemarin menjadi tanggal pencoblosan pemilu presiden dan wakil presiden Milanisti Indonesia.

risaforladyraisa.wordpress.com
risaforladyraisa.wordpress.com

Semakin tumbuh dan berkembang luasnya hingga Milanisti Indonesia kini mempunyai banyak sezione atau fans daerah. Mulai dari Bandung, Yogyakarta, Cirebon, Bogor, Semarang, Padang, Medan, Palu, Manado, dan 10 sezione lainnya.

Kalau kamu tertarik untuk bergabung kamu bisa berkunjung langsung ke kantor Milanisti Indonesia di IBM Hanggar Futsal Pancoran, Jalan Gatot Subroto, Pancoran, Jakarta.

Tentu saja kamu juga bisa menguhubungi berbagai media online dan laman resmi Milanisti Indonesia lewat internet. Jadi, tidak ada lagi satupun halangan buat kamu untuk menjadi keluarga besar AC Milan Indonesia.

3Totalitas Tanpa Batas

Milanisti Indonesia – GBK – flickr.com

Puluhan ribu orang memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada saat itu, Sabtu 9 Februari 2013. Inilah hari yang ditunggu selama 10 tahun sejak Milanisti Indonesia pertama kali berdiri.

Kedatangan tim legenda AC Milan yang berisi pemain legenda mantan pemain AC Milan dengan nama Milan Glorie dipertandingkan dalam laga persahabatan melawan Indonesia All Star Legend.

Milanisti Italia - San Siro - flickr.com
Milanisti Italia – San Siro – flickr.com

Kamu bisa bayangkan sendiri sensasinya berada diantara lautan manusia dengan pakaian dan atribut merah hitam. Warna kebesaran AC Milan. Bandingkan dengan suporter AC Milan di San Siro.

Milanisti Indonesia - GBK - foto.okezone.com
Milanisti Indonesia – GBK – foto.okezone.com

Ratusan bendera dan syal AC Milan juga membanjiri ribuan fans AC Milan Indonesia di stadion GBK saat itu. Tidak pernah kalah megah dan meriah jika dibandingkan dengan suasana San Siro.

Milanisti Italia - San Siro - camera-and-film.com
Milanisti Italia – San Siro – camera-and-film.com

Lebih dari itu, tentu saja Milanisti Indonesia mempunyai suporter ganas yang biasa disebut Ultras. Mereka dengan totalistasnya berani ‘membakar’ suasana pertandingan menjadi berasap dengan berbagai kembang api merah.

Milanisti Indonesia - GBK - okezone.com
Milanisti Indonesia – GBK – okezone.com

Sungguh Milanisti Indonesia yang sangat istimewa. Mereka selalu mendukung AC Milan dalam kondisi apapun. Kini dengan fakta bahwa gelar terakhir yang diraih AC Milan tahun 2011 pun, mereka tetap ada disana, di GBK.

Milanisti Italina - San Siro - blogs.warwick.ac.uk
Milanisti Italina – San Siro – blogs.warwick.ac.uk

Seolah merayakan dengan megah kelahiran AC Milan yang baru, kemenangan gemilan AC Milan di masa depan. Dan membawa piala kebanggaan perjuangan AC Milan ke bumi Indonesia. Salut!

SHARE