Indonesia sebenarnya adalah rumah bagi segala hal, dari hal yang paling aneh hingga paling luar biasa ada di Indonesia. Salah satu hal yang luar biasa adalah soal miliarder muda Indonesia.

Menjadi miliarder adalah hal biasa dan tidak terlalu sulit untuk beberapa kalangan orang Indonesia. Namun, menjadi miliarder muda Indonesia pada usia di bawah 60 tahun jelas sebuah capaian yang tidak biasa.

Nah, berikut beberapa orang indonesia yang mampu mencapai gelar miliarder pada usia di bawah 60 tahun.

1Ciliandra Fangiono

mikroman.co.vu

Ciliandra bukan hanya seorang miliarder, namun seorang yang cerdas. Ia adalah lulusan Sarjana dan Master di Cambridge University, Inggris dengan gelar Master of Arts (Economics). Usia Ciliandra saat ini adalah 39 tahun.

Usaha yang dijalankan Ciliandra saat ini adalah bidang kelapa sawit atau perkebunan. Dengan total kekayaan US$ 1,3 miliar, ia menempati peringkat ke 21 sebagai orang terkaya di Indonesia.

2Iwan Lukminto

forbesindonesia.com

Inilah pemegang kekuasaan di pabrik Sritex saat ini, Iwan Lukminto, anak dari H.M Lukminto. Sritex adalah perusahaan tekstil asli Indonesia yang dikatakan sebagai pabrik tekstil terbesar se-Asia Tenggara.

Dengan total kekayaan US$ 540 juta, Iwan menjadi orang terkaya di Indonesia peringkat ke-45 pada usia 40 tahun. Sri Rejeki Ismas Group atau Sritex Group terkenal karena spesialisasinya pada pembuatan pakaian militer.

Selain membuat pakaian militer tentara Indonesia, Sritex juga dipercaya sebagai produsen pakaian militer tentara NATO. Iwan sendiri adalah seorang muallaf sejak tahun 1995.

3Garibaldi Thohir

delapankata.wordpress.com

Garibaldi adalah pengusaha di bidang pertambangan, khususnya tambang batu bara. Pria berusia 50 tahun ini adalah lulusan Northrop University, Amerika Serikat. Saat ini ia menduduki jabatan presiden direktur di Adaro Energy.

Dengan kekayaan US$ 605 juta, Garibaldi menduduki peringkat ke-42 sebagai orang terkaya di Indonesia. Garibaldi adalah anak Teddy Thohir, salah satu co-owner Astra International.

4Hary Tanoesoedibjo

indonesianreview.com

Siapa tidak kenal HT? Wajah dan namanya kini telah berulang kali ‘lewat’ di berbagai media. Baik media televisi maupun papan reklame besar pinggir jalan. HT sedang memang sedang melakukan branding besar-besaran bersama partainya, Perindo.

Pengusaha bidang media berusia 50 tahun ini sukses menduduki peringkat ke-28 sebagai orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan mencapai US$ 1 miliar. Pemilik MNC Group ini adalah lulusan Carleton University dan Ottawa University.

5Chairul Tanjung

uniqpost.com

Tentu saja dari semua miliarder muda Indonesia di atas, satu yang paling kaya dan terkenal adalah Chairul Tanjung. Pengusaha muslim berumur 53 tahun ini bahkan pernah menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.

Kekayaannya yang mencapai US$ 4,8 miliar tidak terbantahkan lagi dapat menduduki peringkat ke-5 sebagai orang terkaya di Indonesia. Ia adalah pengusaha lintas bidang yang memiliki berbagai sektor penting.

beritadaerah.co.id
beritadaerah.co.id

Mulai dari media, keuangan, tambang dan masih banyak lagi usaha yang ia miliki. Uniknya, Chairul bukanlah lulusan ekonomi dari universitas ternama di luar negeri. Ia adalah lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

Bahkan pada saat ini Chairul membiayai berbagai kebutuhan kuliahnya sendiri dengan melakukan usaha kecil-kecilan dengan mesin fotokopi milik kenalannya. Hingga akhirnya ia memiliki kios fotokopi sendiri.

Kamu bisa membaca buku biografi Chairul Tanjung dan belajar banyak darinya. Ialah salah satu contoh miliarder muda Indonesia yang benar-benar memulai segalanya dari nol. Kamu akan belajar banyak dari Chairul Tanjung Si Anak Singkong ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here