Pernahkah terpikirkan atau terbayangkan bagaimana kamu kelak ketika menjadi orang tua bagi anak-anakmu? Apakah layak mereka mendapat orang tua seperti dirimu? Apapun yang kamu bayangkan, tentu keinginanmu untuk menjadi orang tua yang sempurna begitu menggelora.

Jika benar demikian, sepertinya kamu perlu untuk membangun sifat-sifat kedewasaan yang nantinya akan sangat berguna saat menjadi orang tua sesungguhnya.

Walau mungkin kamu masih lajang dan belum menikah, atau sudah menikah tapi belum mempunyai anak. Hal-hal ini perlu kamu miliki.

1Menikah dengan Orang yang Tepat

muslimahcorner.com

Bagi seorang laki-laki, kewajibannya sebagai ayah bagi anaknya kelak bahkan dimulai saat memilih ibunya, atau yang dijadikannya sebagai istri. Demikian dengan perempuan. Kamu juga harus tepat memilih siapa yang kelak menjadi ayah untuk anak-anakmu.

Maka kriteria yang utama adalah dari agamanya. Agama di sini bukan sekedar dia tahu dan paham agama atau karena dia lulusan pondok lho ya.

Maksudnya di sini, bagaimana calon pasanganmu mengaplikasikan akhlak dan adab sesuai tuntunan agama dalam kehidupan sehari-harinya.

2Berkomunikasi Menyelesaikan Konflik

unsplash.com

Ukurannya di sini yaitu pada kemampuanmu untuk ikut terlibat dalam menyelesaikan konflik yang tidak ada hubungannya denganmu. Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui sejauh mana dirimu menunjukkan sikap peduli dan bersepakat pada kedamaian.

Hal inilah yang nantinya juga akan dirasakan oleh anak-anakmu. Mereka akan merasakan dan menghormati kedamaian dalam kehidupan mereka bersamamu.

3Menahan Diri Meski Seharusnya Bisa Marah

unsplash.com

Terkadang, seseorang memiliki hak untuk marah karena memang ada kerugian yang didapat olehnya. Namun, ada juga pilihan bagimu untuk tetap menahan amarah dan mencari jalan lain sebagai solusi atas permasalahan yang kamu hadapi.

Pilihan itu bisa terwujud dalam bentuk menahan diri dan tetap bersikap lemah lembut. Hal inilah yang nantinya juga kamu butuhkan saat anakmu mungkin melakukan kesalahan atau dalam kondisi penuh amarah.

4Antusias dan Penuh Penghargaan

gamification.co

Orang yang hebat adalah yang dapat menghargai orang lain dalam berbicara dan selalu bersikap antusias.

Kenapa demikian? Karena kamu rela menurunkan kualitas, wawasan dan pemahamanmu untuk memahami orang lain. Begitu juga saat berhadapan dengan anakmu kelak.

5Mandiri dan Tidak Bergantung

unsplash.com

Mandiri tidak melulu soal mencari uang sendiri dengan berbisnis atau berdagang. Hal ini lebih kepada kondisi dimana dirimu dapat mengurus banyak hal yang seharusnya bisa kamu urus. Bahkan dapat membantu orang lain meringankan beban mereka.

6Bijak Menyikapi Masalah

unsplash.com

Bijak adalah suatu sikap yang dapat menenangkan orang yang benar agar tidak sewenang-wenang dalam kebenarannya.

Serta dapat membesarkan hati pihak yang kalah dan salah agar tetap mau percaya dan yakin bahwa mereka dapat memperbaiki dirinya. Ini juga perlu bagi orang tua hebat.