Banyak yang meremehkan kekuatan militer Indonesia yang dianggap kalah jauh dibanding dengan militer negara lain, terutama dari negara tetangga seperti Malaysia dan Australia.

Belakangan ini banyak yang membandingkan kekuatan militer negara kita dengan kedua negara tersebut, setelah beberapa kali terjadi gesekan politik antara Indonesia dengan Malaysia, juga dengan Australia.

Bahkan yang meremehkan kekuatan militer Indonesia bukan datang dari luar, tapi dari anak negeri ini sendiri. Alutsista selalu jadi ukurannya, di mana alutsista Indonesia secara kualitas harus diakui masih belum optimal.

Namun, anggapan kekuatan militer Indonesia lemah sudah terbantahkan dengan rilis dari situs analisis militer Global Fire Power (GFP) yang sudah diakui kredibilitasnya. Tidak main-main, Indonesia dari semua aspek kekuatan militer menempati peringkat 12 dunia.

globalfirepower.com
globalfirepower.com

Dengan peringkat itu, berarti Indonesia dianggap sebagai negara dengan kekuatan militer terbaik di ASEAN dan regional, mengungguli Malaysia di peringkat 35 dan Australia di posisi 13, satu tangga di bawah Indonesia.

Hal ini patut kita banggakan, dan sudah seharusnya kita tidak meremehkan militer kita sendiri. Walaupun pada kelanjutannya peringkat itu menunjukkan kelemahan Indonesia terutama pada sisi Persenjataan dan alutsista.

Namun, paling tidak itu bisa menjadi tolak ukur. Apabila Indonesia memperbaiki alutsista-nya kelak, peringkat Indonesia akan sejajar dengan negara-negara dengan man power kuat lainnya seperti Tiongkok dan Rusia

Berikut adalah rilis dari Global Fire Power yang memberikan penjelasan dan tolak ukur tentang kekuatan militer Indonesia.

1Man Power (Sumber Daya Manusia)

jualpeninggibadan.com

Man power atau bisa kita sebut sumber daya manusia dalam militer. Dalam penilaiannya, aspek inilah yang paling menjadi keunggulan kekuatan militer Indonesia.

Pihak Global Fire Power menyebutkan, bahwa sebenarnya sumber daya manusia dalam militer adalah kekuatan tempur sebenarnya, karena manusialah penggerak inti militer.

Hal itu lebih utama ketimbang total persenjataan dan peralatan militer yang merupakan sarana pendukung. Indonesia dalam hal ini diuntungkan, terutama pada perang terbuka dan perang gesekan langsung.

Rincian sumber daya manusia dalam kaitannya dengan militer adalah sebagai berikut.

Jumlah penduduk: 253.609.643 jiwa
Sumber daya manusia untuk militer: 129.075.188 jiwa
Memungkinkan untuk pelayanan militer: 107.538660 jiwa
Mencapai usia militer setiap tahunnya: 4.455.159 jiwa
Anggota aktif baris depan: 476000 jiwa
Anggota aktif cadangan: 400.000

2Angkatan Darat

iwakbiroe.wordpress.com

Angkatan darat boleh dibilang sebagai sisi terbaik dari militer Indonesia. Itu karena jumlah tentara terkosentrasi pada angkatan darat. Selain itu tradisi dan kemampuan perang gerilya di medan pertempuran sulit juga terbaik.

Sudah sering kita dengar tentang kehebatan pasukan khusus angkatan darat kebanggaan Indonesia, yakni Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Kopassus adalah satuan terbaik dunia di peringkat tiga, di atas Rusia dan Prancis.

Kehebatan personil tentara angkatan darat juga diperkuat dengan alutsista yang cukup memadai.

garudamiliter.blogspot.com
garudamiliter.blogspot.com

Pertama untuk jenis tank yang meliputi Main Battle Tanks (MBT), tank skala medium sampai tank perusak, semuanya berjumlah 468 buah pada tahun 2015 lalu.

Kendaraan tempur darat lain yakni Armored Fighting Vehicles (AFVs) sejumlah 1,089 buah, Self-Propelled Guns (SPGs) sebanyak 37 buah, Towed-Artillery sebanyak 80 buah, dan Multiple-Launch Rocket Systems (MLRs) sejumlah 86 buah.

3Angkatan Udara

metrosulawesi.com

Ini adalah satuan militer yang sangat mengandalkan kecanggihan pesawat tempur dan segala peralatan tempur pendukungnya, di samping kemampuan sang pilot yang cukup berpengaruh juga.

Total unit kendaraan tempur udara yang dimiliki Indonesia sampai tahun 2015 kemarin adalah 405 buah. Rinciannya pesawat tempur Fixed-Wing sebanyak 52 unit dan jet tempur sebanyak 30 unit.

Pesawat pendukung lain yakni pesawat pengangkut sejumlah 187 unit, pesawat tempur latih sebanyak 104 buah dan helikopter tempur dan non-tempur sebanyak 153 buah.

4Angkatan Laut

youtube.com

Pada angkatan inilah Indonesia pada pemerintahan Jokowi dan semoga pemerintahan selanjutnya akan fokus untuk memperkuat militernya. Tidak bisa diabaikan lagi, angkatan laut adalah kunci kedaulatan Indonesia yang merupakan negara maritim.

Kekuatan militer yang dimiliki angkatan laut saat ini adalah 171 buah kapal militer. Terdiri dari Corvette (26 buah), kapal selam (2 buah), Coastal Defense Craft (21 buah), Frigate (6 buah) Mine Warfare (12 buah), dan kapal penjaga pantai 70 buah.