Malam hari memang menjadi waktu yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh yang telah seharian bekerja. Walau demikian, beberapa waktu sebelum tidur justru bagi sebagian orang digunakan sebagai waktu produktif mereka.

Seperti halnya para tokoh dunia berikut ini yang telah membuktikan kesuksesan mereka di bidang masing-masing. Mereka juga memiliki aktifitas yang biasanya mereka lakukan beberapa saat tepat sebelum tidur. Berikut kisah mereka.

1Bill Gates, Owner Microsoft, Membaca Buku Setiap 1 Jam Sebelum Dia Tidur

govtslaves.info

Semenjak usia muda, Bill Gates telah memiliki kebiasaan untuk membaca buku setiap harinya selama kurang lebih 1 jam. Buku yang dia baca pun bermacam-macam, baik yang bertema ringan maupun berat.

Kebiasaan ini menurutnya akan menambah pengetahuan, mengurangi rasa stress dan juga meningkatkan kemampuan kinerja otak. Untuk bisa mengikuti rutinitas yang telah dijalani oleh Bill Gates, kamu bisa mencoba mengawalinya terlebih dahulu dengan buku-buku bertema ringan.

Bacalah secukupnya saja. Tidak harus membaca selama 1 jam sebagaimana Bill Gates. Jika kamu sudah mulai merasakan kantuk, sudahi aktifitas membacamu dan segeralah untuk tidur. Yang lebih penting, jadikan aktifitas ini menjadi kebiasaan baikmu.

2Arianna Huffington, Direktur Huffington Post, Menjauhkan Ponselnya dari Jangkauan

www.makers.com

Arianna Huffington tidak akan membiarkan ponselnya berada di dekatnya sesaat sebelum dirinya beranjak tidur. Dia akan meletakkan alat komunikasinya di ruangan lain. Dirinya juga membiasakan diri untuk tidak tergoda mengecek ponsel hingga menghabiskan waktu produktifnya.

Seorang peneliti bernama Dr. Charles Czeisler yang berasal dari Neurosains Harvard University Department mengatakan bahwa jika kita menginginkan tidur dengan nyenyak, maka jauhkan ponsel dari dirimu. Karena sinar dan gelombang yang dipancarkannya membuat tubuhmu sulit untuk rileks.

3Joel GasCoigne, CEO Buffer App, Berjalan-jalan di Sekitar Rumah

www.ielon.be

Joel Gascoigne memiliki kebiasaan untuk berjalan-jalan di sekitarnya sebelum tidur. Hal ini  dilakukannya untuk meringankan pikiran dan menghilangkan rasa penat yang dialaminya. Berjalan di malam hari menurutnya sangat membantu mengurangi rasa stress.

Bagi kamu yang ingin mencoba kebiasaan ini, cukup dengan mengalokasikan waktu antara 10 – 15 menit berkeliling kompleks rumah dengan berjalan kaki akan membuatmu lebih sehat dan stress pun menjadi berkurang.

4Kenneth Chenault, CEO American Express, Biasa Merencanakan Hari Esok Sebelum Tidur

www.bet.com

Bagi seorang Kenneth Chenault, kebiasaan merencanakan hari esok sebelum tidur sangat membantu dirinya untuk beraktifitas lebih produktif. Menurutnya, tidak perlu terlalu detail, cukup dengan menuliskan poin-poin penting sebagai panduan aktifitas esok hari.