Air adalah komponen terbesar di dalam tubuh manusia. Masing-masing usia memiliki kandungan air yang bervariasi. Misalnya, kandungan air pada bayi 80 persen, orang dewasa 60 persen, dan pada usia lanjut atau di atas 65 tahun sebesar 50 persen.

Tidak hanya protein, kalsium, dan jenis zat gizi lain yang penting bagi tubuh, tapi air juga memiliki peran yang sama dengan zat gizi lainnya. Bagi tubuh, air berperan sebagai pelarut, katalisator, pelumas, pengatur suhu tubuh serta penyedia mineral dan elektrolit.

Banyaknya air yang dibutuhkan seseorang berbeda-beda, tergantung pada ukuran tubuh dan apa yang dianggap sesuai untuk tubuhnya.

Di dalam setiap tips kesehatan, rata-rata dianjurkan untuk minum air putih. Tapi sepertinya minum air putih ini sama seperti olah raga. Untuk melakukannya sulit sekali. Alasan utamanya adalah malas.

Terutama bagi orang-orang yang tinggal di daerah dengan udara dingin. Pasti semakin merasa enggan untuk minum, selain karena tidak haus, tubuh juga tidak banyak mengeluarkan keringat. Hati-hati, kurang minum bisa mengakibatkan kamu susah buang air kecil.

Nah, berikut ini adalah 7 akibat jika malas minum air putih, yang dilansir oleh American College of Sports Medicine.

1Dehidrasi

deherba.com

Ketika kamu banyak beraktivitas tapi asupan airnya sangat sedikit, maka dikhawatirkan kamu akan mengalami dehidrasi.

Dehidrasi menyebabkan cairan di otak akan menurun. Asupan oksigen yang harusnya mengalir ke otak pun berkurang. Maka ketika sedang belajar pun sebetulnya kamu sedang melakukan aktivitas cukup berat, yaitu berpikir.

Nah, ketika sedang belajar dan kamu mulai mengantuk, boleh jadi otakmu sedang kekurangan oksigen atau kamu sedang kurang asupan air, yang membuatmu sulit berkonsentrasi. Maka untuk memengembalikan kefokusan, dianjurkan untuk minum air putih.

Jika asupan oksigen ke otak berkurang, akibatnya sel-sel otakmu menjadi tidak aktif dan berkembang, bahkan bisa menciut.

2Gangguan Otak

fitnessformen.co.id

Komponen terbesar pada seluruh tubuh manusia adalah air. Nah, khususnya pada otak, komposisi terbesarnya yaitu cairan.

Ketika otak tidak mendapatkan asupan air yang cukup, maka akan terjadi gangguan fungsi kognitif (kepandaian). Tentu akan mempengaruhi perilaku, khususnya dalam belajar.

Otak tidak bisa berjalan normal seperti sebelumnya, terutama fungsi kognitif atau kepandaian. Pada akhirnya, hal tersebut membuat seseorang menjadi lambat, mudah lupa, dan tidak konsentrasi.

3Gejala Ringan Hingga Kematian

health.kompas.com

Jika gejala ringan dari kekurangan air adalah dehidrasi, maka ada juga yang sampai mengalami kematian.

Ketika gejala ringan muncul, tubuh akan terasa lelah, haus, dan tenggorokan kering. Lalu lanjut ke gejala sedang, seperti badan panas, sakit kepala, dan air kencing pekat.

Terakhir, jika asupan air sudah benar-benar minim bahkan tidak sama sekali, maka denyut nadi akan meningkat cepat, hingga gejala berat seperti halusinasi dan kematian.

4Infeksi Kandung Kemih

zonabaca.blogspot.com

Kurang minum juga bisa membuatmu rentan terkena infeksi kandung kemih. Di dalam saluran kemih tersebut ada bakteri jahat, dan bakteri itu tidak bisa keluar akibat kurang minum.

Gejala yang ditimbulkan akibat infeksi kandung kemih ini bisa berupa suhu badan yang sedikit meningkat, rasa nyeri terutama saat akhir buang air kecil. Rasa nyeri ini pun muncul di atas tulang kemaluan. Jika parah, di dalam urine akan muncul darah.

5Menghilangkan Bakteri

pondokibu.com

Dibandingkan laki-laki, perempuan harus lebih banyak mengonsumsi air. Pada kaum perempuan, saluran kemihnya lebih pendek dibanding kaum laki-laki.

Maka perempuan harus lebih banyak minum air untuk membantu mengeluarkan bakteri. Air putih juga bisa mengurangi risiko infeksi kandung kemih.

6Kulit Kusam

carakita18.blogspot.com

Tak cukup beberapa gejala ringan sampai berat yang ditimbulkan akibat kurang minum. Gejala yang tampak jelas pun bisa muncul akibat kurangnya asupan air.

Kulitmu akan berubah menjadi kusam, kering, dan pecah-pecah. Biasanya gejala kulit pecah-pecah muncul pada bibir. Kamu bisa terkena sariawan juga.

Kulit yang bermasala tersebut dikarenakan aliran darah kapiler di kulit tidak bekerja secara maksimal.

7Ginjal

health.kompas.com

Batu ginjal menjadi momok menyeramkan bagi siapapun. Batu ginjal akan menyulitkan kita untuk buang air kecil, dan tentu metabolism tubuh akan sangat terganggu.

Fungsi ginjal yang tidak bekerja dengan normal ini dikarenakan tidak ada atau sedikitnya peran air yang bisa membantu meluruhkan komponen pembentuk batu ginjal.

Seperti yang sudah disebutkan di atas mengenai kebutuhan air setiap orang yang berbeda-beda, tetaplah mengusahakan tubuhmu untuk mendapatkan pasokan air 6-8 gelas per hari (1,5-2 liter) untuk orang dewasa.

Pernyataan ini diperjelas oleh penelitian Profesor Hiromi Shinya MD, pakar enzim yang juga guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine AS.

Semoga bermanfaat.

SHARE