“Dingin..” Ketika hujan turun suasana menjadi dingin. Cuaca yang dingin membuat seseorang ingin mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat memberi kehangatan bagi tubuh.

Apa yang biasanya kamu lakukan saat dingin-dingin di tengah musim hujan seperti ini? Berkumpul bersama keluarga menikamti secangkir teh hangat dapat membuat suasana dingin menjadi hangat dan menyenangkan.

Berbicara tentang minuman, di Indonesia memiliki banyak minuman herbal yang nikmat dan bahkan menyehatkan seperti wedang jahe, kunyit asam, dan lain-lain.

Minuman-minuman herbal tersebut juga berkhasiat bagi kesehatan tubuh seperti mengobati perut kembung, mengurangi flu, meredakan batuk, dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak minuman hangat yang dapat kamu konsumsi terdapat minuman hangat yang tidak hanya menghangatkan tubuh tapi juga menyehatkan jantung lho.

Berikut beberapa minuman hangat yang juga dapat menyehatkan jantung.

1Cokelat Hitam Panas

emcesexy.wordpress.com

Apakah kamu suka cokelat? Olahan cokelat seperti apa yang kamu suka? Nah, kamu dapat mengonsumsi minuman cokelat panas untuk menghangatkan tubuh.

Minuman ini selain menghangatkan tubuh juga menyehatkan jantung. Kandungan polifenol dan bioflavonoid di dalamnya membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, kandungan senyawa peradangan juga membantu melindungi jantung. Jadi selain nikmat juga menyehatkan. Yummy..!

2Jahe Hangat

ibudokter.com

Jahe. Tanaman ini tentu sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Jehe terkenal akan khasiatnya dalam mengobati perut kembung.

Memang dengan meminum jahe hangat tubuh terasa lebih hangat dan perut terasa lebih baik. Akan tetapi, tahu kah kamu, ternyata selain baik untuk perut jahe juga membantu menurunkan tekanan darah.

Kandungan gingerol di dalam jahe bersifat antikoagulan yang dapat mencegah penggumpalan darah dan menyehatkan jantung.

3Jeruk Hangat

plus.google.com

Biasanya ketika mampir di warung-warung saat berteduh dari derasnya hujan kita memesan minuman hangat yang segar yakni jeruk hangat.

Tidak hanya memberikan sensasi kesegaran bagi tubuhmu, jeruk hangat juga dapat menghindarkan kamu dari resiko penyakit jantung.

Di dalam jeruk terdapat kandungan senyawa flavonoid. Senyawa ini bermanfaat memperbaiki fungsi pembuluh darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

4Sari Tomat

anekabukuplus.blogspot.com

Buah tomat kaya akan likopen. Likopen ini merupakan antioksidan terkuat yang berkhasiat meningkatkan belebaran darah sehingga sangat baik untuk sistem kardiovaskular.

5Sari Apel

reps-id.com

Nutrisi yang terkandung dalam apel seperti vitamin C, potassium, serat, dan pectin, dll tersebut sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

Maka dari itu, kamu dapat menikmati minuman apel hangat ini menjadi teman ketika hujan. Selain hangat juga bermanfaat bagi kesehatan.

6Susu Kedelai

taysbakers.com

Kedelai terkenal akan kandungan protein dan vitamin. Selain itu, ia juga mengandung asam lemak dan omega-3 yang berkhasiat  mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan serangan jantung.

7Teh Hijau dan Teh Hitam

www.ibudanbalita.com

Apakah kamu penyuka teh? Ehm, beruntunglah kamu karena teh mengandung antioksidan tinggi yang sangat baik bagi jantung.

Minuman ini berkhasiat dalam membantu memperbaiki fungsi pembuluh darah, menurunkan kadar kolesterol, dan lain-lain. Hal itu sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung.

Nikmat dan menyehatkan bukan? Kamu dapat menjadikan beberapa minuman hangat di atas sebagai teman bersantai kala hujan dan kedinginan.

Selain segar, nikmat juga menyehatkan bagi jantung. Selamat mencoba.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here