Minuman sehat adalah minuman dengan kandungan gizi dan nutrisi tinggi yang dapat memberikan manfaat luar biasa pada tubuhmu selepas kamu mengonsumsinya.

Di Indonesia, minuman sehat yang digemari masyarakat adalah jamu. Jamu merupakan minuman tradisional yang menjadi warisan turun temurun dari generasi terdahulu.

Minuman yang sudah tak diragukan lagi khasiatnya ini terbuat dari berbagai macam bahan alami, dengan memanfaatkan bagian-bagian dari tumbuhan.

Hampir semua bagian digunakan, mulai dari akar pohon, daun, kulit batang pohon, hingga buahnya dimanfaatkan untuk membuat ramuan yang menyehatkan.

www.tuntasmedia.com
www.tuntasmedia.com

Terdapat berbagai macam jenis jamu yang dapat kamu temui di luaran sana. Dari berbagai macam jamu itu, masing-masing jamu memiliki manfaatnya sendiri.

Berikut ini adalah 5 jenis jamu yang bisa kamu konsumsi untuk kamu rasakan manfaatnya bagi kesehatan tubuhmu.

1Beras Kencur

www.mimunmedia.com

Kandungan di dalam beras kencur bermacam-macam, yang tentu saja sangat baik untuk tubuhmu. Bukan hanya untuk menyegarkan tubuh, beras kencur juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri dan mengobati sariawan.

Bahkan jamu ini bisa menghilangkan capek, pegal-pegal, batuk, perut kembung dan dapat menambah tenaga karena memiliki sifat stimulan.

Jika kamu ingin merasakan khasiat dari jamu ini, kamu dapat membuatnya sendiri di rumah. Bahan yang dibutuhkan adalah 3 ons kencur, 3 ons beras, 1 kg gula merah, ½ ons kayu manis, ½ sdm garam dapur, 13 biji kedaung dan 5 liter air matang.

Untuk membuat beras kencur ini yang perlu kamu lakukan adalah membagi beras jadi 2 bagian. Bagian pertama sebanyak 1½ ons, kamu dapat mencucinya lalu direndam selama satu malam. Sedangkan sisanya disangrai.

Sangrai pula biji kedaung sebelum digunakan lalu campurkan dengan beras menjadi satu bersama kencur sampai halus. Setelah itu masukkan air dan saring.

Langkah selanjutnya, rebus gula merah dengan 7 gelas air sampai mendidih tambahkan garam dapur dan aduk-aduk.

Larutan gula yang sudah jadi disaring dan campurkan dengan air beras kencur, aduk rata. Setelah dingin, saring jamu dan masukkan ke dalam botol.

2Kunyit Asem

wisataindonesia.4wy.net

Kunyit asem atau orang jawa menyebutnya kunir asem ini merupakan jamu yang cukup popular dikalangan wanita. Karena salah satu khasiat dari kunir asem ini mampu meredakan nyeri haid.

Selain itu, jamu ini dipercaya juga dapat menghaluskan kulit bagi siapapun yang mengonsumsinya. Akan tetapi, wanita hamil dilarang untuk terlalu sering mengonsumsi jamu ini karena berbahaya bagi kandungan.

Bahan yang kamu perlukan untuk membuat kunir asem adalah 3 ons kunir, 1 ikat daun belutas, 2 ons asam jawa, 1 sdt garam halus, 8 gelas air bersih.

Langkah pertama untuk membuatnya yaitu dengan membersihkan kunyit lalu ditumbuk hingga halus. Kemudian haluskan juga daun belutas dan asam jawa.

Campur semua bahan jadi satu, lalu rebus bahan tersebut dengan menambahkan 8 gelas air. Biarkan sampai mendidih hingga air rebusan berkurang.

Setelah tersisa kira-kira 6 gelas, angkat dan saring menggunakan kain tipis. Dinginkan dan masukkan dalam botol.

3Sambiloto

mahkotasehat.blogspot.com

Sambiloto juga biasa disebut jamu pahitan. Sama dengan namanya, jamu ini terbuat dari daun sambiloto yang memiliki rasa sangat pahit.

Beberapa manfaatnya ialah mengatasi kencing manis, membersihkan darah kotor, serta mampu menurunkan kolesterol dan menghilangkan bau badan.

Bahan untuk membuat jamu sambiloto hanyalah 3 ons daun sambiloto kering dan 10 gelas air bersih. Cara membuatnya dengan merebus kedua bahan hingga airnya tersisa 6 gelas. Saring dan jamu siap diminum.

4Kunci Suruh

dwidirarahmawati.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, bahan dari jamu ini adalah rimpang kunci dan daun suruh atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama sirih. Kedua bahan tersebut ditambah dengan buah asam yang telah matang.

Jamu kunci suruh biasa dimanfaatkan untuk mengobati keluhan keputihan, menghilangkan bau badan, mengecilkan rahim dan perut, serta dapat menguatkan gigi.

Bahan untuk membuat jamu kunci sirih selain menggunakan rimpang kunci dan daun sirih ditambahkan juga jambe, manis jangan, kayu legi, beluntas, gula merah, gula pasir dan garam.

Bahan yang telah disiapkan tadi dibersihkan lalu ditumbuk kasar kemudian direbus hingga air mendidih.

5Cabe Puyang

pix-collection.com

Jamu puyang biasa disebut sebagai jamu pegal linu. Karena manfaat yang didapat setelah mengonsumsi jamu ini dapat mengatasi rasa pegal linu di badan.

Bahan untuk membuat jamu cabe puyang adalah 3 ons temu lawak, 3 ons lempuyang, 15 biji cabai merah kering, 4 buah jeruk nipis.

Diperlukan juga 1 ons kayu manis, 1 buah jeruk purut, ½ bungkus ramuan jamu lengkap, 1 sdt garam dapur, 3 batang serai, 4 liter air bersih

Sangrai terlebih dahulu ramuan jamu lengkap lalu haluskan. Sangrai juga cabai merah kering dan sisihkan.

Kemudian campurkan temu lawak, lempuyang serta jeruk purut bersama cabai yang sudah di-sangan tadi. Lalu tumbuk bersama ramuan jamu lengkap.

Tambah campuran tersebut dengan air dan disaring. Rebus sambil diaduk-aduk kemudian masukkan kayu manis dan batang serai.

Jika sudah mendidih, tambahkan garam dan air jeruk nipis. Lalu angkat dan biarkan sampai hangat kuku kemudian masukkan jamu ke dalam botol.