Menarik untuk membandingkan dua minyak yang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan yaitu minyak alpukat dengan minyak zaitun. Kedua jenis minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal, asam lemak omega-3 dan omega-6, serta vitamin E.

Minyak alpukat serta minyak zaitun dikenal mampu mencegah berbagai penyakit, menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, serta menjaga kesehatan rambut.

Mengingat berbagai manfaat yang dimiliki keduanya, akan cukup sulit memutuskan diantara keduanya mana yang lebih baik.

Dilematis bukan?

Minyak alpukat secara luas diakui mampu melindungi sistem kardiovaskular karena kaya asam oleat yang menghambat penyerapan kolesterol serta trigliserida ke dalam aliran darah. Ia juga kaya akan vitamin E, lemak esensial, dan antioksidan serta memiliki aroma lembut dan berwarna kehijauan.

Meskipun minyak zaitun memiliki banyak manfaat kesehatan, namun minyak alpukat dianggap memiliki nutrisi melebihi minyak zaitun.

Minyak ini juga diketahui mampu mencegah kanker karena merupakan sumber yang sangat baik akan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang berguna mencegah pertumbuhan tumor dan juga dikenal memiliki manfaat bagi rambut dan kulit.

Serta minyak ini mampu menjadi sumber lesitin yang menjaga kelembaban dan mencegah kerusakan rambut.

Seperti minyak alpukat, minyak zaitun juga terdiri dari campuran ester trigliserida dari asam oleat bersama dengan palmitat dan asam lemak omega-3. Minyak zaitun dikenal memiliki sifat antioksidan kuat sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan kolesterol tinggi.

Minyak ini, karena nutrisi yang berharga, memiliki efek perlindungan terhadap tumor ganas pada prostat, payudara, dan saluran pencernaan. Minyak zaitun juga efektif mengontrol kadar gula darah sehingga membantu orang yang menderita diabetes.

Meskipun keduanya memiliki daftar panjang manfaat, minyak alpukat dianggap lebih efektif dibandingkan minyak zaitun. Minyak alpukat memiliki lebih banyak nutrisi dan lemak tak jenuh tunggal dibandingkan dengan minyak zaitun sehingga lebih mudah diserap kulit.

Minyak alpukat memiliki titih didih lebih tinggi dibandingkan minyak zaitun sehingga saat digunakan untuk memasak memiliki kemungkinan lebih kecil menciptakan radikal bebas.

 

SHARE