vibiznews.com

Miris! Inilah 6 Negara Kaya Minyak Bumi Tetapi Miskin Penduduknya

Posted on

Kalau kita melihat kemakmuran negara-negara seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait dan Qatar, dari mana sumbernya? Pastinya semua sepakat bersumber dari minyak bumi.

Negara yang tandus dan tidak bagus untuk pertanian, juga tidak ada Industri yang maju di sana, tapi negaranya sejahtera. Ya, minyak bumi menjadi berkah keajaiban bagi negara-negara tersebut.

Kesimpulan kita lalu berujung, kaya minyak bumi = sejahtera rakyatnya. Eits! Tunggu dulu, jangan keburu mengambil kesimpulan. Ternyata tidak semua negara yang kaya minyak sejahtera rakyatnya.

Beberapa negara kaya minyak ini ternyata masih memiliki puluhan juta warga miskin. Berikut negara-negara tersebut.

Meksiko

pulsamerica.co.uk
pulsamerica.co.uk

Siapa yang tidak pernah dengar meksiko? Ini negara yang tidak asing di telinga kita. Negara yang terkenal dengan topi lebarnya sombrero, ternyata adalah penghasil minyak bumi terbesar ke-10 di dunia.

Produksi minyak Meksiko mencapai 2,8 juta barel per harinya, serta menguasai 3,3 % pangsa pasar minyak bumi dunia.

Mirisnya, besarnya produksi minyak bumi tidak terlalu berimbas pada tingkat ekonomi masyarakat Meksiko. 42 % atau sekitar hampir 20 juta warga Meksiko berada dalam jurang kemiskinan.

Kesenjangan ekonomi di negara ini juga tinggi. Maka hasil kekayaan minyak bumi lebih banyak dinikmati orang kaya. Yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin kata Rhoma Irama.

Venezuela

borgenmagazine.com
borgenmagazine.com

Venezuela terkenal dengan ikon sosialismenya, yang diusung presiden Hugo Chaves setelah peristiwa revolusi bolivarian. Negara di Amerika Selatan ini termasuk penghasil minyak bumi paling besar ke-9 dunia.

Produksi minyak di Venezuela mencapai 3 juta barel per harinya, yang berarti menguasai 3,5 % pangsa pasar minyak bumi dunia.

Walaupun tren kemiskinan di Venezuela semakin turun semenjak revolusi bolivariannya, tapi angka kemiskinan di negara ini masih cukup tinggi, yakni 26 % dari total penduduknya 33  juta jiwa.

Brazil

ticotimes.net
ticotimes.net

Sejumlah negara di Amerika Latin memang penghasil minyak bumi yang besar. Selain Meksiko dan Venezuela, Brazil juga mencatatkan produksi minyak bumi yang besar, di peringkat ke-12 dunia.

Negara yang terkenal dengan tim sepak bolanya ini mempunyai produksi minyak bumi sebesar 2,6 juta barel per hari. Dan menguasai pasar minyak bumi 3 % dari seluruh dunia.

Prestasi Brazil menjuarai piala dunia terbanyak, ternyata tidak sejalan dengan tingkat ekonominya.

Walaupun dari tahun ke tahun kecenderungannya semakin menurun dibawah presiden Lula, tapi data kemiskinan di Brazil tetaplah tinggi. World bank memeperkirakan kemiskinan mencapai 18,9 % dari 204 juta penduduk.

Irak

middleeastmonitor.com
middleeastmonitor.com

Banyak yang memperkirakan perang dan konflik yang sering terjadi di negara kawasan teluk ini karena perebutan minyak bumi. Mulai dari perang teluk, perang Sadam Husein, sampai terkini perang dengan kelompok ISIS.

Ya, produksi dan potensi cadangan minyak di Irak memang besar. Terbesar ke-7 di dunia, dengan produksi 3,4 juta barel per hari, yang artinya menguasai 4 % dari seluruh pasar di dunia.

Sayangnya besarnya produksi minyak bumi tidak mampu mengatasi kemiskinan akibat konflik. Angka kemiskinan menurut UNDP di negara bekas kerajaan persia itu sebesar 23 % dari 37 juta jumlah penduduk.

Nigeria

nigeriadevelopingworldproject.weebly.com
nigeriadevelopingworldproject.weebly.com

Memang betul lebih banyak negara Afrika yang dilanda kemiskinan. Tapi diantara negara Afrika lain nigeria dikenal negara terbesar dengan sumber daya alam yang kaya.

Total produksi minyak di Nigeria mencapai 2,5 juta barel per harinya. Berarti Nigeria menguasai 2,9 % pasar minyak dunia. Namun jumlahnya produksi minyak tidak berefek pada pengentasan kemiskinan.

Sebuah lembaga penelitian PewResearch merilis angka kemiskinan di Nigeria mencapai hampir separuh penduduk, atau 49 % dari total penduduk 182 juta jiwa.

Pemerintahan yang tidak stabil, korupsi, serta konflik separatis di banyak wilayah ditengarahi sebagai penyebab dari susahnya negara ini keluar dari jurang kemiskinan.

Angola

bp.com
bp.com

Satu lagi negara kaya minyak di Afrika tapi penduduknya banyak yang miskin. Angola  baru-baru ini hangat dipemberitaan, setelah ikatan kerjasama pembelian minyak Indonesia ke Angola.

Produksi minyak negara Angola mencapai 1,8 juta barel perhari. Itu artinya 2,1 % pasar dunia dikuasa negara ini.

Namun sungguh disayangkan, lagi-lagi kekayaan minyak bumi tidak merembes kepada rakyat miskin. Data Bank Dunia menunjukkan tingkat kemiskinan di Angola mencapai 36 % dari 24,3 juta penduduknya.

Bagaimana Indonesia?

vibiznews.com
vibiznews.com

Indonesia bukanlah penghasil minyak yang terlalu besar. Hanya Diperingkat 22 dengan produksi 0,9 juta perbarel. Dan jumlah angka kemiskinan juga lebih baik dari negara di atas, yakni diangka 13 % persen.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *