Berbagai jenis ikan merupakan salah satu jenis bahan pangan yang nikmat terlebih lagi jika baik untuk kesehatan tubuh seperti manfaat ikan salmon. Ikan salmon merupakan jenis ikan yang banyak disukai karena tekstur dagingnya yang enak dan juga bermanfaat untuk tubuh.

Keberadaan ikan salmon di perairan Indonesia juga sebenarnya melimpah ruah namun, karena kurangnya eksplorasi membuat ikan salmon ini tidak begitu banyak dikonsumsi di negeri sendiri.

Jika dilihat dari manfaatnya, ikan salmon tidak kalah dengan jenis ikan-ikan lain yang biasa dikonsumsi. Ikan salmon merupakan sumber makanan yang banyak mengandung asam amino yang sangat penting untuk tubuh.

Manfaat salmon bersama dengan ikan sarden, makarel,herring, halibut dan ikan cod merupakan sumber omega 3  ​​(EPA & DHA). Sebagai jenis makanan yang dianggap super food ini  akan berfungsi dengan asupan 2 porsi per minggu yang disarankan dari asupan Omega 3.

Ikan salmon juga dapat membantu memperbaiki kerusakan jantung dan memperkuat otot-otot jantung dan menurunkan tekanan darah, bahkan mencegah pengerasan arteri yang akan mengurangi peluang terkena serangan jantung.

Asam lemak omega 3 membantu kerja otak lebih baik dan meningkatkan daya ingat. Vitamin A dan D, asam amino dan asam-asam selenium juga melindungi sistem saraf Anda efek penuaan yang memburuk.

Manfaat ikan salmon bekerja sebagai anti depresan alami terhadap penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson. Konsumsi ikan salmon telah terbukti dapat menurunkan resiko terkena penyakit tersebut.

Penelitian yang dilakukan oleh Profesor Peter Howe di University of South Australia telah menunjukkan bahwa minyak ikan meningkatkan efektivitas latihan/olahraga dalam upaya untuk mengurangi berat badan.

Relawan yang diberikan minyak ikan menunjukkan penurunan berat badan yang lebih besar,  dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Minyak ikan juga efektif mengurangi peradangan dalam darah dan jaringan tubuh. Mengkonsumsi rutin suplemen minyak ikan atau kapsul bisa sangat membantu bagi yang menderita penyakit peradangan kronis.

Bagi penderita penyakit Crohn yang sulit menyerap nutrisi, Suplemen minyak ikan adalah diet yang efektif.

 

SHARE