ibudanmama.com

Konsumsi Minyak Ikan Secara Rutin Dan Dapatkan 5 Manfaat Kesehatan Ini

Posted on

Minyak ikan atau yang lebih dikenal dengan asam lemak omega-3 merupakan sebuah isitlah untuk asam lemak yang berasal dari tubuh ikan yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Dulu, manusia mendapatkan asupan nutrisi ini dengan mengonsumsi ikan secara langsung.

Namun, dengan perkembangan teknologi saat ini, kamu bisa memperoleh minyak ikan yang telah diekstrak dalam bentuk cairan. Walaupun saat ini cukup mudah untuk mendapatkannya, namun ada sebagian masyarakat yang belum tahu manfaat apa saja yang diperoleh bila rutin mengkonsumsinya.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh jika mau rutin mengkonsumsi minyak ikan sebagai suplemen harianmu.

Melindungi Jantung dari Polusi Udara

pedulisehat.info
pedulisehat.info

Manfaat pertama yang dapat kamu peroleh dari mengkonsumsi minyak ikan yaitu dapat melindungi jantung dari polusi udara. Sebagaimana sebuah studi di Amerika Serikat tahun 2012 lalu, dimana terdapat 29 orang dewasa berusia setengah baya dalam kondisi sehat.

Mereka diujicobakan mengonsumsi 3 gram minyak ikan setiap hari selama empat minggu. Kemudian dihadapkan pada kondisi udara yang berpolusi tinggi selama 2 jam. Hasil yang ditemukan, bahwa ke-29 orang tersebut tidak menunjukkan catatan negatif sama sekali.

Peningkatan Imunitas

myintegratedhealthclinic.ca
myintegratedhealthclinic.ca

Omega-3 asam lemak yang ada dalam minyak ikan bermanfaat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya dengan mempengaruhi jumlah dan aktifitas sitokin dan eicosanoid dalam tubuh.

Perawatan Kulit

foreveryouth.net
foreveryouth.net

Bagi kamu yang memiliki kondisi kulit kering dan masalah kulit lainnya seperti eksim, psoriasis, gatal, kulit kemerahan, bekas jerawat, dan ruam bisa diatasi dengan mengkonsumsi minyak ikan secara rutin.

Sebagaimana pada kasus psoriasis pada kulit, kandungan EPA yang terdapat pada minyak ikan akan membatasi pertumbuhan agen inflamasi dengan meningkatkan produksi asam arakidonat. Cara pengaplikasiannya dengan mengoleskan minyak ikan pada kulit yang terkena psoriasis.

Mengatasi Diabetes

iran-daily.com
iran-daily.com

Pasien yang mengidap diabetes tipe II diketahui sangat rentan terhadap penyakit kardiovaskuler. Contohnya penyakit jantung koroner, aterosklerosis dan stroke. Hasil penelitian yang dilakukan di University of Oxford menunjukkan bahwa minyak ikan dapat menurunkan kadar trigliserida.

Membantu Ibu Hamil

riamirandadiary.com
riamirandadiary.com

Minyak ikan juga sangat bermanfaat bagi wanita hamil. Kandungan DHA alaminya membantu perkembangan mata dan otak janin dalam rahim. Manfaat lainnya dapat membantu mencegah kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, keguguran dan depresi pasca melahirkan.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *