Sebagian besar orang mengetahui manfaat dari pohon teh hanya ada di bagian daunnya saja, mereka mengeringkannya kemudian membuatnya menjadi teh. Lalu teh itu dikonsumsi untuk memberikan segudang manfaat bagi tubuh.

Jika kamu belum tahu, sebetulnya di Australia ada pohon yang bernama Melaleuca Alternifolia. Pohon itu kemudian dimanfaatkan untuk diolah menjadi ekstrak hingga menghasilkan minyak yang diberi nama minyak pohon teh.

Barangkali kamu pernah melihat beberapa produsen kecantikan menawarkan produk yang menggunakan minyak pohon teh. Dirimu mungkin bertanya-tanya, apa baiknya dari minyak pohon teh jika digunakan untuk kecantikan?

Nah, berikut ini adalah manfaat yang akan kamu terima ketika kamu menggunakan minyak teh bagi kecantikan tubuhmu.

1Mengeringkan Jerawat

vietbao.vn

Jika kamu salah seorang yang begitu peduli dengan munculnya masalah jerawat, coba saja menggunakan minyak pohon teh untuk diaplikasikan pada area wajahmu. Kamu bisa menggunakannya menjadi masker untuk menghilangkan jerawat.

Pastikan terlebih dahulu bahwa kulitmu tidak sensitif saat akan menggunakan minyak ini ya. Kamu bisa mengetesnya dengan menggunakan kapas yang telah dibasahi minyak, lalu usapkan ke daerah kulit di punggung telapak tanganmu.

Kemudian tunggu selama satu atau dua jam, jika tidak ada reaksi yang berlebihan seperti iritasi atau gatal-gatal, maka kamu bisa menggunakannya untuk masker wajah.

id.aliexpress.com
id.aliexpress.com

Bersihkan terlebih dahulu wajahmu sebelum menggunakan masker minyak pohon teh ini. Kemudian buatlah masker dengan mencampurkan putih telur dan satu sendok minyak pohon teh ke dalam sebuah wadah, lalu aduk hingga merata.

Setelah itu oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukan maksimal satu minggu sekali. Selain untuk dijadikan masker, kamu pun bisa menggunakan minyak pohon teh untuk membasuh wajah.

Kamu hanya perlu mencampurkan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam air, lalu gunakan untuk membasuh wajah, mudah kan? Lakukan seminggu satu kali saja ya guys.

2Menghilangkan Bakteri dan Jamur Kulit

kicantik.com

Karena mampu mengatasi infeksi bakteri dan jamur, maka minyak pohon teh bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit kulit yang disebabkan karena bakteri dan jamur. Teteskan saja minyak ini pada bagian yang ingin kamu sembuhkan.

Lakukan secara rutin supaya mendapat hasil yang maksimal.

3Melembabkan Kulit

infokesehatanonline.com

Minyak pohon teh ini bisa dijadikan sebagai pelembab kulitmu yang kering. Ketika menggunakannya, minyak ini akan sekaligus melembutkan kulitmu. Cukup oleskan saja minyak pohon teh pada kulitmu secara merata.

Kamu juga bisa mencampurkan minyak ini dengan minyak jojoba atau minyak zaitun lho.

4Menjadi Obat Kumur

www.ask.com

Apabila kamu memiliki masalah bau mulut, kamu bisa menggunakan minyak pohon teh ini untuk dijadikan obat kumur yang alami. Kandungan zat antiseptik dan anti jamur di dalamnya mampu menyegarkan nafasmu sepanjang hari.

Kamu hanya perlu mencampurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan air secukupnya. Lalu gunakan untuk berkumur seperti biasa saja. Rasakan perbedaannya.

5Mengatasi Masalah Rambut

imailsolution.com

Bagi kamu yang memiliki keluhan dengan beberapa masalah rambut seperti ketombe, kutu rambut, infeksi bakteri, jamur, dan sebagainya, gunakan saja minyak pohon teh untuk mengatasinya.

Gunakan minyak ini untuk membantu memijat area kepalamu, pijatlah secara merata hingga seluruh bagian kulit kepalamu terkena minyak. Lakukan setiap malam agar hasil yang di dapat segera terlihat dan kulit kepalamu bebas masalah.

Minyak akan membasmi segala bakteri, kutu dan jamur, sedangkan pemijatan bertujuan untuk melancarkan peredaran darah. Lalu untuk mengatasi ketombe, campurkan saja beberapa tetes minyak pohon teh ke sampo dan gunakan itu untuk membasuh rambutmu.