tekno.kompas.com

Mirza Adityaswara, Ahli Hukum Bisnis Terkemuka Indonesia

Posted on

Namanya Mirza Adityaswara. Siapakah sosok ini? Barangkali tidak semua orang tahu siapa dia. Sebab dia selalu bekerja tanpa banyak kamera menyoroti.

Ingin tahu lebih dekat siapa dia?

Ahli Hukum Bisnis Terkemuka Indonesia

manado.tribunnews.com
manado.tribunnews.com

Mirza yang berdarah campuran Jawa-Minang-Sunda ini merupakan anak kedua di antara empat orang bersaudara dari seorang ahli hukum bisnis terkemuka Indonesia, Sutan Remy Sjahdeini (ayah) dengan Sri Isnainingsih (ibu).

Ia menikah dengan seorang perempuan bernama Arulita Handayani, seorang pengusaha dan profesional yang pernah menjabat sebagai Direktur Utama Pasaraya Nusakarya, sebuah anak perusahaan dari ALatief Corporation pimpinan Abdul Latief.

Bangun Karir setelah S2

flickr.com
flickr.com

Mirza Adityaswara lahir di Surabaya pada tahun 1965. Gelar Sarjana Ekonomi diraihnya dari Universitas Indonesia. Pendidikan selanjutnya dia ambil di Macquarie University, Sydney, Australia, dengan memperoleh gelar Master of Applied Finance.

Mirza memulai kariernya sebagai bankir dengan bekerja di Bank Sumitomo di Jakarta pada 1989-1993. Ia kemudian bekerja di BZW Niaga Securities sebagai analis perbankan atau asisten direktur pada periode 1995-1997.

Kemudian ia menjabat Direktur di Deutsche Morgan Grenfell pada rentang 1997-1998, sebelum melanjutkan kariernya di Indosuez WI Carr. hingga 2001.

Mirza juga sempat menjabat direktur di Credit Suisse Securities pada periode 2002-2005. Sebelum menjabat Kepala Eksekutif di LPS, ia berkarier sebagai Managing Director Mandiri Sekuritas pada periode 2005-2008, lalu menjabat Kepala Ekonomi Bank Mandiri.

Mirza mengawali karir sebagai Dealer di Bank Sumitomo Niaga pada tahun 1989. Sejak tahun 2002 hingga Oktober 2005, ia menjabat sebagai Director, Head of Securities Trading & Research, Bahana Sekuritas.

Pada November ditahun yang sama, ia diminta menjadi Director, Head of Equity Research & Bank Analysis di Credit Suisse Securities Indonesia.

Selama kurun waktu 2008 – 2010, Mirza bertugas sebagai Managing Director, Head of Capital Market, Mandiri Sekuritas, sekaligus sebagai Kepala Ekonom Bank Mandiri Group.

Petinggi Bank Indonesia

bloomberg.com
bloomberg.com

Sebelum diangkat sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Beliau menjabat sebagai Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan sejak April 2012 ditugaskan sebagai Kepala Eksekutif LPS sekaligus Dewan Komisioner.

Selanjutnya, sesuai dengan Keputusan Presiden RI No.113/P Tahun 2013 tanggal 30 September 2013, diambil sumpahnya sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia pada tanggal 3 Oktober 2013 untuk periode 2013 – 2014.

Jabatan tersebut diperpanjang berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 62/P Tahun 2014, Mirza Adityaswara ditetapkan sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia untuk masa jabatan selama 5 (lima) tahun.

Punya Tanggung Jawab Besar

bisniskeuangan.kompas.com
bisniskeuangan.kompas.com

Banyak tugas besar yang diembannya, di samping rupiah yang terus melemah, juga ancaman krisis dunia yang selalu menghantui perekonomian negara Indonesia.

Ia tak pernah sekalipun meninggalkan tugas-tugas yang telah dibebankan, dan telah ia mulai untuk diselesaikan sampai tuntas, bukan justru berlari malu. Semoga berkah ya, Pak.

 

 

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *