Bumi, planet yang kita tempati merupakan planet yang sebagian besar terdiri dari lautan. Dimana lautan yang luas atau biasa disebut dengan samudra ini menyimpan banyak sekali manfaat bagi manusia.

Mulai dari keseimbangan kehidupan sampai potensi yang ada di samudra bumi ini menjadi manfaat bagi manusia. Tidak hanya itu, samudra juga mempunyai banyak misteri, harta karun dan juga keindahan yang luar biasa.

Tidak heran sains sudah mulai membuktikan adanya gunung berapi di samudra, adanya museum yang banyak di lautan dan tentunya harta karun peninggalan orang-orang jaman dahulu.

Hal ini pasti membuat kamu penasaran, seperti apa misteri dari samudra itu, yuuk disimak bareng-bareng.

1Laut Merupakan Museum Terbesar di Bumi

waiwodiverajaampat.com

Di laut tentu banyak sekali terumbu karang yang indah, bermacam-macam bentuk dan berbagai warna, ditambah juga berjuta macam penghuninya. Tidak hanya ikan tapi banyak juga hewan unik yang lain yang hidup di bawah laut.

Salah satu contoh yang menjadi misteri sampai sekarang adalah ada tidaknya ikan putri duyung, yang dimana katanya ikan ini separuhnya adalah manusia.

Tidak hanya itu juga, kapal dan perahu yang tenggelam di dasar laut dari jaman dahulu sampai sekarang tentu menjadi aneka barang museum laut itu sendiri.

Salah satu contohnya adalah ditemukan benda paling misterius dalam dunia sains yang ditemukan di bawah laut sekitar satu abad lalu.

Benda ini ditemukan kelompok penyelam di lepas pantai Yunani di tahun 1900, yang dinamakan Mekanisme Antikythera.

2Pegunungan Terpanjang Ada di Laut

jalansenaiii.blogspot.com

Para peneliti ternyata sudah menemukan adanya pegunungan di bawah laut, pegunungan itu berada tengah Samudra Atlantik dan ke Samudera Hindia dan Pasifik. Seperti rantai pegunungan yang berjalan.

Tentu kita juga tidak heran juga, karena sudah terbukti ada gunung berapi di Indonesia yang berada di laut. Tentu ini menjadi sebuah potensi dan misteri bagi kita, bahwa di laut banyak terjadi sesuatu yang tidak bisa kita pikirkan.

3Bumi Penuh Dengan Kegelapan

monitorday.com

Kita tahu bahwa bumi ini hanya 30% darat dan 70% nya adalah lautan, tidak cukup disitu, 94 % bumi adalah air, jadi darat yang bisa di tempati hanyalah 6 %. Ini membuktikan bahwa sangat sedikit sekali kehidupan di darat.

Tentu kita juga tahu betul bahwa cahaya bisa masuk itu hanyalah di darat. Cahaya tidak bisa masuka ke dalam air, kalaupun bisa masuk hanya beberapa meter saja dari kedalaman laut. Kemungkinan maksimal cahaya hanya bisa menembus 330 meter saja.

Bayangkan saja rata-rata laut memiliki kedalaman 12.400 kaki, maka tidak bisa dibayangkan kegelapan seperti apa di bawahnya? Kehidupan seperti apa yang ada disana? Dan tentunya seperti bagaimana bentuk dan kehidupan hewan disana?

Kita hanya bisa berpikir dan berkata, sungguh luar biasa ciptaan Tuhan.

4Samudra Punya Hukum Sendiri

atsalramadhan.blogspot.com

Beda dengan daratan yang banyak oksigennya, beda juga dengan laut yang tidak begitu dalam masih banyak yang bisa menjelajahinya. Tapi bagaimana dengan samudra yang dalamnya luar biasa, tentu samudra mempunyai aturan tersendiri.

Salah satu yang paling terlihat dari aturan samudra adalah semakin sedikitnya oksigen yang berada di dalam sana, hukum tekanan oksigen di perairan semakin ke dalam semakin menipis kadar oksigennya.

Kemampuan tubuh manusia yang terbatas dan alat yang terbatas tidak mampu menembus hukum samudra ini, terbukti bahwa penyelam tidak mampu menyelam sampai sedalam samudra.

Tidak hanya soal oksigen, di samudra mungkin saja setiap harinya ada ombak segunung atau pusaran air yang besar, yang dimana manusia seperti tidak diperkanankan untuk melewatinya.

Mungkin bisa juga ada gurita raksasa yang siap menghancurkan perahu yang mencoba lewat.

51 Mili Liter Air Laut Mengandung Jutaan Virus

beritasatu.com

Ini merupakan hal yang unik sekali, air laut yang terlihat segar tapi ternyata mengandung berjuta virus. Uniknya kita juga tidak sakit jika minum atau kemasukan air

Ini sudah diteliti dari berbagai peneliti di dunia. Para penyelam laut dalam yang kemasukan air laut tentu seharusnya sakit tapi ternyata tidak. Penyelam memang butuh keahlian handal.

5 misteri ini sudah cukup menggambarkan betapa misteri nya samudra, betapa hebatnya kehidupan disana.

Dan sayangnya baru beberapa ini yang bisa di ungkap oleh peneliti, dan sebenarnya mereka yakin bahwa masih banyak sekali misteri di dalamnya.

 

SHARE