Takdir merupakan ketentuan yang sudah di tetapkan oleh ALLAH Swt dan takdir itu sudah tertulis di Lauhul Mahfuds. Dimana tidak satupun manusia luput dari catatan takdir hidupnya.

Tapi sebelum kita lebih jauh membahas tentang takdir, ada baiknya kita mengetahui apa itu takdir. Takdir memang merupakan ketentuan ALLAH, tapi takdir bukanlah sepenuhnya jalan cerita saja, bukan sepenuhnya lembaran kertas yang sudah di isi saja.

ALLAH memberikan kita lembaran kosong untuk kita isi, sesuai dengan hati dan pilihan kita. Jadi takdir sebenarnya adalah pilihan kita sendiri.

Setiap manusia diciptakan ALLAH, dilengkapi dengan 3 ketentuan, hal ini sudah tercatat dalam lauhul mahfuds.

1Rizki

mistamajautama.com

Hakikat rizki adalah sesuatu yang bisa kita nikmati. Contoh udara yang kita hirup, kebahagiaan yang kita rasakan, kenyamanan hidup dll. Tapi itu semua tetap tidak bisa di prediksi, kita tidak tau besok apa masih merasakan kenyamanan lagi.

Tidak pula dengan orang lain, tidak ada yang tau. Bahkan rizkii orang yang bergaji tiap bulanan pun tidak bisa menjadi jaminan atau menjadi perkiraan rizki yang didapatkan adalah segitu besarnya. Bisa saja berubah karena peraturan atau halangan tertentu.

Yang pasti kita jangan membatasi diri dengan pola pikir rizki yang sempit, jangan terjebak bahwa rejeki hanyalah uang dan materi.

Rizki itu luas dan sudah disiapkan oleh ALLAH untuk kita. Hanya seperti apa luasnya tergantung  bagaimana cara kita mengambilnya.

2Jodoh

pondokibu.com

Siapa yang bisa mengatakan kalau suami atau istri kita adalah jodoh kita? Hayoo siapa yang berani? Tentu tidak ada yang  berani kan, karena namanya jodoh adalah misteri, sekalipun sudah menikah belum tentu ia tidak akan menikah lagi.

Jika jodoh itu diartikan sebagai pasangan hidup maka jodoh akan sangat sempit sekali artinya. Lalu bagaimana dengan orang mempunyai pasangan lebih dari satu, bahkan tiga dan empat?

Apa itu juga tidak bisa dikatakan jodoh? Jika iya bisa, berarti jodoh lebih dari satu? Iya begitu?

Tapi bagaimana jika jodoh di artikan pasangan di surga, tentu tidak ada yang bisa mengatakan bahwa si fulan atau si fulanah adalah jodohku. Nah misteri bukan?

Maka dari itu sangat dianjurkan bagi manusia yang lemah seperti kita untuk tidak mendahului ALLAH dengan mengatakan bahwa si dia adalah jodohku, biarkan ALLAH yang menentukan siapa nama yang tertera di lauhul mahfudz untuk menjadi jodoh kita.

3Mati

islamkajian.wordpress.com

Misteri terbesar dalam kehidupan salah satunya adalah kematian. Beribu cara dapat digunakan hanya untuk satu tujuan yaitu mati. Tidak ada yang tahu kapan orang menghembuskan nafas terakhir.

Bagaimana cara kita mati, dimana, kapan dan dengan cara apa, tidak pernah akan bisa kita ketahui. Bahkan malaikat sekalipun tidak tahu, ALLAH lah yang memegang semua waktu kematian tiap manusia.

Kapan waktunya memang sudah ditentukan oleh ALLAH tertera di lauful mahfuds, tapi ALLAH memberi kebebasan bagi kita, dalam bentuk bagaimana kita mati tergantung bagaimana usaha dan doa kita.

Hidup, kesempatan, amal dan doa lah yang menentukan akhir hembusan nafas kita, jika perangai sehari-hari kita buruk, maka bisa saja mati dalam keadaan buruk, jika ingin mati dalam keadaan baik, tentu harus minta berbuat yang baik.

Semoga bermanfaat ya