news.lewatmana.com

Mitos Aneh, Lucu, Unik Namun Mendidik dari Orang Tua Dulu yang Banyak Beredar di Indonesia

Posted on

Indonesia adalah negara dengan berbagai suku di dalamnya. Jaman dahulu nenek moyang Indonesia memiliki kepercayaan yaitu animisme dan dinamisme. Kepercayaan yang meyakini sebuah benda memiliki kekuatan.

Dengan dasar pondasi kepercayaan dari nenek moyang seperti itu sampai sekarang masih banyak beredar isu dan mitos mitos tentang tempat angker. Mitos-mitos yang selalu dikaitkan dengan hal mistis.

Namun, ada beberapa mistos yang merupakan bentuk nasihat dari orang tua jaman dulu. Mereka menanamkan pola pikir yang tepat dengan menggunakan metode mitos.

Para orang tua seringkali menggunakan mitos mitos tertentu untuk memberikan pengajaran bersifat positif. Dan mitos yang dulu ditakuti para anak anak baru bisa kamu sadari pesan positifnya ketika kamu sudah dewasa.

Namun, di Indonesia banyak sekali mitos yang berkembang. Ada mitos yang kaitannya dengan mistis, mitos yang berisi pesan positif ada juga mitos yang memang hanya sekedar mitos. Tidak bukti yang jelas dan bersifat kebohongan.

Kamu juga pasti mendengar mitos mitos itu ketika kecil. Dan penulis yakin kamu pasti percaya pada mitos yang berkembang. Berikut mitos yang berkembang di Indonesia.

Jangan Duduk di Atas Bantal

blog.ub.ac.id
blog.ub.ac.id

Pernahkah kamu dengar tentang larangan duduk di atas bantal. Ya orang tua jaman dulu seringkali melarang anaknya untuk duduk di atas bantal. Terutama adalah bantal yang biasa digunakan untuk tidur.

Ada lanjutan dari mitos ini, ya kalau menduduki bantal pantat bakal bisulan. Yang seperti ini bisa dikatakan hanya bohong namun ada pesan yang ingin disampaikan orang tua.

Orang Indonesia sangat menjunjung tinggi norma kesopanan. Bantal yang digunakan untuk kepala sangat tidak baik jika diduduki pantat. Bahkan untuk orang jawa, memegang kepala orang lain sembarangan dianggap tidak sopan.

Makan Brutu Ayam Bikin Bodoh

dcatqueen.com
dcatqueen.com

Kamu pasti sering sekali mendengar bahwa makan brutu atau pantat ayam bikin bodoh dan pelupa. Yang mengatakan itu tentulah orang tua atau kakek kepada anak kecil.

Jelas tidak ada hubungannya sama sekali. Ya memang banyak filosofi yang dijadikan dasar untuk mitos yang berkembang ini. Penulis sendiri dulu nekat memakan brutu dan ternyata rasanya enak dan gurih teman.

Silahkan saja coba, meskipun tidak disarankan makan brutu berlebihan karena lemaknya yang banyak. Mungkin rasa gurih dan enak inilah yang membuat orang tua melarang anaknya memakan brutu, biar bapak yang memakannya karena enak.

Menjilati Jari Setelah Menunjuk Makam

boombastis.com
boombastis.com

Kalau yang satu ini sih berkembang dikalangan anak anak saja. Bukan dari orang tua dan bukan merupakan nasihat. Mitos yang berkembang di Indonesia sekedar dikaitkan dengan mistis belaka.

Jika menunjuk makam sembarangan tangan harus dijilati kalau tidak bakal terjadi sesuatu pada tangan, entah itu patah atau keseleo. Ya itu hanyalah mitos yang tidak berdasar, namun dulu tetap saja percaya dan ikut ikutan.

Kalau Menyapu Tidak Bersih Suaminya Brewokan

wajibbaca.com
wajibbaca.com

Hal semacam ini digunakan para orang tua untuk melatih anak perempuannya agar bisa mengurus urusan rumah tangga. Ancaman untuk mitos ini tidak main main, suaminya brewokan.

Jaman dulu anak anak pastinya takut melihat orang brewokan. Terus kalau suami brewokan seperti foto di atas bagaimana? Penulis yakin perempuan bakalan rajin menyapu tapi tidak bersih, biar suaminya brewokan seperti di foto.

Keluyuran Lebih dari Jam 5 Sore Berbahaya

picshootjuny.blogspot.co.id
picshootjuny.blogspot.co.id

Anak-anak memang sering lupa waktu kalau bermain dengan temannya. Akhirnya orang tua jaman dulu membuat mitos kalau keluyuran di atas jam 5 sore bisa digondol wewe gombel.

Kalau Makan Harus Habis

rahard.wordpress.com
rahard.wordpress.com

Makan sangat penting untuk anak anak dalam menunjang pertumbuhan. Seringkali mereka makan tidak habis sehingga membuat orang tua khawatir dengan asupan gizinya.

ayamkandangku.blogspot.co.id
ayamkandangku.blogspot.co.id

Kemudian diangkatlah mitos bahwa kalau makan tidak habis ayamnya bakalan mati. Dan anak anak percaya saja, padahal tidak punya ayam di rumah. Ada juga kalau makan tidak habis istrinya tidak cantik.

Biji Buah Tertelan Bakalan Tumbuh Lewat Kepala

news.lewatmana.com
news.lewatmana.com

Ini salah satu yang menurut penulis paling membuat khawatir dulu. Ketika makan jambu biji banyak sekali biji yang tertelan. Takut dan sangat khawatir tentunya. Ya namanya juga anak anak, mitos seperti ini percaya saja.

Tali Pocong Tidak Dilepas Bakal Jadi Pocong

youtube.com
youtube.com

Mitos ini sangat populer di Indonesia. Sampai sampai dibuat serial film di televisi swasta waktu itu. Pocong akan menghampiri warga dan minta talinya dilepas. Tentu ini hanya mitos belaka dan hanya sebuah kebohongan.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *