Kamu suka hujan, hujan suka kamu. Kamu sama hujan sama-sama suka? Hiiiy. Seram! Hehe.

Ketika hujan turun memang suasana menjadi lebih dingin, matahari yang sedikit tertutup membuat cahaya siang menjadi redup. Apalagi kalau ditambah soundtrack horor. Waduh!

Bukan orang Indonesia namanya kalau ngga percaya mitos. Hehe.

Kegiatan apapun memang seringkali dikait-kaitkan dengan mitos. Ngomong-ngomong soal mitos, sekarang kan lagi masuk musim hujan yang tentunya nggak jauh-jauh juga dengan mitos.

1Hujan Dan Singa

critaneh.blogspot.com

Di daerah Banten, mitos masyarakatnya, jika cuaca mendadak panas dan matahari tetap terik, padahal hujan sedang deras-derasnya, maka itu pertanda singa sedang melahirkan.

Masyarakat Banten, terutama di daerah-daerah, sering menyebutkan hal ini saat hujan, “Hujan ngajuru maung” artinya hujan tersebut adalah pertanda singa sedang melahirkan.

Jadi kalau lagi hujan panas, kamu siap-siap beli kado buat ibu singa yang lagi melahirkan yah. Xixix.

2Hujan, Pelangi dan Bidadari

www.adarain.com

Biasanya, setelah hujan turun akan muncul pelangi. Meski tidak setiap pasca hujan pelangi muncul tetapi kemunculan pelangi di langit kerap kali membuat anak-anak takjub. Mereka percaya bahwa pelangi adalah jembatan bagi bidadari yang akan mandi di bumi.

Hus! Jangan ngintip, bidadari mau mandi nih. Haha.

3Hujan Pengantin

busanapengantinmuslim.com

Pesisir utara antara Karawang Bekasi, sebagian masyarakatnya percaya, calon pengantin wanita tidak boleh mandi saat hendak didandani. Soalnya biasanya akan turun hujan dan hujan tentunya akan sedikit menghambat acara pernikahan.

Waduh, segitunya.

4Teru-teru Bozu

www.kompasiana.com

 

Ritual menggantungkan kain atau kertas berwarna putih yang diisi dengan kapas sehingga berbentuk seperti hantu ini merupakan kebudayaan Jepang yang sudah mulai diadaptasi orang Indonesia.

Konon kalau ini digantung dekat jendela, artinya berharap kalau esok hari cuaca akan cerah dan untuk mencegah hujan. Kok bentuknya malah serem ya? Hiiiiy.

Apa pun mitos yang berkembang saat hujan turun, musim hujan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari bumi tropis Indonesia. Meskipun penjelasan ilmiahnya sudah sering dibeberkan, tetapi beberapa kelompok masyarakat rupanya memang belum bisa lepas dari mitos-mitos tersebut.

SHARE