Di jaman yang sudah modern ini, di Indonesia masih banyak juga yang mempercayai beragam mitos. Yups, salah satunya mitos tentang kesehatan. Nampaknya mitos itu sudah melekat di pikiran mereka. Bahkan mungkin di pikiranmu juga! Haha.

Padahal Guys, jika dilihat dari dunia medis, justru mitos-mitos itu sama sekali tidak ada benarnya. Mau tahu mitos apa saja yang masih dipercaya di Indonesia? Check this one out Guys!

1Memakai Pakaian Tebal/Selimut Ketika Demam

youniks.com

Mitos yang satu ini pasti banyak sekali yang mempercayainya. Padahal ya Guys, faktanya itu, pakaian tebal/selimut akan menaikan suhu tubuh. Yups, buktinya kalau kita memakai selimut pasti akan membuat tubuh hangat bukan?

Tapi pada saat demam, yang suhu tubuh kita saja sebenarnya sudah tinggi, justru akan membuat suhu menjdi sangat tinggi (39 derajat atau lebih). Di suhu tinggi ini, jika pada anak-anak bisa menyebabkan kejang-kejang lho Guys!

Justru kita disarankan untuk mengenakan pakaian tipis agar menurunkan suhu tubuh kita.

2Kalau Demam Tidak Boleh Mandi

trinihastuti.com

Hayo, siapa dari kalian yang jika sedang demam seperti tidak mau menyentuh air sekalipun? Salah besar Guys, karena justru ketika demam, mandi dapat membantu menurunkan suhu tubuh yang sedang meningkat.

Tetapi catatannya nih Guys, kalau demam disertai dengan rasa menggigil, mandi dengan air hangat akan lebih baik atau kompres dengan air hangat.

3Penderita Cacar Air Atau Campak Tidak Boleh Mandi

disehat.com

Di dunia medis, hal ini salah besar lho guys. Medis tidak melarang hal seperti ini.

Pada penderita penyakit cacar air atau campak dengan kelainan pada kulit yang menyeluruh, disamping menggunakan obat, justru menjaga kebersihan kulit dengan mandi harusnya lebih sering, yup, agar perluasan penyakit dapat dicegah.

4 Angin Duduk Harus Dikerok Atau Dipijat

anakmudadesa.blogspot.com

Kalau yang satu ini, kalian pasti kenal kerokan bukan? Kerokan dari dulu digadang-gadang sebagai obat manjur pengusir angin duduk. Bukan kerokan saja, tapi pijat juga menjadi salah satunya yang dipercaya untuk meredakan si angin duduk tersebut.

Faktanya, justru kedua hal ini dilarang Guys. Kerokan itu kan menggaruk kulit kita ya, nah, hal yang akan terjadi adalah pecahnya pembuluh kapiler tepi yang berada dikulit.

Selain kerokan, dipijat juga yang dilarang Guys. Sempat kejadian orang yang meninggal ketika dipijat, hayo lho, hal ini menunjukkan betapa penanganan yang salah dapat berakibat fatal bukan?

Nha, itu dia tadi Guys beberapa mitos tentang kesehatan yang masih dipercayai di Indonesia. Apakah kalian juga masih mempercayainya? kalau sudah baca ini pasti sudah tidak lagi, benar tidak Guys? Hehe.

Semoga bermanfaat!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here