Apa yang kamu lakukan jika kamu pulang kantor saat malam? atau habis olahraga malam hari dengan teman-teman sejawat?

Mungkin jawaban terbanyak adalah mandi. Mandi pada malam hari memang masih jadi kontroversi. Beragam ulasan coba mengetengahkan bagaimana bahayanya mandi pada malam hari.

Malam hari terutama diatas pukul 20.00 dipandang sebagai waktu yang tidak bagus untuk mandi malam. Beragam penyakit disinyalir akan bisa mampir jika seseorang kerap mandi malam terlalu sering.

Sehingga di masyarakat, masih banyak berkembang anggapan jika mandi malam sangat buruk bagi kesehatan. Nah berikut ini akan ditampilkan beberapa mitos soal mandi malam yang masih dipercaya masyarakat

1Menyebabkan rematik

detik-kesehatan.blogspot.com

Mandi malam hari dapat membuat seseorang terkena rematik itu ternyata hanya mitos dan faktanya adalah salah!

Perlu dijelaskan sebelumnya, rematik merupakan penyakit yang terjadi ketika persendian mengalami peradangan,.

Rematik terjadi akibat sistem kekebalan tubuh manusia menyerang tubuhnya sendiri. Artinya, mereka justru melakukan kebalikan dari tugasnya menjaga tubuh dari penyakit.

Penyakit ini juga dikatakan sebagai penyakit autoimun. Penderita akan merasakan nyeri pada bagian sendi yang terkena.

Para dokter mengatakan bahwa hingga detik ini belum ditemukan pasti apa penyebab dari penyakit rematik. Namun, dugaan yang seringkali muncul adalah kelainan genetik sebagai pemicunya. Orang dengan usia 20 – 45 tahunlah yang  kerap menjadi sasarannya. Ini baru fakta.

Rasa nyeri pada sendi tersebut bisa kambuh pada kondisi-kondisi tertentu, salah satunya ketika tubuh mendapati suhu dingin.

Jadi, apabila penderita mandi di malam hari dengan air dingin, tentu sendinya akan terasa sakit karena rematiknya kambuh. Jadi bukan karena mandi malamnya ya

2Menyebabkan paru-paru basah

smartdetoxsynergy.com

Lagi-lagi ini tidak benar dan tercatat sebagai mitos yang masih beredar juga di masyarakat.Mandi pada malam hari tidak semudah itu membuat seseorang terkena paru-paru basah.

Paru-paru basah hanyalah istilah awal untuk menjelaskan kondisi terdapatnya air di dalam paru-paru. Air pada paru-paru tersebut biasanya terjadi karena infeksi, bukan karena mandi malam hari.

Tetapi perlu diperhatikan, kondisi kesehatan yang kurang baik dapat diperburuk dengan suhu air dingin yang dipakai untuk mandi di malam hari.

3Menyebabkan asam urat

penyebabasamurat.com

Gout atau asam urat terjadi akibat konsumsi zat purin di dalam tubuh berlebihan sehingga membuat kadar asam urat tubuh meningkat.

Kelebihan zat purin ini membuat ginjal kehilangan kemampuan untuk menampung ataupun mengeluarkan zat tersebut dari dalam tubuh.

Penderita asam urat mempunyai beberapa pantangan makanan seperti jeroan, seafood, abon, dendeng, kornet sap, bebek dan lain-lain.

Kesimpulannya, asam urat tidak bisa dikaitkan dengan dampak buruk mandi malam hari, baik itu dengan air hangat maupun air dingin.

4Membuat susah tidur

expertbeacon.com

Beberapa orang membuat pernyataan kalau mandi malam menjadikannya susah tidur. Benarkah begitu?

Ternyata setelah ditelusuri penyebabnya bukan mandi malam, melainkan kondisi tubuh  yang sebelumnya dipakai untuk berolahraga tidak siap diistirahatkan sementara.

Jadi, biasanya orang memilih mandi malam karena berbagai alasan. Ada yang sebatas ingin menyegarkan badan karena baru pulang dari kantor dan tidak sedikit pula yang mandi malam karena ingin menyegarkan tubuhnya sehabis olahraga.

Titik permasalahannya bukan pada mandinya, tetapi olahraga yang dilakukan malam hari. Pada beberapa orang yang tidak memiliki gangguan tidur, olahraga malam dapat menyebabkan mata sulit terpejam secara alami.

 

SHARE