Banyak wanita yang menderita lho karena terlalu percaya dengan beberapa mitos saat menstruasi, padahal belum tentu itu benar.

Hmm, namanya juga mitos, ngga ada bukti medisnya kok. Nah untuk itu kamu harus tahu hal mitos menstruasi apa saja sih yang sudah tersohor sampai saat ini. Jangan-jangan kamu salah satu korban mitos tersebut. Hihi.

1Tidak Boleh Berenang Saat Menstruasi

www.blog-netizen.com

Ah ngga juga kok. Fakta berkata bahwa saat menstruasi boleh boleh saja berenang dengan syarat memakai pembarut dan tidak merasa risi.

Hal tersebut tidak akan mempengaruhi kesehatan kamu, tapi yang perlu diingat jika kamu mulai merasa kram di bagian perut sebaiknya hentikan kegiatan tersebut.

2Minuman Bersoda Dapat Mempercepat Selesainya Menstruasi

asweetlife.org

Menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim sebagai akibat tidak adanya pembuahan. Sakit tidaknya atau lancar tidaknya proses ini selain dipengaruhi oleh hormon juga dipengaruhi oleh faktor psikis.

Karena itu tidak ada hubungan antara minuman bersoda dengan menstruasi yang lebih cepat. Hihi, mitos nih.

3Jangan Minum Es Saat Menstruasi

mazmuiz.blogspot.com

Kata siapa?

Air dingin tidak memiliki efek apapun saat menstruasi. Selama tidak merasakan sakit atau perut kembung, maka minum air es sah-sah saja.

4Remaja yang Belum Menstruasi Tidak Bisa Hamil

dakwahislambalikpapan.wordpress.com

Mitos ini sangat kuat melekat di masyarakat, padahal pernyataan ini tidaklah benar. Kehamilan itu berkaitan dengan ovulasi (matangnya sel telur). Beberapa remaja bisa saja mendapatkan menstruasi sebelum masa ovulasi, bersamaan saat tubuh beradaptasi dengan tingkatan hormon.

Tapi beberapa remaja lainnya ada yang mengalami ovulasi terlebih dahulu sebelum menstruasi. Jadi bisa saja terjadi kehamilan sebelum mendapat menstruasi pertama. Hmm.

5Jangan Memotong Kuku Saat Menstruasi

www.ummi-online.com895

Waduh, bisa bahaya kalau kuku dibiarkan memanjang tanpa di potong. Ini bisa menyebabkan kulit lecet karena tergores kuku dan sebagainya.

Tidak ada kaitan apapun antara mentruasi dan memotong kuku. Justru yang tidak boleh itu potong kuku saat makan. Iya dong, nanti kukunya masuk bercampur dengan nasi. Xixi.

Nah, jangan terlalu percaya pada mitos ya guys. Percaya mitos hanya akan menambah kesulitan pada kehidupan.

SHARE