Di kala musim yang ekstrim seperti ini, jika daya tahan tubuh melemah tentu akan membuat kita mudah terserang penyakit. Yup, kebanyakan serangan penyakit influenza menyerbu.

Influenza yang biasa kita sebut flu merupakan penyakit sistem pernapasan yang menular disebabkan oleh  virus influenza A.

Virus tersebut dapat menyebabkan demam ringan hingga berat nyeri atau pegal di sekujur tubuh, sakit tenggorokan dan sebagainya. Did you know Guys? Di jaman sekarang ini, masih banyak lho kesalahpahaman tentang flu. Mau tahu apa saja? Simak yuk!

1Obat Antibiotik Bisa Mengobati Flu

camellia1911.wordpress.com

Sekali lagi Guys, flu itu disebabkan oleh virus! Nah, seddangkan antibiotik itu untuk melawan bakteri. Tepat sasaran tidak?

Justru untuk melawan virus, kita harusnya mengonsumsi obat antiviral. Umumnya antiviral yang beredar di toko obat seperti oseltamivir, zanamivir, amantadine, dan rimantadine dapat membuat gejala flu berkurang.

Yup, yang pasti dapat  membuat tubuh kita merasa lebih baik. So, jangan salah pengertian ya Guys!

2Kita Tidak Butuh Vaksin Flu Tiap Tahun

health.kompas.com

Setiap tahun virus influenza berubah dan bermutasi. Inilah kenapa kita harus mendapatkan vaksin flu yang baru. Seperti yang kita tahu vaksin akan membangun antibodi di dalam tubuh yang akan melindungi tubuh dari infeksi.

3Vitamin C Bisa Mencegah Flu

skinnymom.com

Memang Guys, sangat penting untuk tetap mengonsumsi banyak buah dan sayur untuk menjaga kesehatan. Meskipun begitu, mengonsumsi puluhan buah jeruk atau menenggak berliter-liter jus jeruk tidak akan mengamankan kita dari virus influenza.

Dan berdasarkan studi 30 percobaan terhadap 11 ribu orang, vitamin C hanya berefek sangat sedikit mencegah flu.

4Keramas Mendatangkan Demam

wartasehati.blogspot.com

Saat kita sedang sakit demam, orang tua sering menasihati, tidak perlu keramas atau mencuci rambut apalagi ketika mandi di malam hari, karena hal Itu akan menambah demam.

Padahal, dingin tidak selalu menyebabkan demam. Kita bisa tertular flu dan demam dari batuk atau bersin seseorang, bukan karena tidak punya waktu untuk mengeringkan rambut sebelum tidur.

5Alkohol Penghangat Tubuh, Obat Flu

klik-sehat.com

Konon kandungan alkohol dalam minuman membuat tubuh hangat. Memang benar sih tapi bukan berarti dengan mengonsumsi sangat baik untuk mengobati flu yang sedang kita derita Guys.

Padahal, faktanya alkohol juga menekan daya tahan tubuh sehingga Anda juga lebih rentan tertular virus flu.

Ya, itu dia tadi kurang lebih mitos-mitos seputar flu. Jika sudah tahu jangan sampai salah paham lagi ya Guys. Semoga bermanfaat!

 

SHARE