Lamborghini dikenal sebagai mobil dengan kecepatan tinggi dan memiliki harga wah. Desainnya yang mewah menarik minat orang-orang berkantung tebal yang selalu mendambakan kemewahan.

Berbeda dengan motor yang sudah mulai ramai digunakan pada awal tahun 1900-an, Lamborghini memiliki sejarah yang dimulai pada tahun 1960an.

Berikut ini gambar Lamborghini dari masa ke masa yang layak kamu simak.

1Lamborghini 350 GTV (1963)

daanmogot.com

Lamborghini 350 GTV pertama kali diciptakan oleh Ferrucio pada 1963. Desain klasik ini ternyata mampu bergerak dengan super cepat.

Kesuksesan 350 GTV membuat sang pembuat menjadi terkenal dan menjadikan pabrikan Lamborghini berada di deretan atas pabrik supercar dunia.

2Lamborghini Miura (1966)

daanmogot.com

Tipe kedua dari Lamborghini adalah Miura yang diambil dari nama benteng tempur di Spanyol. Mobil ini memiliki mesin tengah.

Logo yang digunakan pada Miura adalah banteng.

3Lamborghini Countach (1971)

daanmogot.com

Countach menjadi Lamborghini generasi ketiga dan dipamerkan pada publik di tahun 1971. Namanya diambil dari teriakan ketika terkejut orang Italia, yakni “countach” yang dibaca “kuntach”

Sisptem pop up digunakan pada lampu depannya. Selain itu, pintunya menggunakan model gunting atau pintu yang saat dibuka terangkat ke atas.

4Lamborghini Diablo (1990)

daanmogot.com

Meski berselisih tahun cukup jauh, body Lamborghini satu ini masih mirip dengan Countach. Begitu juga dengan desain lampu dan juga model pintunya.

Nama “Diablo” juga diambil dari nama salah satu benteng tempur di Spanyol.

5Lamborghini Murciélago (2001)

daanmogot.com

Mulai tahun 2001, Lamborghini diproduksi oleh pabrikan AUDI. Meski demikian, desain tampilannya masih mengikut para pendahulunya.

Jenis lampu yang digunakan tidak lagi model pop-up, tetapi masih mempertahankan pintu model gunting.

6Lamborghini Gallardo (2003) The Baby Lambo

daanmogot.com

Jika dilihat dari ukurannya, Lamborghini ini memang yang paling mungil dibanding yang lain. Panggilannya adalah “The Baby Lambo”.

Meski ukurannya termasuk mungil, dengan tenaga besarnya, Lamborghini ini tampak wajar dikendalikan di jalanan.

Pada tahun 2005, dikeluarkan Lamborghini Gallardos SE atau special edition sebanyak 250 unit saja. Ciri utama SE adalah atapnya yang hitam.

Sedangkan untuk pilihan warna, terdapat warna oranye, hijau kuning dan putih.

Tahun 2005, dikeluarkan juga Lamborghini Nera. Edisi spesial yang lain dari Gallardo dan hanya dijual 185 unit.

Tetapi warna pilihannya hanya hitam saja. Bahkan lampu bagian belakangnya juga digelapkan. Sedangkan untuk interior memiliki warna hitam dan putih.

Edisi spesial lainnya dikeluarkan pada 2006. Gallardo Superleggara yang artinya super ringan. Lamborghini ini dibuat untuk dapat bersaing dengan Ferrari F430 Scuderia.

Ukurannya 100 kg lebih ringan dibanding Gallardo standar dengan pilihan warna hitam, abu-abu, putih, oranye dan kuning. Total hanya diproduksi sebanyak 172 unit saja.

7Lamborghini Reventon (2007) Limited

en.wikipedia.org

Muncul pertama kali pada Frankfurt Motor Show pada tahun 2007. Tipe Reventon ini hanya diproduksi pada 2008 hingga 2009 saja.

Mobil dengan desain futuristik ini ternyata hanya diproduksi sebanyak 20 unit saja. Nama Reventon diambil dari nama salah satu benteng tempur di Spanyol yang berarti ledakan.

8Lamborghini Estoque Concept (2008)

daanmogot.com

Dipamerkan pertama kali pada Paris Motor Show di tahun 2008. Lamborghini ini ternyata memiliki empat pintu dan muat empat penumpang.

Konsep mobil ini adalah sedan supercar dan masih cocok digunakan di jalan raya. Tetapi mobil ini ternyata tidak diproduksi masal, melainkan hanya konsep saja.

9Generasi Kedua (LP560-4) 2008

daanmogot.com

Diperkenalkan pada 2008 dengan nama LP560-4. Mesinnya memiliki tenaga 5.2 L V10 dari Audi.

Beratnya 20 kg lebih ringan dibanding desain sebelumnya. Dari luar, sekilas mobil ini sangat mirip dengan Gallardo, tetapi detailnya berubah.

10LP550-2 Valentino Balboni

daanmogot.com

Lamborghini ini dibuat untuk merayakan pensiusnnya pengetes mobil Lamborghini, yakni Valentino Balboni. Jumlah yang diproduksi sebanyak 250 unit saja.

Sejumlah pengetes mengaku jika model ini memiliki penurunan performa dan teknologi dibanding model sebelumnya. Tetapi lebih seru digunakan daripada LP560-4 standard.

11LP570-4 Superleggera

cloudlakes.com

Dengan berbasis pada LP560-4, Lamborghini mengeluarkan lagi Superleggera. Ukuran beratnya hanya 1.340 kg.

Versi convertiblenya adalah Gallardo LP570-4 Spyder Performante, dengan beberapa perubahan pada desain eksterior.

12Lamborghini Embolado 2010

daanmogot.com

Model satu ini adalah desain dari Luca Serafani, seorang mahasiswa Desain Industri Universitas Parma di Italia.

Konsep dasarnya adalah model Gallardo yang menunjukkan konsep kredibilitas. Karena merupakan desain independen, maka kemungkinan produksinya adalah nol.

13Lamborghini Egoista (Concept Spotscar)

daanmogot.com

Nama Egoista adalah bahasa Italia yang berarti egois. Disebut demikian karena mobil ini hanya memiliki satu kursi saja untuk pengemudinya.

Mengusung mesin 5, liter V10 akan memberikan tenaga sampai 600 daya kuda. Sayangnya model ini hanya akan dalam bentuk konsep saja dan tidak diproduksi bagi semua orang.

14Lamborghini Aventador (2011)

daanmogot.com

Diperkenalkan pada 1 Maret 2011 di gelaran Geneva Motor Show 2011. Dengan kode di belakang namanya, LP700 tenaga yang dihasilkan adalah 700 daya kuda dari mesin yang berkapasitas 6.500 cc V12 yang dikeluarkannya pada putaran mesin 8.250 rpm.

Memiliki bobot ringan, hanya 1.575 kg saja dan mampu melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2,9 detik saja.

15Lamborghini SUV (2012)

daanmogot.com

Model satu ini digadang-gadang dapat digunakan sebagai mobil harian. Sebelum diberi nama SUV, namanya semula adalah Deimos. Deimos dalam mitologi Yunani diartikan sebagai ketakutan, kengerian dan teror.

16Lamborghini Veneno (2013)

daanmogot.com

Meski memiliki harga wah, tapi model satu ini dianggap sebagai yang terjelek. Lamborghini Veneno adalah supercar edisi terbatas yang membuat debut dunianya di Geneva Motor Show.

Jumlah yang diproduksi hanya tiga unit saja dan dipesan oleh pelanggan kaya yang menyukai desain radikal.

17Lamborghini Aventador LP 700-4 Roadster

automobilesreview.com

Dapat mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dalam 3 detik saja dan memiliki kecepatan maksimum 350 km.

Dengan atapnya yang dapat dibuka dan dua kursi untuk pengendara dan penumpang, desain cantiknya memikat banyak orang.