Seiring dengan berkembangnya dunia otomotif, industri mobil pun terus mengeluarkan inovasinya. Mulai dari mobil paling mutakhir hingga mobil paling murah, semuanya dilakukan untuk tetap mendapatkan pelanggan.

goauto.com.au
goauto.com.au

Nah, untuk banyak hal Indonesia adalah salah satu pasar mobil yang sangat subur. Mula dari mobil pabrikan Eropa, Amerika, Jepang, hingga India barangkali semuanya laris manis di pasaran otomotif Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa mobil paling murah yang diproduksi di berbagai pabrik mobil dunia. Kapan mobil-mobil ini masuk pasar Indonesia? Tunggu saja tanggal mainnya.

1Tata Nano

upload.wikimedia.org

Dari namanya saja sudah ketahuan bahwa ini adalah mobil buatan Tata Motors. Tata adalah pabrikan mobil India yang memang sudah terkenal menyediakan produk mobil-mobil murah.

Mobil dengan teknologi fuel injection ini dibanderol dengan harga sekitar $2.000 atau jika dirupiahkan seharga 27 jutaan rupiah. Meskipun murah, jangan kira mobil ini lambat, kamu bisa memacunya hingga kecepatan 105 kilometer per jam.

Namun, tentu saja seperti mobil murah lainnya, tempat duduk yang tersedia tidak cukup banyak. Mobil ini hanya cukup kira-kira untuk menampung empat orang dewasa di dalam mobil.

2Bajaj RE60

indianautosblog.com

Mobil murah yang satu ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012. Mobil ini juga dibuat oleh pabrikan mobil asal India, Bajaj Auto. Harga mobil ini juga berada pada level yang sama dengan mobil-mobil tata.

Kira-kira dengan harga $3.000 atau 40 jutaan rupiah, kamu sudah dapat merasakan sensasi futuristik dari mobil ini. Pantaslah sedikit lebih mahal dari Tata Nano karena mobil ini dapat mengurangi gas buang CO2 hasil pembakaran mesin.

Selain itu, mobil ini juga dapat membuat kantong kamu tidak lebih irit. Kamu cukup mengisi bahan bakar sebanyak satu liter saja untuk dapat menempuh jarak sejauh 35 kilometer jauhnya. Mengesankan bukan?

3Chery QQ

lookatthecar.org

Kalau pabrikan mobil paling murah yang satu ini adalah pabrikan Cina, nama perusahaannya adalah Chery Automobile. Mobil Chery memang tidak asing lagi di Indonesia, telah banyak penggunanya di jalan-jalan kota di Indonesia.

Mobil ini pertama kali diproduksi pada tahun 2003, hingga saat ini telah mengalami banyak inovasi dan pengembangan. Desain terbaru diperkenalkan pada Shanghai auto Show tahun 2013.

Dengan lima transmisi kecepatan semi otomatis, mobil ini dapat melaju cukup kencang. Mobil yang kerap disebut QQ ini dibanderol dengan harga $4.000-an atau sekitar 64 jutaan rupiah.

4Geely MR

auto-database.com

Mobil murah yang satu ini juga merupakan pabrikan China. Nama pabriknya adalah Geely Automobile. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2000, namun Geely seri MR pertama kali muncul di Frankfurt Motor Show tahun 2005.

Nah, dengan pilihan desain yang menarik, Geely MR bisa jadi pilihan kamu yang paling tepat. Mobil murah dengan fasilitas dan kenyamanan ala mobil mahal. Harga Geely MR adalah sekitar $5.500 atau 75 jutaan rupiah.

Meskipun dengan harga yang sama kamu bisa mendapatkan motor sport dengan kualitas tinggi, namun dengan memilih mobil palnig murah ini kamu bisa pergi berekreasi bersama keluarga tercinta.

5Suzuki Maruti 800

gaddidekho.com

Meskipun mobil-mobil Jepang terkenal dengan harga menengah di atas 100 jutaan rupiah, namun mobil bermerek Jepang ini diproduksi di India. Itu artinya Suzuki yang satu ini dibanderol dengan harga yang cukup murah.

Maruti 800 adalah sebuah mobil jadul yang cukup sering disebut sebagai legend. Harganya hanya sekitar 60 jutaan rupiah. Seri yang pertama kali keluar pada tahun 1983 ini saat ini telah mengalami banyak perubahan.

Tidak percaya? Kamu bisa melakukan hunting Suzuku Maruti 800 sendiri di pasaran mobil baru.