Barangkali istilah mobil restorasi atau restorasi mobil antik belum begitu terkenal di Indonesia. Namun, sebenarnya di kota-kota besar seperti Jakarta mestinya tetap ada bengkel khusus yang mampu menggarap mobil restorasi.

Sementara itu, di luar negeri seperti di Amerika dan Eropa telah banyak bengkel restorasi mobil yang dengan terang-terangan menjual berbagai karya mobil restorasi yang mereka garap.

Jadi, mobil restorasi di luar negeri bukan lagi by order atau dipesan terlebih dahulu, namun telah ready stock. Kamu tidak perlu mencari mobil jadul yang rusak lalu membawanya ke bengkel, kamu cukup datang ke bengkel dan membawa uang.

Nah, kalau kamu tertarik untuk hunting mobil klasik untuk dijadikan mobil restorasi, berikut beberapa referensi mobil klasik terbaik yang bisa kamu pilih untuk dijadikan mobil restorasi terbaik.

1Buick Riviere 1963

becker-restoration.com

Mobil Buick Riviere 1963 tidak terbantahkan lagi sebagai salah satu mobil dengan desain terbaik dari Amerika. Mobil ini juga punya nama lain Sixties Riviera. Di luar negeri, harga mobil restorasi model ini mencapai 32.000 dolar Amerika.

2Chevrolet Bel Air 1953

en.wikipedia.org

Kalau kamu penggemar Chevy, kamu pasti akan menyukai Chevy dari tahun 50-an. Berbagai bagian mekanik dan elektrik mobil ini murah dan mudah didapatkan. Harganya sekitar 18.000 dolar Amerika.

3Pontiac GTO 1971

barrett-jackson.com

Nah, inilah Pontiac yang sangat menawan. Mobil klasik keren yang bisa kamu tweak menjadi mobil balap, tidak akan kalah dengan mobil balap keluaran terbaru. Mobil restorasi jenis ini dijual degan harga bervariasi mulai 16.000-50.000 dolar Amerika.

4AMC AMX 1968

carswithmuscles.com

Kamu bisa dapatkan mobil restorasi AMC AMX pada kisaran harga 35.000 dolar Amerika. Model mobil AMX ini disebut-sebut sebagai AMX terbaik yang pernah dibuat.

5Lincoln Continental 1961

boldride.com

Kamu akan susah untuk menolak mobil restorasi yang satu ini. Desainnya yang classy tidak akan pernah dilupakan oleh para penggemar mobil hingga kapanpun. Uang sebanyak 60.000 dolar Amerika harus kamu relakan demi mendapatkan Lincoln yang satu ini.

6Packard 1951

oldcaradvertising.com

Pada tahun 50-an, daftar mobil-mobil dengan desain terbaik tentu saja salah satunya akan diisi oleh Packard. Jika kamu membeli mobil restorasi jenis ini, kamu tidak akan kesulitan untuk menjualnya lagi.

Atau mungkin kamu justru tidak akan menjualnya? Kamu bisa dapatkan mobil restorasi ini pada kisaran harga 27.000 dolar Amerika.

7Dodge Challenger 1972

kennedyperformance.com

Kamu harus menyiapkan minimal 35.000 dolar Amerika untuk menggondol mobil ini dari bengkel mobil restorasi luar negeri. Inilah salah satu model mobil terlaris yang cukup mudah didapatkan dengan onderdil asli dari pabriknya.

8Plymouth Barracuda 1972

barrett-jackson.com

Kalau mobil yang satu ini, sepertinya kamu baru akan tahu harganya jika mengikuti lelang. Kamu harus siap-siap dengan uang puluhan ribu dolar Amerika jika ingin mendapatkan mobil dengan performa sempurna ini.

Kalau kamu mengamati berbagai film bertema balapan, kamu akan sering mendapati mobil Plymouth ini dalam jajaran ‘bintang film’ balapan yang sangat populer.

9Ford Model A 1928

catherinesherman.wordpress.com

Inilah Mustang sebelum masa perang dunia. Kamu tidak akan ragu untuk mengeluarkan uang hingga 35.000 dolar Amerika bukan untuk mendapatkan mobil yang satu ini?

Bahkan kamu mungkin harus mendapatkannya lewat jalur pelelangan sengit dengan berbagai tawaran harga ‘gila’ para konglomerat dunia. Namun, kamu tidak akan menyesal jika telah mendapatkan mobil ini terpajang mewah di garasi rumah kamu.

Bagaimana? Kamu sudah bisa menentukan mobil yang mana pilihan kamu? Tentu saja kamu diperbolehkan membeli semuanya. Selamat menikmati restorasi.

SHARE