Namanya Royal Automobile Club.

Komunitas bagi para pemilik mobil kuno di Inggris ini akan menempuh perjalanan yang rutin dilakukan setahun sekali. Tujuan perjalanan RAC tahun ini yaitu kota Sussex, dengan jarak tempuh sejauh 60 mil, dimulai dari Hyde Park, London.

Acara RAC juga diikuti oleh anggotanya yang berada di sejumlah negara di luar Inggris, karena tak hanya nuansa kuno yang dihadirkan dari perjalanan tahunan ini namun juga ingatan akan sejarah Eropa pada masa silam.

1Pakaian Jadul

beritagar.id

Dalam perjalanannya, para anggota klub biasa memakai pakaian ala orang kaya Eropa zaman dahulu, seperti topi hitam, jas, mantel, dan pernak-pernik kuno lainnya. Pakaian tersebut menjadi simbol klasik yang unik, langka, dan menyejarah.

Para anggota klub tak lupa bergaya ketika beberapa pejalan kaki mengambil foto mereka. Salah satu momentum tepat untuk menikmati kembali sajian kuno masyarakat Eropa dengan pakaian dan kendaraan unik khas Negeri Ratu Elizabeth

2Mengenal Sejarah Royal Automobile Club

beritagar.id

RAC merupakan klub mobil tertua di dunia. Didirikan tahun 1897 oleh Frederick Richard Simms, dan sempat mendapat anugerah status tertinggi kerajaan dengan menambahkan gelar pada rangkaian nama pad perkumpulan ini.

Hingga kini, status tersebut masih melekat dan menjadikan RAC sebagai klub pecinta mobil paling berpengaruh di dunia otomotif Inggris.

3Siapa Saja Anggota Klub Ini?

beritagar.id

Mulai dari kaum tua hingga muda boleh bergabung dalam RAC. Sebagai pecinta mobil kuno, seolah tak kenal usia, seluruh anggotanya begitu menjaga mobil-mobil tersebut dengan baik. Merawat badan mobil agar tampak bersih, mengilap, dan elegan.

Banyak suasana romantic terjadi ketika para pemilik mobil kuno membawa orang terkasih mereka untuk melakukan perjalanan bersama.

4Menahan Suhu Dingin

beritagar.id

Tak peduli sedingin apapun jalanan di luar, para anggota RAC terus melajukan kendaraannya menuju kota Sussex. Perjalanan ini hanya dilakukan satu kali setiap tahun. Sudah pasti momen ini sangat dinanti-nanti tak hanya oleh anggota RAC, tapi juga warga Inggris.

Setiap tahun, acara ini menjadi kalender wisata yang selalu dinanti oleh para penggila mobil kuno di seluruh dunia.

So, udara dingin? Siapa takuuut!

5Melaju Perlahan

beritagar.id

Para peserta reli melaju perlahan melintasi jembatan Westminster, London di tengah suhu kota yang baru saja memasuki musim dingin. Mobil dikemudikan perlahan agar warga sekitar bisa ikut menikmati sajian kuno nan unik dari mobil-mobil ini.

Perjalanan santai ini sekaligus menandakan bahwa sebagian masyarakat Inggris, terutama anggota RAC, terus berupaya melestarikan sejarah yang bernilai seni. Mobil-mobil kuno, misalnya. Mobil yang ikut dalam perjalanan ini tampil dengan berbagai model nan antik.

Mobil ini bisa dikatakan karya seni yang layak dijaga dan dilestarikan karena selain bentuknya yang unik, mobil-mobil tersebut memiliki nilai sejarah yang besar atas perkembangan teknologi Eropa pada masa silam.

6Antusiasme Warga

beritagar.id

Konvoi RAC selalu disambut hangat oleh warga Inggris di sepanjang jalan. Memotret merupakan hal wajib agar momen tahunan ini tak terlewatkan begitu saja. Sampai ada warga yang memberi minuman hangat kepada para anggota RAC.

Jarang sekali warga Inggris bisa menikmati suasana Eropa kuno di tengah era modern seperti saat ini, jika nuansa tersebut tidak disajikan oleh RAC

Kalau suatu saat nanti kamu berkunjung ke Inggris, semoga berkesempatan melihat konvoi RAC di jalanan dan mengabadikannya dengan kamera. Pasti seru!