Mobil telah menjadi salah satu kendaraan paling populer di dunia saat ini. Dari pembuatan mobil lah akhirnya muncul ide membuatnya menjadi angkutan masal seperti bus, truk, dan masih banyak lagi.

Nah, mungkin kita tidak pernah tahu dengan pasti kapan mobil mulai ada di bumi dan segala asal muasalnya. Kita juga juga tidak bisa membayangkan bagaimana mobil akan berkembang di masa depan.

Beberapa sejarah dan masa depan berikut akan membuka mata kamu bagaimana ide mobil bermula di masa lalu dan bagaimana ide tentang mobil tersebut dikembangkan di masa depan.

1Steam Trolley

hippowallpapers.com

Ternyata ide awal pembuatan mobil berasal dari troli. Troli? Tepat sekali, troli yang biasa kamu gunakan di bandara. Nicolas Joseph Cugnot asal Perancis pertama kali merancang desain troli uap pada tahun 1768.

Pada tahun 1770, versi lengkap dari kendaraan ini dibuat dan mampu mengangkut beban seberat 4 ton selama 1 jam. Mobil ini sendiri mempunyai berat 2,5 ton dengan 1 roda depan dan 2 roda belakang.

2Internal Combustion Engine

ichibandrives.com

Pada tahun 1807, François Isaac de Rivaz yang juga berasal dari Perancis berhasil menemukan ‘bahan bakar’ untuk mesin mobil (piston) pertama di dunia. Berasal dari reaksi oksigen dan hidrogen.

Reaksi oksigen dengan hidrogen ini secara manual dapat menghasilkan percikan elektris. Sayangnya, Isaac tidak dapat mengembangkan mesin kendaraan buatannya menjadi lebih mutakhir.

3Mobil Benz Patent Motorwagen

heacockclassic.com

Sekira 80 tahun kemudian, pada tahun 1886 terjadi lompatan besar dalam dunia perkembangan kendaraan saat Karl Friedrich Benz, seorang kelahiran Jerman benar-benar menyempurnakan desain dan fungsi mobil saat itu.

Bahkan konsep dan desain kendaraan milik Karl dipatenkan. Kendaraan ini memiliki 3 roda, dengan tenaga luaran mesin mencapai 0,75 tenaga kuda atau 0,55 kilowatt. Karl bersama istri dan anaknya bahkan membuktikan bahwa kendaraan ini dapat menempuh jarak yang jauh.

conceptcarz.com
conceptcarz.com

Perjalanan bolak balik sejauh 180 kilometer pada Agustus tahun 1888 dari kota Mannheim menuju Pforzheim membuktikan bahwa ciptaan Karl mampu menjadi alat transportasi yang kuat dan efektif.

Biaya pembuatannya mencapai 1000 dolar Amerika saat itu, setara 26.000 dolar Amerika saat ini. Sejak saat itu, perkembangan kendaraan menjadi sangat pesat hingga seperti sekarang. Nah, sekarang saatnya kita mengintip masa depan mobil.

4Mercedes Benz BIOME

maguzz.com

Melihat desainnya saja kamu sudah pasti ‘melek’ bahwa kendaraan yang satu ini adalah mobil masa depan bukan? BIOME adalah pemenang kontes Los Angeles Design Challege. Mercedes Menggunakan material yang dinamakan BioFibre.

Senyawa yang lebih ringan dari logam atau plastik, hasilnya? BIOME hanya memiliki berat 394 kg, bahkan seluruh bagian BIOME tergolong biodegradable atau dapat terurai oleh mikroba.

Bahan bakar BIOME disebut BioNectar4534 yang tersedia dalam BioFibre. Dan yang lebih menakjubkan, ‘limbah’ samping bahan bakar ini hanyalah oksigen. Wow! Benar-benar masa depan bukan?

5F015 Luxury in Motion

inautonews.com

Mercedes memang tidak main-main dalam mengembangkan mobil masa depan, F015 ini akan membuat kamu membayangkan masa depan dan bahkan suatu saat akan disebut smartcar.

Kamu tidak memerlukan supir untuk mengendarai kendaraan ini, karena ia dilengkapi teknologi kontrol terintegrasi secara touchscreen, eye-tracking dan gesture. Tugas kamu? Menentukan tujuan dan duduk rileks menunggu hingga sampai ke tujuan.

Body-nya menggunakan carbon fiber, hal ini memungkinkan kendaraan ini memiliki berat yang sangat ringan. Selain itu pintunya juga dapat dibuka 90 derajat penuh. Tujuannya agar mudah diakses oleh penumpang.

SHARE