Pagar menurut definisinya adalah struktur yang tegak dan dirancang untuk membatasi maupun mencegah gerakan melintasi batas yang dibuatnya. Pagar dibuat dengan beberapa fungsi.

Misalkan saja, pagar privasi dibuat untuk memberikan privasi, pagar sementara untuk memberikan keselamatan dan keamanan publik melalui suatu konstruksi, serta pagar pengaman untuk menghindari pelanggar seperti pencuri maupun kejahatan lain.

Tetapi bukan berarti pagar ini dibuat untuk membatasi ruang gerak kita dengan lingkungan sekitar, hanya sekedar menciptakan keamanan saja dari berbagai macam gangguan yang tidak terduga.

Seiring berjalannya waktu, pagar ini dibuat semakin menarik dengan desain yang lebih bagus, karena bisa mempercantik tampilan rumah dengan keberadaannya.

Banyak model dan bahan yang dapat digunakan untuk membuat pagar rumah agar terlihat lebih indah, baik itu dengan tampilan yang modern maupun klasik, untuk rumah yang mewah atau minimalis.

Berikut ini beberapa model pagar rumah yang mungkin saja menginspirasimu.

1Pagar Tanaman

rynari.wordpress.com

Kamu pasti ingin membuat rumah terlihat lebih segar dengan ditumbuhi tanaman kan? Tanaman bambu jepang ini bisa jadi solusinya, bukan hanya untuk menghijaukan rumahmu, tanaman ini bisa kamu gunakan untuk menjadi pagar.

Pohon ini bisa kamu tanam di depan dan samping rumahmu, kamu hanya perlu merawatnya dengan baik setiap hari. Jika merasa daunnya berantakan kamu bisa menatanya agar terlihat lebih rapi dan sedap dipandang.

www.ideaonline.co.id
www.ideaonline.co.id

Selain itu, ada juga rumah yang menggunakan beton dan tanaman Heliconia sebagai pagar yang menarik. Tanaman berbunga ini justru akan memberikan nuansa yang ceria untuk rumahmu. Banyak orang mungkin akan mencari tanaman ini sekarang.

Tanaman Heliconia ini bisa kamu tanam di belakang pagar beton supaya tidak sembarang orang yang tertarik ingin mengambilnya, nanti bisa-bisa pagarmu habis jika ada yang memetiknya tanpa izin.

2Pagar Besi untuk Rumah Minimalis

sampelrumahminimalis.com

Model pagar berwarna putih ini memberikan kesan bersih untuk rumahmu. Pola yang dibentuk pada pagar pun menjadikan pagar lebih menarik lagi. Meskipun rumahnya minimalis, bukan berarti tidak perlu diberi pagar.

spacehistories.com
spacehistories.com

Karena pagar bukan hanya untuk rumah yang besar dan megah. Mungkin saja kamu memiliki anak kecil dan rumahmu berada di pinggir jalan, sehingga pagar ini akan menjadi batas bagi anakmu supaya tidak keluar dari wilayah rumah sendirian.

3Pagar Batu Alam

www.atapkamar.com

Jika kamu ingin memberikan kesan mewah untuk rumahmu, batu alam bisa kamu aplikasikan dalam pembuatan pagar rumah. Akan banyak mata yang memandang keindahan rumah dengan batu alam ini pastinya.

4Pagar Kayu

www.ideaonline.co.id

Klasik, itulah kesan yang didapat dari pagar kayu berwarna coklat ini. Desain yang sederhana membuat pagar ini terlihat simple dan tidak ribet. Kamu bisa membuat pagar dorong untuk rumahmu supaya tidak memakan banyak tempat ketika harus membuka pagar.

Pagar kayu ini juga nampak cantik untuk dipadukan dengan rumah yang bernuansa modern dan minimalis.

5Pagar Ulir

sassymeihome.blogspot.com

Pagar ini terbuat dari besi yang diulir dengan cantik. Uliran dan warna yang dipadukan membuat pagar ini terlihat mewah. Memang biasanya pagar ulir seperti ini digunakan untuk rumah yang megah.

Tetapi jangan lupa untuk memberikan bel di luar pagar rumah, supaya jika ada tamu yang datang tidak sulit untuk memanggil-manggil nama si pemilik rumah, karena dipanggil pun belum tentu kamu mendengarnya, rumahmu kan begitu besar.

Jadi, model pagar manakah yang ingin kamu pilih untuk menjadi pengaman rumahmu?