Sekarang ini, banyak sekali rumah-rumah baru yang didirikan. Ada rumah yang bergaya klasik, modern, maupun minimalis. Tidak hanya di kota tetapi juga di desa. Rumah-rumah ini dibangun dengan kokoh dan cantik diantara rumah-rumah lain di sampingnya.

Nah, setiap rumah, pastinya memiliki pintu yang digunakan untuk masuk ke setiap ruangan yang ada di dalam rumah. Jika kamu pun berniat untuk membangun rumah baru, sesuaikanlah model pintu yang kamu gunakan dengan konsep bangunan rumahmu.

Model pintu rumah banyak sekali jenisnya. Kamu bisa mencoba memilih beberapa pintu berikut ini untuk dipasang sebagai pintu utama atau pun pintu di setiap ruangan di dalam rumah.

1Pintu Louvre

www.russelltimbertech.co.uk

Mungkin beberapa orang masih asing dengan jenis pintu yang satu ini. Pintu louvre ini memiliki irisan-irisan horisontal yang dapat dibuka dan berfungsi sebagai aliran udara di dalam rumah meski pintu dalam keadaan tertutup.

Pintu ini cocok bagi kamu yang menginginkan rumah dengan privasi dan keamanan yang lebih terjaga. Akan tetapi, pintu louvre ini cukup membuat kamu kesulitan jika hendak membersihkannya.

Selain itu, kamu juga harus memastikan pekerjaan mekaniknya halus dan dapat menghalangi pandangan.

2Pintu Swing

www.modernus.com

Pintu swing atau pintu kupu-kupu adalah jenis pintu yang umum untuk digunakan. Pintu ini dapat berputar satu putaran sudut. Pintu ini memiliki engsel yang mudah dipasang dan lebih mudah dalam perawatannya.

Akan tetapi, jika menggunakan pintu jenis ini, kamu memerlukan ruangan yang cukup luas agar pintu dapat terbuka dengan baik.

3Pintu Aluminium

infertilitydemons.blogspot.com

Pintu aluminium cocok digunakan untuk rumah yang memiliki desain interior kontemporer. Biasanya, pintu ini dibuat dari bahan kaca yang dibingkai aluminium. Warna bingkainya pun biasanya dilapisi dengan warna yang kamu sukai.

Jika menggunakan pintu ini, kamu tak perlu melakukan perbaikan atau mengecatnya berkali-kali di lain waktu. Tetapi, kamu tak bisa melapisi aluminiumnya berkali-kali, jadi, kamu harus yakin dengan warna yang kamu pilih saat akan membelinya.

4Pintu Kaca

bhinekakusenupvc.blogspot.com

Pintu kaca bisa kamu gunakan untuk memberi kesan modern pada rumahmu. Selain itu, material kaca yang yang digunakan pun bisa memberikan pencahayaan yang baik di dalam rumah.

Jadi, cahaya akan banyak masuk ke dalam rumah saat siang hari yang cerah.

5Pintu Rel

relhisen.wordpress.com

Pintu rel lebih banyak dipasang untuk dijadikan pintu garasi suatu rumah. Pintu ini memiliki gaya yang klasik dengan bahan serpihan kayu. Pintu ini tak begitu pas jika dipasang di rumah yang permukaannya padat dan tidak tembus cahaya.

Namun, konstruksinya yang padat dapat menjadi penghalang suara dan menahan suhu dalam ruangan.

6Pintu Flush

www.directdoors.com

Jika kamu ingin memiliki rumah dengan pintu sederhana, pilihlah pintu berjenis flush. Pintu flush memiliki permukaan yang rata dan biasa digunakan di dalam rumah. Pintu ini umumnya dibuat dari fiberglass atau kayu.

Harga pintu flush lebih murah dari pintu-pintu lainnya. Tetapi, permukaannya tidak tembus cahaya dan permukaannya yang polos sepertinya kurang bagus jika dipasang sebagai pintu utama.

7Pintu Geser

www.modernus.com

Pintu geser sepertinya lebih banyak dipakai pada rumah bergaya Jepang. Pintu ini cocok digunakan untuk rumah dengan ruang terbatas. Karena, kamu tak  perlu membukanya ke depan maupun ke belakang, kamu hanya perlu menggesernya saja.

Untuk rumah-rumah modern, pintu geser biasanya digunakan untuk menuju taman belakang dan dibuat dari kaca yang besar. Selain itu, pintu geser pun bisa digunakan sebagai pintu kamar yang memberikan kesan bersih dan rapi.

8Pintu Kayu

desainpropertimodern.com

Pintu kayu lebih banyak dibuat menggunakan bahan kayu padat. Pintu kayu ini bisa kamu pilih jika ingin membangun rumah dengan gaya klasik dan elegan. Tetapi, saat memilih pintu berbahan kayu, kamu perlu lebih berhati-hati.

Pilihlah jenis kayu yang berkualitas baik dengan tekstur yang keras dan berwarna merah kecoklatan.

SHARE