Dunia anak memiliki banyak sekali tantangan bagi para orang tua maupun pendidik. Karena anak-anak terbentuk dari berbagai lingkungan sehingga menjadikan mereka memiliki sifat yang tak sama satu dengan yang lain.

Beberapa anak mudah terpengaruh dengan sifat negatif dalam lingkungannya. Sehingga mereka bisa saja menjadi anak yang memiliki kebiasaan di luar dari ajaran orang tua di rumah. Hal seperti ini haruslah diwaspadai dan sesegera mungkin untuk dibenahi.

Bagaimana cara untuk memperbaiki sifat mereka yang sedang dalam kelabilan ini? Kamu bisa memodifikasi perilaku mereka, dengan melakukan beberapa cara agar mengubah perilaku mereka yang kurang baik supaya lebih terarah.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu gunakan dalam melakukan modifikasi perilaku kepada buah hati.

1Time Out

en.wikipedia.org

Time out adalah suatu cara yang bisa kamu lakukan untuk memberikan “pelajaran” kepada anakmu dengan batasan waktu. Cara ini akan efektif untuk anak yang agresif, suka “ngadat” maupun anak yang berorientasi dalam kelompok.

Akan tetapi jangan lakukan cara ini jika anakmu merupakan anak yang pasif, senang untuk menyendiri atau melamun. Karena time out kurang tepat untuk anak-anak berkarakteristik seperti mereka.

Lalu bagaimana caranya? Ini merupakan cara yang umum dilakukan oleh banyak orang. Membuat time out corner atau kursi time out. Kenalkan terlebih dahulu kursi atau pojokan time out itu pada mereka.

heymom.com.ph
heymom.com.ph

Buat mereka paham dengan konsekuensi yang diterima jika berbuat kesalahan. Jadi, ketika mereka membuat suatu masalah di dalam rumah, kamu bisa langsung membawa mereka ke sana.

Tanyakan pada mereka kesalahan apa yang telah dibuat. Lalu beri tenggang waktu dalam pelaksanaannya. Time out harus dilakukan secara konsisten, supaya anak juga tidak bingung dan target perilaku yang diinginkan dapat tercapai.

imgsuccess.com
imgsuccess.com

Diusahakan tempat untuk melakukan time out ini jauh dari lalu lalang orang, jauh dari pintu dan jendela serta tidak terlihat oleh orang lain, namun masih dapat diawasi.

Lakukan secara singkat sekitar lima menit dan perhatikan apa yang mereka lakukan selama itu.

2Token Ekonomi

homeschoolhappy.com

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah token ekonomi. Kamu bisa menerapkan cara ini diberbagai tempat, seperti di sekolah, rumah sakit jiwa, dalam bidang militer, lembaga permasyarakatan, tempat kerja, maupun keluarga.

Ketika menerapkan token ekonomi, kamu bisa memberikan sebuah kepingan, kartu atau bentuk-bentuk lain sesuai keinginan sebagai sarana untuk melakukan token ekonomi. Nantinya, kartu atau kepingan itu bisa ditukarkan jika mencapai jumlah tertentu.

Pertama-tama kamu harus menentukan perilaku yang akan di rubah, jika dilakukan untuk sekelompok orang, maka akan lebih mudah menentukan target yang hendak diubah. Kemudian lakukan pencatatan awal tentang perilaku mereka.

www.thepottyexpert.com
www.thepottyexpert.com

Setelah itu kamu bisa memilih token ekonomi yang akan digunakan, selain kartu maupun kepingan, kamu pun bisa membuat stiker dengan berbagai macam gambar maupun bentuk, seperti bintang, segitiga, lingkaran, dan sebagainya.

Lalu berikan tata cara untuk melakukan token ekonomi itu secara rinci. Jelaskan pada mereka untuk perilaku yang seperti apa token itu akan diberikan. Kemudian bagaimana cara pemberian token.

Untuk kegiatan ini akan diberikan berapa token dan kegiatan lain berapa token. Beritahu juga bahwa harus memiliki berapa banyak token baru dapat ditukarkan. Kamu juga harus melengkapi pemberian token ini dengan penguatan sosial.

www.pofuff.com
www.pofuff.com

Diharapkan nantinya, penguatan sosial ini yang akan diterima oleh anak-anak di dalam lingkungannya. Kalian bisa menyapihnya secara perlahan dengan cara mengurani token dan nilainya sedikit demi sedikit.

Hindari penundaan supaya pemberlakukan token ekonomi ini lebih efektif. Lakukan juga secara konsisten dengan memperhitungkan kuantitas. Supaya mempermudah, kamu bisa membuat sebuah tabel besar untuk menempel token yang telah diberikan.