Salah satu hal yang mungkin kamu ingat ketika mendengar kata ‘Jakarta’ adalah Monas. Yup, Monas atau Moumen Nasional merupakan icon dari  Jakarta.

Monumen yang terletak di pusat kota Jakarta ini menjadi salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh masyarakat.

Tidak hanya itu, tempat ini juga menjadi pusat pendidikan yang menarik bagi warga Jakarta maupun sekitarnya.

Menurut sejarah terbentuknya, Monas dibangun untuk mengenang jasa serta perjuangan para pahlawan-pahlawan dalam mengusir penjajahan Belanda.

Monas mulai dibangun pada bulan Agustus 1959 dan dirancang oleh para arsitek Indonesia yakni Soedarsono, Frederich Silaban dan Ir. Roosone.

Tanggal 17 Agustus 1961, Monas diresmikan oleh Presiden Soekarno dan mulai dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975.

Monas memiliki tinggi 132 meter dan berbentuk lingga yoni. Di bagian puncaknya terdapat cawan yang di atasnya ada lidah api perunggu.

Lidah api tersebut memilik itinggi 17 meter dan diameter 6 meter dengan berat 14,5 ton. Lidah api ini menjadi salah satu daya tarik bagi banyak orang.

Bagaimana tidak, pada bagian tersebut dilapisi emas seberat 45 kilogram. Lidah api  monas terdiri dari 77 bagian yang disatukan. Manjubkan!

Pada bagian pelataran puncaknya memiliki luas berukursn 11 kali 11 meter. Bagi para pengunjung yang ingin mencapai pelataran puncak dapat menggunakan lift.

Tidak perlu khawatir, di sekeliling lift terdapat juga tangga darurat. Ketika kamu mencapai pelataran puncak Monas, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan kota Jakarta.

Pengunjung bisa melihat gedung-gedung pencakar langit kota Jakarta. Tidak hanya itu pengunjung juga dapat melihat Gunung Salak di Jawa Barat dan Laut Jawa dengan Kepulauan Seribu.

Di bagian pelataran bawah memiliki luas berukuran 45 kali 45 meter. Pada bagian ini pengunjung dapat melihat Taman Monas yang di dalamnya merupakan hutan kota yang indah.

Di Taman tersebut pengunjung bisa bermain dengan sekawanan rusa. Pengunjung jugadapat menikmati pertunjukkan air mancur yang menarik di malam hari.

Bagi para pengunjung yang ingin menjaga kesehatan juga dapat berolahraga di taman ini bersama keluarga atau kerabat dan sahabat.

Selain itu juga dapat melakukan pijat refleksi secara gratis karena di taman ini disediakan batu-batuan untuk pijat refleksi.

Itulah sedikit ulasan tentang Monas, semoga bemanfaat.

SHARE