Di tengah kemacetan yang sering melanda kota besar, terlebih lagi dengan kenaikan ongkos angkot dan kendaraan umum lainnya, maka menggunakan alat transportasi alternatif adalah salah satu solusi paling bijak.

Alat transportasi alternatif? Iya, transportasi alternatif yang bisa kita gunakan tanpa perlu naik angkot atau kendaraan umum lainnya. Kamu tau alat transportasi apakah itu? Itu adalah motor.

rentalmotormalang.com
rentalmotormalang.com

Yup, naik motor pastinya lebih cepat membawamu pergi ke mana-mana. Selain itu kamu pun bisa lebih berhemat. Harga motor kan mahal? Mungkin sebagian kamu terkendala membeli motor karena hal ini atau kamu termasuk tipe orang yang nggak suka kredit.

Lalu bagaimana caranya beli motor dengan harga terjangkau dan tanpa harus berhutang? Nah, salah satu solusinya adalah dengan membeli motor bekas. Kamu kan bisa membelinya dengan harga yang lebih murah daripada kamu membeli motor baru.

impqs.orgfree.com
impqs.orgfree.com

Tapi serem juga ya beli motor bekas, takut motornya udah kenapa-kenapa. Jangan sampai kita membeli motor bekas untuk menekan harga, justru kita kena tipu. Kalau begitu kita justru rugi kan?

Untuk menghindari hal seperti itu, berikut adalah tips buat kamu yang mau beli motor bekas. Simak yuk!

1Kamu Punya Uang Berapa?

xmuda.com

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli motor bekas, maka kamu lihat dulu dengan kondisi keuangan kamu. Lihat berapa uang yang kamu punya dan berapa banyak yang akan kamu alokasikan untuk membeli motor bekas.

Hal ini perlu kamu lakukan agar kamu bisa menentukan akan membeli motor seperti apa dengan sejumlah uang yang kamu miliki. Jangan sampai juga sudah nawar-nawar, ternyata uang kamu nggak cukup, malu dan nggak enak kan kalau begitu?

2Pilih Jenis Motor yang Diinginkan

boenesaja.blogspot.com

Setelah mengetahui kondisi keuangan, baru kemudian kamu cari motor yang sesuai dengan uang yang kamu miliki. Cari beberapa alternatif. Selain itu kamu pun perlu melihat kondisi jalanan yang akan kamu lalui.

Kok liat kondisi jalan segala untuk nentuin mau beli motor apa? Iya dong, kalau di daerah kamu kondisi jalannya kurang begitu bagus, sebaiknya kamu beli motor manual, ketimbang beli motor matic yang lebih cocok di jalanan yang mulus.

Saat memilih jenis motor yang diinginkan, kamu pun perlu lihat spesifikasi motornya ya! Pilih spesifikasi motor yang mendukung kepentingan dan keinginan kamu. Setelah kamu lihat, maka kamu bisa pilih salah satunya.

3Cek Harga Pasar

hargaterbaru9.com

Saat kamu melakukan transaksi pembelian motor bekas, maka kamu perlu cek harga pasar motor tersebut. Kenapa begitu? Agar kamu mendapatkan harga yang kurang lebih sama dengan harga pasar.

Nggak mau juga kan beli motor bekasnya kemahalan. Padahal kamu masih punya kebutuhan lain yang perlu kamu penuhi. Lebih baik kan uangnya untuk memenuhi hal tersebut.

4Pilih Penjual Motor Bekas yang Terpercaya

rajufebrian.wordpress.com

Satu hal yang perlu kamu ingat kalau mau membeli motor bekas, yaitu pilihlah penjual yang terpercaya. Kalau bisa sih yang kamu kenal. Supaya kamu tahu riwayat motornya, misalnya saja pernah masuk bengkel berapa kali, atau spare part apa saja yang sudah diganti.

5Lihat Kelengkapan Surat-suratnya

tedyginting.wordpress.com

Saat membeli motor bekas, kamu perlu melihat kelengkapan surat-suratnya. Soalnya takut saja kalau motor bekas yang kamu beli itu adalah motor curian. Tentunya kamu nggak mau kan punya motor hasil curian?

Selain takut kalau itu adalah motor curian, kalau nggak ada surat-suratnya, nanti kamu bakal pusing sendiri.

Kenapa begitu? Ini dikarenakan kamu akan ribet ngurus surat-suratnya nanti. Nggak mungkin kan punya motor tanpa surat-surat? Nanti yang ada kamu bisa ditilang.

6Minta Kesempatan Mengendarai

mpm-motor.co.id

Motor bisa ketahuan enak dikendarai atau tidak, itu bisa diketahui dengan mencoba mengendarainya. Jadi, saat kamu membeli motor bekas, maka mintalah kesempatan untuk mencobanya. Kalau perlu cobalah agak lama.