Kalau kamu di Indonesia, pasti tahu bahwa motor Ninja adalah buatan pabrikan motor Kawasaki. Bahkan mungkin kamu akan mengira bahwa Kawasaki hanya pabrik yang hanya mempunyai produk motor.

Kalau itu yang kamu kira, kamu pasti belum pernah ke Jepang. Pendiri perusahaan multinasional Kawasaki tentu saja orang Jepang bernama Kawasaki, Shozo Kawasaki.

50plusachievers.club
50plusachievers.club

Dan yang perlu kamu tahu, perusahaan ini juga sebuah perusahaan mesin dan alat berat. Selain itu, Kawasaki juga sebuah perusahaan aerospace, perkapalan, energi, alat industri, infrastruktur, hingga alat-alat perang.

jchighspeedrail.com
jchighspeedrail.com

Bahkan kamu mungkin tidak akan menyangka bahwa kereta peluru shinkansen di Jepang juga merupakan buah karya perusahaan Kawasaki. Selain itu, banyak juga produk Kawasaki yang merupakan robot untuk kegiatan produksi industri.

Selain di Jepang, pabrik-pabrik Kawasaki juga tersebar di seluruh dunia. Mulai dari Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia, Oceania, hingga Eropa. Benar-benar perusahaan ninja yang serba bisa bukan?

Nah, kali ini sepertinya kita cukup membahas motor Kawasaki Ninja, motor yang sejak lama dianggap telah membawa nuansa balap ke dunia di luar arena balap.

1Single Cylinder Engine

motorblitz.com

Silinder yang dimaksud dalam istilah single cylinder engine adalah silinder piston. Dua dari motor Kawasaki yang dikeluarkan dalam mesin satu piston ini adalah Kawasaki Ninja ZX-150RR yang telah diproduksi sejak tahun 1996 dan Kawasaki Ninja 250SL yang diproduksi sejak tahun 2015.

Barangkali, jenis motor ninja yang satu inilah yang paling laris di pasaran Indonesia. Motor dengan performa balapan namun tidak terlalu membahayakan pengguna jalan lainnya. Yang jelas kamu bisa tampil keren cukup dengan Kawasaki Ninja yang satu ini.

2Two Cylinder Engine

bhmpics.com

Generasi dua piston ini bahkan lebih tua dari golongan single cylinder. Hingga saat ini telah melahirkan 5 generasi Kawasaki Ninja. Seri 250R sejak tahun 1986, 500R atau GPZ500S sejak tahun 1986 – 2009, 600R sejak tahun 2006, 400R (2011) dan Kawasaki Ninja 300 (2013).

3Four Cylinder Engine

en.wikipedia.org

Tentu saja ada generasi selanjutnya dari Kawasaki Ninja, dengan kecepatan tingkat ninja, kamu bisa mengendarainya di jalanan yang lengang. Generasi empat piston ini juga telah diproduksi sejak tahun 1988.

Seri yang tertua adalah Kawasaki ninja ZX-2R atau ZXR250 sejak tahun 1988. Jenis motor ninja 4 piston ini bahkan telah diproduksi hingga 19 seri. Produk motor ninja yang terbaru tentu saja produksi tahun 2015.

motorbikeonly.com
motorbikeonly.com

Setelah produksi motor ninja 4 piston terakhir pada tahun 2011 dengan nama Kawasaki Ninja 1000, empat tahun kemudian Kawasaki menghadirkan generasi terbaru yang lebih aduhai.

Mulai dari desain body hingga kecepatannya tentu saja. Produk motor ninja yang diperkenalkan pada publik tahun 2015 ini diberi nama Kawasaji Ninja H2. Performa balap 12.000 rpm dengan kecepatan 300 km per jam bisa membuat kamu puas.

4Motor Ninja Racing

youtube.com

Tentu saja Kawasaki juga menciptakan motor ninja yang khusus digunakan dalam ajang balapan resmi. Sejak tahun 2002, motor ini terus mengalami pengembangan untuk balapan MotoGP. Kawasaki Ninja ZX-RR MotoGP.

ninja-h2.com
ninja-h2.com

Dan tahun ini barulah keluar model baru motor Kawasaki Ninja untuk ajang balapan pertaruhan nyawa sedunia, Kawasaki Ninja H2R yang diperkenalkan tahun 2015 adalah kakak dari Kawasaki Ninja H2.

mobilkomersial.com
mobilkomersial.com

Tentu saja seri H2R telah dirancang khusus untuk balapan berkecepatan tinggi dan setelan khusus yang tak tertandingi. Kalau kamu diperbolehkan menggunakan H2 di jalanan kota, sepertinya untuk H2R ini bukan dirancang untuk jalanan perkotaan.

SHARE