Dengan tingkat kemacetan di kota-kota besar, pasti membuat kamu memilih moda transportasi yang dapat dengan mudahnya menembus kemacetan itu kan?

Nah, salah satu moda transportasi itu adalah motor. Dengan ukurannya yang jauh lebih kecil dari mobil, maka para pengguna motor lebih mudah melenggang di jalanan.

Tapi, untuk sebagian orang, terutama para cowok, motor tidak hanya sebagai sarana transportasi saja, namun bisa digunakan sebagai sarana menyalurkan hobi traveling. Selain biayanya lebih murah, menggunakan motor pun perjalanan bisa lebih cepat.

motorbaru.com
motorbaru.com

Untuk kepentingan itulah, maka banyak yang memilih motor sport sebagai salah satu sarana transportasi mereka. Selain bisa dipacu lebih cepat, motor ini pun stylish dan lebih nyaman serta kuat digunakan untuk perjalanan jauh.

Bagi para pencinta motor sport, pastinya mereka senang sekali jika mengendarai motor ini. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang mengusahakan berbagai jenis perawatan untuk motor-motor mereka.

Untuk kamu-kamu yang ingin punya motor sport, maka kamu pun harus tau lho cara perawatannya. Tentunya supaya motor kamu lebih awet dan nyaman dipakai berkendara.

Terkait bagaimana cara perawatannya, langsung kita lihat saja yuk!

1Cek Selang Bahan Bakar Secara Berkala

aliexpress.com

Selang bahan bakar adalah selang yang berfungsi menyalurkan bahan bakar ke mesin motor. Jika selang ini kotor, maka akan memengaruhi kerja injector dalam memasukkan bahan bakar ke mesin motor kita.

Jadi, selang bahan bakar ini memiliki fungsi penting dan kita perlu memeriksanya secara berkala, yaitu setiap kali motor sudah melaju sejauh 2000 km.

Jika selang terbukti kotor, maka kamu harus segera membersihkannya, proses pembersihan tidak harus kamu lakukan sendiri lho. Tentunya kamu bisa bawa motor kamu ke bengkel.

2Pompa Bahan Bakar Pun Perlu di Cek

aliexpress.com

Jika kamu sudah melaju sejauh 50 ribu kilometer, maka kamu perlu mengecek kondisi pompa bahan bakar motor sport kamu. Cara mengeceknya bagaimana?

Caranya mudah kok. Kamu tinggal menghidupkan mesin motor di tempat yang tidak bising. Jika terdengar bunyi berdesing dari tangki bahan bakar, maka ini adalah saatnya kamu menguras tangki bahan bakarnya.

3Periksa Busi dan Filter Udara

wahanahonda.com

Sebagai pengendara motor, kamu harus memastikan bahwa proses pembakaran di dalam motormu bekerja dengan optimal. Tentunya supaya motor kamu awet. Untuk itu kamu perlu memeriksa busi dan filter udaranya.

Busi dan filter udara perlu kamu periksa agar proses pembakaran di mesin motormu dapat berjalan dengan optimal. Jika busi dan filter udaranya kotor, maka perlu dibersihkan.

4Gunakan Bahan Bakar yang Berkualitas

adeide.com

Kualitas bahan bakar akan mempengaruhi mensin injeksi. Jadi saat mengisi bahan bakar, kamu perlu memilih bahan bakar dengan tingkat oktan yang disarankan oleh pabrik pembuat motor sport kamu.

Jangan sampai kamu salah pilih bahan bakar ya? Ini bisa menyebabkan mesin motormu tidak awet tentunya. Bukankah mesin motor adalah nyawanya motor itu sendiri? Oleh karena itu harus kita beri nutrisi yang sesuai.

5Perhatikan Kondisi Aki

merdeka.com

Satu hal yang perlu kamu tahu, bahwa motor sport itu membutuhkan aki untuk menyediakan arus listrik bagi mesin injeksi. Jadi kamu harus memastikan kondisi aki baik-baik saja.

Jika aki sudah tidak menghasilkan arus listrik, maka kamu harus segera mengisi ulang aki motormu.

6Motornya Di-service Dong!

merdeka.com

Ini adalah perawatan mutlak yang harus kamu lakukan. Setelah kamu melakukan perjalanan sejauh 3000 km bersama motormu, maka kamu perlu membawa motormu ke bengkel. Agar motormu tetap selalu prima.