vurbmoto.com

Motor Trail: Kendaraan Tangguh untuk Kompetisi Ekstrim dan Berbahaya

Posted on

Jenis motor yang satu ini bukanlah motor biasa. Motor jenis ini umumnya didapatkan dari hasil modifikasi. Namun beberapa produsen motor dunia juga mengeluarkan secara khusus produk motor trail mereka.

Selain dengan sebutan motor trail, motor jenis ini juga sering disebut sebagai motor off-road. Di dunia internasional, balapan yang menggunaan motor jenis ini umumnya lebih dikenal dengan motocross, dirtbike atau off-road racing.

Ciri khusus pada motor ini tentu saja ban depan belakang yang mempunyai kontur bergerigi kotak-kotak. Dengan mesin yang kuat dan torsi yang besar, motor ini memang dikhususkan untuk melalui medan yang merat.

wallscreenhd.com
wallscreenhd.com

Motor ini tidak dapat digunakan untuk balapan yan mengutamakan kecepatan, namun lebih pada balapan yang mempunyai medan yang berat dengan berbagai rintangan dan jalur yang berbahaya.

Namun, jangan kaget kalau di Indonesia beberapa daerah tertentu lazim menggunakan motor ini sebagai angkutan sehari-hari. Ha ini tentu saja karena medan pegunungan yang terpencil dan belum terdapat akses jalan yang mudah.

Sejarah Motor Trail

7-themes.com
7-themes.com

Balapan motor trail ini ternyata sudah ada sejak tahun 1906 diawali oleh balapan Auto-Cycle Clubs. Kompetisi bernama Scottish Six Days Trial mengikutinya pada tahun 1909.

Sebuah sejarah yang panjang mengingat perkembangan yang bervariasi pada penggunaan motor jenis ini.

Nah, lembaga resmi yang paling populer dan menaungi olahraga ekstrim motor trail ini adalah Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM). FIM merupakan gabungan dari federasi motor trail dari 111 negara berbeda.

FIM telah menyelenggarakan kejuaraan motor trail outdoor sejak tahun 1964. Sedangkan kejuaraan indoor­ motor trail dimulai sejak tahun 1993 atau lebih dikenal dengan istilah X-Trial.

FIM World Championship

youtube.com
youtube.com

Kejuaraan motor trail adalah balapan yang berbahaya dan mempunyai resiko cedera hingga resiko kematian. Hal itulah yang membuat olahraga ini sangat menegangkan dan cukup digemari di berbagai belahan dunia.

Pencarian berbagai arena trail yang baru dan lebih menegangkan selalu dilakukan di berbagai negara dari daerah Eropa, Asia, hingga benua Amerika. Banyak kejuaraan bebas tanpa sponsor yang populer juga menyelenggarakan kompetisi secara lokal.

trial4fun.com
trial4fun.com

Nah, untuk kejuaraan dunia yang resmi FIM telah menyelenggarakannya sejak tahun 1964 dan hingga kini telah tercipta banyak rekor, terutama pada kategori pembalap yang paling sering menjuarai kejuaraan dunia FIM.

dallasga.macaronikid.com
dallasga.macaronikid.com

Dougie Lampkin asal Inggris pernah menjuarai kompetisi motor trail outdoor sebanyak 7 kali indoor sebanyak 5 kali sejak kurun waktu 1995 hingga 2005. Catatan 12 total kemanangan yang mengesankan.

Prestasi Lampkin hanya dapat dikalahkan oleh Toni Bou yang hingga saat ini masih aktif sebagai pembalap dan telah mencetak kemenangan mutlak yang sangat impresif sebanyak 18 total kemenangan.

Motor Trail di Indonesia

youtube.com
youtube.com

Perkembangan motor trail telah menjadi awal bagi banyak sekali kejuaraan yang variatif. Mulai dari kejuaraan freestyle jump di dunia yang merenggut banyak nyawa hingga kejuaraan motor trail di Indonesia yang cukup populer.

Barang kali kejuaraan yang paling terkenal di Indonesia adalah Trial Game. Ditanyangkan secara langsung lewat televisi nasional, Trial Game adalah seri yang berlangsung di beberapa kota di Indonesia.

Meliputi 10 kota dengan medan balapan yang berbahaya, Trial Game ini diselenggarakan secara bergantian di Banjarnegara, Wonosono, Purwokerto, Madiun, Mojokerto, Probolinggo, Jombang, Batang, Ambarawa dan Karanganyar.

Kamu tertarik mencobanya? Siapkan dulu mental dan keterampilanmu dalam mengendalikan motor berbahaya ini. Karena di atas motor inilah nyawamu dipertaruhkan.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *