Kecelakaan lalu lintas tentu bukan hal yang asing lagi di telinga kita. Miris sekali bukan? Kebanyakan kasus kecelakaan melibatkan sepeda motor. Yup, karena kendaraan bermotor roda dua ini saya kira lebih banyak dikendarai masyarakat Indonesia.

Selain itu resiko ketika mengendarainya juga lebih besar daripada menaiki kendaraan beroda tiga atau lebih. Eits, kita disini bukan untuk membandingkan mana yang lebih aman untuk dikendarai Guys.

Sepeda motor memang lebih banyak resikonya, lalu apa yang akan kita lakukan jika kita hanya mempunyai motor sebagai kendaraan sehari-hari kita? 100! Benar sekali! Berhati-hatilah kuncinya..

Kita bahas yuk, tips agar bersepeda motor tetap aman sampai tujuan, dan yang pasti tidak mengganggu pengendara lain. Disimak ya Guys!

1Cek Kondisi Kendaraan dan Cuaca Sebelum Melakukan Perjalanan

kaskus.co.id

Semua jenis kendaraan pun harusnya selalu melakukan satu hal ini. Kenapa? Karena inilah yang terpenting. Sebelum digunakan untuk berkendara, kendaraan yang akan kita kendarai harus kita pastikan sehat kondisinya Guys.

Kecelakaan lalu lintas bukan hanya dikarenakan factor manusia (human error), tapi bisa jadi factor yang berasal dari kerusakan mesin dan kondisi alam.

2Gunakan Lampu Utama di Siang Hari

news.okezone.com

Mungkin peringatan satu ini sekarang banyak kita jumpai di jalan. Yes, lampu utama motor memang punya memiliki peran penting bagi keselamatan Guys.

Bagaimana tidak, sangat membantu kita melihat dari jauh kendaraan yang datang dari arah depan atau samping, juga belakang (melalui kaca spion).

Tidak heran, produk sepeda motor kini menggunakan sistem yang otomatis untuk penyalaannya. Tidak lain dan tidak bukan agar lampu utama selalu hidup baik siang ataupun malam.

3Belok Kanan-Kiri, Inget Spion dan Lampu Sein Guys!

motorexpertz.com

Hmm, saya rasa kecelakaan lalu lintas pada sepeda motor banyak disebabkan oleh pengendara yang lalai memperhatikan samping kanan-kiri, depan belakang, dan satu lagi, lampu sein! Waton begitu lhoh bahasa Inggrisnya. Hehe

4Wherever You Go, Kendalikan Kecepatan!

mestiqui.com

Nah, ini juga termasuk poin penting Guys, kendalikan kecepatan. Lihat situasi dan kondisi di sekitar, kapan kita menambah kecepatan, kapan kita mengurangi kecepatan. Semua ada porsinya sendiri-sendiri bukan?

Takdir memang tidak ada seorang pun yang tahu Guys. Kita akan selamat atau celaka, tidak pernah tahu bukan? Tapi jika kita bisa mengupayakan agar selamat, kenapa tidak?

Semoga bermanfaat!

 

SHARE