Perkembangan zaman dan peradaban manusia sering diukur dari alat transportasi yang digunakan. Maka mengamati alat transportasi manusia dari waktu ke waktu seperti kamu flash back dan hadir di masa-masa itu.

Kini hal di atas bukan sesuatu yang mustahil, kamu tinggal datang ke kota Batu dan berkunjung ke Museum Angkut. Kamu akan merasakan nuansa berbagai tempat di masa lalu begitu nyata.

Museum Angkut yang didirikan  pada 9 maret 2014 ini, mengoleksi alat angkut yang ada di sepanjang sejarah. Museum Angkut juga menjadi museum alat transportasi yang pertama dan terbesar di Asia.

Bukan hanya koleksi alat transportasi Indonesia, Museum Angkut justru lebih banyak memiliki koleksi dari mancanegara. Lebih dari 300 mobil dari yang paling antik sampai yang paling modern dipamerkan di museum ini.

Museum ini menempati 3,8 hektar, sangat luas untuk ukuran museum. Luasnya kompleks wisata museum ini bisa membuatmu bingung untuk memilih tempat yang jadi prioritas.

Nah, agar kamu tidak bingung, ada 8 zona penting yang bisa kamu prioritaskan jika pergi ke sana. Berikut 8 zona penting yang ada di Museum Angkut.

1Zona Hall Utama

museumangkut.com

Ini ruangan pertama yang akan kamu pijaki setelah melewati pintu masuk pengunjung. Suasana museum langsung melekat pada ruangan ini.

Berbagai koleksi mobil, kereta kuda, motor, sepeda ontel, sampai helikopter juga ada. Tergantung lampu-lampu eksotis sehingga menimbulkan kesan elegan di ruangan ini.

2Zona Edukasi

museumangkut.com

Museum adalah wahana pencerdasan, maka menjadi wajib ada zona khusus tentang pendidikan. Terutama pengetahuan seputar sejarah angkutan dari masa ke masa, baik di Indonesia maupun di dunia.

ngalam.co k
ngalam.co k

Di zona edukasi disuguhkan berbagai miniatur kapal, ada kapal Majapahit, kapal Borobudur sampai dengan kapal yang kisahnya terkenal di dunia, kapal Titanic.

Pengetahuan-pengetahuan science juga dihadirkan, seperti sistem kerja berbagai kereta, mobil, dan energi yang digunakan.

Bahkan mobil listrik yang pernah dikendarai Pak Dahlan Iskan dan mengalami kecelakaan juga ada, tentu dalam bentuk sudah ‘penyok’ tidak karuan.

3Zona Gangster Town & Broadway Street

anekatempatwisata.com

Salah satu zona favorit, kamu akan ditempatkan layaknya gangster di tahun 1970-an. Bergaya bak godfather yang berebut wilayah dengan gangster lainnya. Lengkap dengan mobil ala mafioso yang sering adu tembak di jalanan.

museumangkut.com
museumangkut.com

Di seberangnya, ada Broadway street yang menjadi tempat impian para artis tersohor dunia. Ditampilkan bersama dengan berbagai type dan model angkutan transportasi di dalamnya.

4Zona Eropa

museumangkut.com

Mobil-mobil yang pernah beredar di Eropa zaman dulu dipajang dalam museum ini. Kamu akan merasakan kota-kota lama di negara Uni Eropa seperti Belanda, Italia, Prancis, Jerman, dan Inggris.

5Zona Istana Buckingham

travelingprecils.blogspot.com

Istana Buckingham adalah simbol politik Inggris berabad-abad, karena itu pihak museum menggunakan nama Buckingham untuk menampilkan berbagai angkutan berkelas yang pernah dipunyai Inggris.

anginsegar.com
anginsegar.com

Mungkin kamu pernah mendengar merk-merk seperti Triumph, Matchless, Royal Enfield, Raligh, Fillir, Francis Barnett, Austin, Mini Cooper, dan Rolls Royce.

Bahkan di museum ini memamerkan mobil legendaris LandRover milik ratu Inggris, lengkap dengan situasi kota London di malam hari.

6Zona Sunda Kelapa & Gudang Batavia

ngalam.co

Sunda Kelapa adalah kota pelabuhan yang sangat ramai dari zaman Belanda dulu. Di sini kamu serasa ditarik kembali ke suasana kota Batavia tempo dulu.

Dapatkan nuansa itu di zona ini, ada tiruan menara Syahbandar dan berbagai jenis mobil dan angkutan transportasi kala yang menggambarkan Batavia atau Sunda Kelapa sebagai kota perdagangan dan pelabuhan.

7Zona Hollywood

kompasiana.com

Buat kamu penggemar film-film Hollywood kamu harus lihat zona yang satu ini. Berada di zona ini kita serasa ada di jalanan Las Vegas yang ramai. Film-film box office juga digambarkan di zona ini.

jefry.penabulu.net
jefry.penabulu.net

Beragam kendaraan yang pernah digunakan dalam film dihadirkan di zona ini, seperti batmobile, mobil bumblebee, hingga mobil caravan scoby doo juga ada.

8Zona Las Vegas

intaninchan.wordpress.com

Tahu kota yang terkenal dengan glamor hotel dan kasinonya? Las Vegas, kamu akan merasakan suasana itu di Zona ini.

Nuansa Amerika yang akan mewarnai malam dengan gerbang Las Vegas dan berbagai jenis mobil yang melintas.