Perkembangan peradaban Islam yang besar dan pernah menguasai dunia telah menghasilkan banyak karya yang menghiasi seluruh lapis zaman dan kehidupan.

Karya-karya hebat tersebut berupa kesenian sampai yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak secara langsung seperti ilmu kedokteran, dll. Kalau karya seni, misalnya arsitektur bangunan, seni pembuatan keramik, dll.

Nah, untuk bisa menemukan dan melihat bagaimana keindahan karya-karya seni ini, kamu bisa berkunjung ke bangunan masjid atau museum-museum Islam.

Beberapa negara yang memiliki museum dengan koleksi lengkap di antaranya adalah Qatar, Indonesia, Malaysia, dan Turki.

Ada pula sejumlah negara yang bukan berlatarkan masyarakat muslim seperti Australia dan Kanada, namun juga memiliki museum-museum serupa yang mengoleksi benda-benda bersejarah peninggalan peradaban Islam.

Nah, seperti apa museum-museum tersebut?

1Topkapi, Turki

topkapi_pegipegi.com

Museum ini awalnya merupakan Istana megah di kota tua Istanbul. Museum Topkapi memiliki ruangan megah berkubah yang menyimpan koleksi-koleksi penting, seperti jenggot, jejak kaki, surat kuno, jubah, dan pedang Rasulullah Saw.

ramadhan.pojoksatu.id
ramadhan.pojoksatu.id

Di tempat ini juga disimpan salah satu manuskrip Al Quran tertua di dunia. Semua koleksi Islami di Topkapi Museum masih tersimpan dengan baik hingga saat ini.

2Islamic Art Museum, Malaysia

patrickcollects.wordpress.com

Museum Islam bergaya arsitektur unik ini berlokasi di Jalan Lembah Perdana, Kuala Lumpur yang memiliki 4 lantai.

Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda warisan peradaban Islam seperti senjata, baju besi, perhiasan, tekstil, koin, kayu, keramik, kerajinan logam, serta manuskrip Al Quran.

Museum ini juga menyimpan koleksi-koleksi budaya yang mewakili tiga etnis utama di Malaysia, yakni Melayu, India, dan Cina.

3Museum of Islamic Art, Qatar

qatar_forum.xcitefun.net

Museum yang berlokasi di Doha, Qatar ini memiliki banyak artefak seni Islami yang mengundang decak kagum para wisatawan dari seluruh dunia.

Museum of Islamic Art merupakan museum Islam pertama di Teluk Persia yang memiliki banyak koleksi mengagumkan.

qatar_travelblog.org
qatar_travelblog.org

Museum ini menampilkan banyak koleksi dari berbagai belahan dunia, seperti Iran, Irak, Turki, Mesir, Asia Tengah, India, dan Spanyol. Terutama sejak dibuka pertama kali pada tahun 2008.

Salah satu koleksi terbaik yang ada di museum ini adalah lukisan Laila Majnun yang diadaptasi dari kisah cinta klasik karya Nizami Ganjavi, seorang penyair Persia.

4Islamic Museum of Australia, Australia

madebytait.com.au

Islamic Museum of Australia pernah mendapatkan penghargaan dalam Museum & Galleries National Award 2014 sebagai salah satu museum yang terbaik di Australia.

Museum yang berlokasi di Victoria ini didirikan pada tahun 2010 sebagai wadah pertunjukan warisan seni dan sejarah Islam di Australia.

Tempat ini menyimpan banyak artefak sejarah, karya seni, beragam koleksi lukisan, kaligrafi, arsitektur, keramik, kaca dan tekstil yang berasal dari berbagai belahan dunia.

5Aga Khan, Kanada

akdn.org

Museum ini terletak di Toronto dan disebut-sebut sebagai museum Islam termegah di Amerika Utara yang dibangun oleh seorang jutawan muslim: Aga Khan. Gedung megah ini diresmikan pada tahun 2014.

Aga Khan dirancang oleh arsitek terkenal, yaitu Fumihiko Maki yang pernah meraih penghargaan internasional dengan rancangan bangunan bergaya kontemporer modern. Tembok luar bangunan ini menggunakan batu granit Brasil.

6Bayt Al Quran & Museum Istiqlal, Indonesia

sahalart.wordpress.com

Nah, ini dia museum islam yang berada di Indonesia. Museum ini terletak di Komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Museum yang diresmikan pada 20 April 1997 ini menyimpan banyak koleksi karya intelektual muslim nusantara dan para ulama besar.

Sesuai dengan namanya, Bayt Al Quran, museum ini memiliki beragam koleksi mushaf Al Quran seperti mushaf istiqlal, mushaf sunda dan malaysia, serta mushaf wonosobo yang berukuran sangat besar.

Sementara museum yang satunya, yaitu museum Istiqlal, menyimpan benda seni dan aneka artefak peninggalan peradaban Islam di Nusantara.

SHARE