Majalah bisnis begengsi Forbes baru saja merilis daftar bertajuk 30 Under 30 Asia, berisi deretan anak muda yang bermukim di kawasan Asia, yang dinilai sebagai pemimpin muda yang menjanjikan, wiraswastawan yang berbakat ataupun game changer.

Dalam daftar itu, ada 17 nama anak muda Indonesia. Salah satunya adalah Heni Sri Sundani (28 tahun) yang masuk kategori Social Entrepreneurs. Heni adalah founder Smart Farmer Kids In Action & AgroEdu Jampang Community.

Mungkin belum banyak orang tahu nama Heni Sri Sundani, atau yang lebih dikenal dengan nama pena Heni Jaladara.

Memang banyak sekali pahlawan di negeri kita yang keberadaanya memberi manfaat besar bagi banyak orang, tapi namanya tidak banyak disebut.

Seperti itulah Heni. Ia bekerja dalam kesunyian, tanpa perlu penghargaan, ia hanya fokus pada kesejahteraan masyarakat desa.

Tapi takdir Allah berkata lain. Saat ini dunia mengenalnya. Namanya harum tersemat pada salah satu media cetak bisnis paling bergengsi di dunia.

Penasaran kenapa Heni bisa menjadi bagian dari deretan para inspirator di seluruh benua Asia dalam kategori “30 under 30 Asia”?

Back

6. Jadi TKI sekaligus Mahasiswi di Hongkong

Percaya nggak kalau Heni berangkat ke Hongkong sebagai TKI, pulang-pulang bawa ijazah Cumlaude?

Heni berangkat bukan dalam kondisi makmur sejahtera pada saat itu. Ia harus bertarung dengan kemiskinan di desanya, yaitu Ciamis. Tapi kini, ia justru menjadi salah satu penggerak petani di desanya.

Kerja di Hongkong jusru memberi peluang bagi Heni untuk bisa melanjutkan sekolahnya ke jenjang universitas.

Heni sempat bekeja di Hongkong selama 3 tahun sampai akhirnya ia memutuskan untuk mengambil kuliah di Saint Mary University Hongkong sambil bekerja.

afif1.wordpress.com
Back