Kegagalan saat menuju pelaminan adalah hal yang menyakitkan, terlebih pada kaum wanita. Impian yang telah dirangkai indah, hancur seketika. Namun apa mau dikata, takdir mengatakan semua harus berakhir.

Saat menerima undangan pernikahan dari sahabat, saudara, atau rekan kerja rasanya memang menyesakkan. Terlebih saat membuka akun sosial media di beranda dipenuhi kebahagiaan keluarga baru dari teman.

Seolah kamu merasa menjadi orang paling menderita sedunia. Kamu bahkan berpandangan bahwa memiliki pasangan adalah satu-satunya solusi permasalahan hidupmu.

Padahal nyatanya tak selalu begitu, mereka yang sudah memiliki pasangan bukan berarti tak memiliki masalah dalam hidupnya. Mulai saat ini kamu harus berpikiran positif bahwa status stay single adalah jalan terbaik.

Berikut ini terdapat tips agar kamu selalu berpikir positif saat dalam stay single menanti datangnya pujaan hati.

1Jangan Berkubang dalam Kenangan

www.bintang.com

Kenangan terkadang datang dengan sendirinya tanpa di undang. Beberapa detik saja tak sibuk dengan kegiatan, kenangan seakan datang bertubi-tubi seperti kaset yang terputar nyata dalam imajinasi kita.

Air mata tak kuasa meleleh dengan sendirinya. Inilah yang membuat hatimu kembali sakit. Kamu seolah menusuk hatimu lagi dan lagi. Alhasil kamu akan semakin terperosok dan akan sulit bangun dalam kubangan kenangan.

Mulai sekarang hentikan mengenang sosok mantan. Saat kenangan terputar dengan sendirinya, segeralah bangkit dan sibukan dengan hal-hal yang bermanfaat.

Misalnya segera mengambil air wudzu dan lakukan sholat sunnah. Kemudian tenggelamkan diri menyelami lantunan ayat suci Al Qur’an. Dijamin hatimu tak lagi bergemuruh hebat dan kamu akan lebih tenang.

2Cintai Dirimu Sendiri

www.muslimah.or.id

Menyalahkan diri sendiri seolah menjadi cara terbaik akan kejadian yang sama sekali tak di inginkan. Begitu pula dengan kegagalan untuk menyempurnakan separuh agama.

Namun terus-terusan menyalahkan diri sendiri tak akan memberikan solusi atas permasalahan. Kamu juga akan kesulitan move on.

Cintailah dirimu sendiri, kalimat yang mudah diucapkan namun dalam prakteknya sulit untuk diaplikasikan. Mencintai diri sendiri adalah hal mutlak yang harus kamu lakukan untuk memperbaiki keadaan.

Membenci diri sendiri hanya akan memperburuk keadaan. Penampilanmu juga semakin kusut. Jika demikian bagaimana bisa kamu mendapatkan pujaan hati yang lebih baik dari sang mantan?

3Bersenang-Senang dengan Sahabat

www.deloiz.blogspot.com

Kata orang sahabat adalah orang yang selalu ada di saat kita terpuruk. Kenyataannya memang demikian. Kamu tak perlu takut berbagi curahan hati dengan sahabat.

Kalaupun ia tak memberikan solusi yang konkrit, setidaknya kamu sudah lega menumpahkan isi hatimu yang menyesakkan.

Ajaklah sahabatmu bersenang-senang untuk sejenak melupakan masalahmu. Kalian dapat berjalan-jalan ke toko buku, menonton film kesukaan, sekedar makan bersama di tempat makan baru, atau mendatangi pengajian bersama.

4Jadilah Relawan

www.komunitasjendelamuslimah.wordpress.com

Bukankah sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat pada orang lain? Menjadi relawan tak hanya dapat mengobati rasa sakitmu, namun juga dapat menjadi tabungan amal kebaikan.

Saat ini banyak terdapat komunitas ataupun organisasi non profit yang peduli baik pada pendidikan, lingkungan, sosial, atau kemasyarakatan. Pilihlah salah satu organisasi yang sesuai dengan passion-mu.

Kamu juga akan mendapatkan banyak teman-teman baru yang akan memberikan semangat baru.

5Lakukan Hal-Hal yang Dapat Membuatmu Bahagia

www.blog.debusana.com

Jika kamu suka membaca, tak masalah kamu menyisihkan anggaran bulananmu untuk menambah koleksi novel. Begitu juga dengan eskperimen di dapur. Memasaklah jika itu bisa membuat hatimu bahagia dan merasa lebih baik.

6Lanjutkan Hidup dengan Senyum Semangat

www.thelia27.wordpress.com

Apapun yang terjadi hidupmu haruslah terus berlanjut. Bahagia atau bersedih, toh pada akhirnya roda kehidupan tetap terus bergulir. Mulai saat itu sambutlah harimu dengan senyuman semangat.

Tak ada alasan untuk tidak bahagia dalam hidupmu. Percayalah bahwa kebahagiaan akan semakin menambah pancaran kecantikanmu.

SHARE