nisrina.co.id

Muslimah Berprestasi, Menjadi Kebanggaan Keluarga, Agama, dan Bangsa

Posted on

Menjadi seorang muslimah berhijab dan berjilbab adalah hal yang berat pada tahun 1970-1990-an. Kala itu, terjadi diskriminasi di berbagai bidang kehidupan muslimah. Salah satunya adalah larangan menggunakan kerudung selama bekerja.

Kemudian, pada tahun 1988, seorang Emha Ainun Nadjib mengembangkan ide dasar untuk sebuah pentas yang kelak akan mengubah pandangan tentang keberadaan jilbab dan hijab di Indonesia.

Pementasan puisi Lautan Jilbab pertama kali oleh Emha Ainun Nadjib saat Ramadhan tahun 1986 dengan bantuan Jamaah Shalahudin sebagai lembaga dakwah kampus UGM.

1080.plus
1080.plus

Kemudian segera menjadi pementasan paling fenomenal saat penontonnya mencapai 35.000 orang lebih berjubel memenuhi alun-alun Madiun. Sebuah pementasan sastra yang tidak tertandingi hingga saat ini.

Sejak itu, jilbab menjadi budaya, berangsur tidak ada lagi diskriminasi pada muslimah yang menggunakan jilbab.

Emha Ainun Nadjib terbukti bukan hanya sastrawan penghibur, namun kedalaman pemahamannya terhadap masalah sosial Islam memberikan pemecahan masalah yang sempurna. Pemecahan masalah diskriminasi parah terhadap muslimah di Indonesia.

Nah, 20 tahun lebih telah berlalu sejak Lautan Jilbab, kini muslimah-muslimah Indonesia tampil di garda terdepan sebagai muslimah berprestasi yang menebar inspirasi untuk generasi muslimah muda lainnya, di Indonesia dan dunia.

Dokter Gigi Sekaligus Perwira

mataindependen.blogspot.co.id
mataindependen.blogspot.co.id

Muslimah kelahiran Bogor ini menikah dengan Richard G Bennet Jr yang juga seorang dokter gigi. Ranti Aryani bahkan pernah menjadi kapter korps dokter gigi di United States Air Force (USAF).

Pada tahun 2011, Ranti mendapat penghargaan American Top Dentrist. Pemilik klinik gigi bernama Orchid Dental ini menangani rata-rata 1000 pasien setiap tahunnya.

transonlinexx.wordpress.com
transonlinexx.wordpress.com

Di USAF ia mendapat banyak diskriminasi. Apalagi setelah peristiwa WTC 9/11 yang mengejutkan. Namun, ia bangkit dan bersama suaminya menulis buku perjalanan hidup yang penuh inspirasi.

Sebuah buku yang kelak pada tahun selanjutnya menjadi buku best seller, berjudul In God We Trust. Kalau kamu tertarik dengan kisah dokter Ranti, kamu bisa pesan bukunya di penerbit Pustaka Matahari.

Dokter Termuda di Indonesia

ugm.ac.id
ugm.ac.id

Dengan IPK cumlaude 3,67 Riana Helmi tercatat dalam rekor MURI sebagai dokter termuda dengan usia 17 tahun 9 bulan saat kelulusannya pada Mei 2009. Muslimah yang satu ini punya hobi membaca.

Ia mengatakan bahwa sebagian besar waktunya ia habiskan untuk membaca. Jadi, kalau kamu mau menjadi muslimah seperti Riana, cobalah mulai ikuti kegemaran Riana. Membaca dan jadilah muslimah berprestasi.

Muslimah Miliuner

blogebatiktrusmi.blogspot.com
blogebatiktrusmi.blogspot.com

Sally Giovanny mengalami perjuangan yang tidak mudah hingga titik saat ini ia dapat disebut miliuner. Ia mulai berjualan batik keliling pasar Jakarta, Bandung, dan Surabaya sejak umur 18 tahun.

Dengan usahanya yang gigih itu, Sally dan suaminya kini memiliki grosir batik dengan brand Trusmi seluas 1,5 hektar, 850 karyawan dan bekerja sama dengan 500 pengrajin batik lokal Cirebon. Omzetnya? 100 juta rupiah setiap harinya.

Penulis Buku Best Seller

youtube.com
youtube.com

Siapa tidak kenal Asma Nadia, muslimah muda zaman sekarang pastilah mengenal Asma. Ialah salah satu pendiri Forum Lingkar Pena, komunitas penulis muslim terbesar di Indonesia.

Lebih dari 40 buku dan naskah telah ia kerjakan, baik merupakan karyanya sendiri maupun kolaborasinya dengan penulis lain. Bahkan banyak dari buku best seller karya Asma yang diangkat ke layar kaca hingga layar lebar.

admin.tabloidbintang.com
admin.tabloidbintang.com

Mulai dari Assalamualaikum, Beijing!, Emak Ingin Naik Haji, Emak Ijah Pengen ke Mekah, Rumah Tanpa Jendela, Catatan Hati Seorang Istri, hingga Surga yang Tak Dirindukan.

Bahkan kabarnya, Asma tengah dalam proses pembuatan film Jilbab Traveler dan Pesantren Impian yang diadaptasi dari novel garapannya juga. Bayangkan berapa orang yang terinspirasi untuk menjadi baik dari karya-karya Asma.

Masih banyak kisah lain yang memiliki beragam prestasi, mulai dari mendapat beasiswa ternama hingga memenangkan kejuaraan sains tingkat dunia. Jadi, wahai muslimah, jadilah pemudi muslim yang berprestasi lagi menginspirasi.

[td_smart_list_end]

One thought on “Muslimah Berprestasi, Menjadi Kebanggaan Keluarga, Agama, dan Bangsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *