muslimahcorner.com

3 Nabi Selain 25 Nabi Utama yang Disebut dalam Al Qur’an

Posted on

Selama ini kita hanya mengetahui dari pelajaran, ada 25 nabi dan rasul yang wajib diketahui umat muslim. Ke 25 nabi itu diberitahukan langsung oleh Allah kepada manusia melalui kalam-Nya Al-Qur’an.

Padahal sebenarnya ada beberapa nama nabi diluar 25 nabi utama itu yang turut diberitakan baik dalam Kitabullah, Hadits Nabi, maupun kisah israiliyat yang terpercaya.

Rasulullah saw bersabda dalam sebuah hadits, yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban di dalam shahihnya, dari Abu Dzar al Ghifary berkata:

”Aku bertanya kepada Rasulullah saw berapakah jumlah para nabi?” Beliau saw bersabda,”124.000.” Lalu aku bertanya berapa jumlah para rasul?” maka Beliau saw bersabda,”313.”

Berbeda dari 25 nabi wajib diyakini kedudukannya sebagai nabi dan rasul karena bersumber langsung dari Al-Qur’an, nabi selain 25 itu tidak wajib diketahui dan diyakini.

Yang wajib kita yakini adalah bahwa ada banyak nabi dan rasul yang diutus Allah swt selain 25 nabi tadi. Dari 124.000 nabi itu yang termasyhur dan dapat ditelusuri kisahnya ada 16 nabi.

Dari ke-16 nabi, ada nabi yang dikisahkan langsung dalam Al-Qur’an, walaupun tidak termasuk ke 25 nabi.

Berikut ketiga kisah nabi yang kita yakini betul kedudukannya, yakni Nabi Khidir, Nabi Zulkarnain, dan Nabi Imran.

Nabi Khidir atau Balya Bin Malkan

nabi-khidir-as3
jalanakhirat.files.wordpress.com

Asal dan arti nama Nabi Khidir adalah Al-Khidir secara harfiah berarti ‘Seseorang yang Hijau’ melambangkan kesegaran jiwa dan pengetahuan.

Nabi Khidir amat populer kisahnya karena dikisahkan bersama Nabi Musa dalam Al-Qur’an. Bahkan namanya dalam Al-Qur’an disebut hingga ratusan kali.

Nabi Musa mengikuti Nabi Khidir untuk belajar darinya, tentang ilmu Allah yang dikaruniakan kepada Nabi Khidir.

youtube.com

Namun, dari 3 persyaratan yang diberikan Nabi Khidir, Nabi Musa tidak dapat melaksanakannya karena mengandung hikmah dari Allah yang di luar batas pemahaman Nabi Musa.

Pelajaran berharga yang dapat diambil dari kisah Nabi Khidir dan Nabi Musa adalah betapa luasnya ilmu Allah, seperti luas yang tidak akan habis walau seberapa banyak kita mengambilnya.

Nabi Zulkarnain

aku-macjay.blogspot.com

Secara isitilah nama Zulkarnain berarti “dia yang bertanduk dua”. Seperti Nabi Khidir, Nabi Zulkarnain disebutkan juga dalam Al-Qur’an sebagai raja yang adil dan kuat.

Begitu hebatnya hingga sang Nabi dikaruniakan Allah kekuatan menahan bangsa kejam dan perusak, yakni Ya’juj dan Ma’juj dalam sebuah dinding yang besar.

xeno101.blogspot.com

Ada anggapan orang barat yang menyamakan Nabi Zulkarnain versi Islam dengan Iskandar Agung (Alexander dari Macedonia). Dan pendapat ini ditentang oleh para ulama dan sarjana Islam.

Gelar Zulkarnain selain digunakan oleh nabi juga pernah digunakan oleh banyak raja, termasuk juga Iskandar Agung dari Macedonia.

Nabi Imran AS

silaturahim.co.id

Nabi Imran atau yang kita kenal dengan nama Ali Imran, menjadi nama surat dalam Al-Qur’an Nulkarim. Tentu bukan orang sembarangan kedudukannya di mata Allah ketika menjadi nama surat dalam kitab-Nya.

Nabi Imran bernama lengkap Imran bin Hasyim bin Amun. Menikah dengan Hannah binti Faqud bin Qabil dan dikaruniakan seorang anak perempuan mulia, yang kita kenal dengan nama Mariam atau Maria.

1esa1.wordpress.com

Dari Mariam inilah Nabi Imran juga mempunyai seorang cucu yang diangkat Allah menjadi Rasul bagi Bani Israil, yakni Nabi Isa AS. Nabi Imran dan keluarganya dimuliakan dan dipuji Allah sebagai keluarga shaleh.

Bahkan keluarga Imran disebut bersama dengan nabi mulia lainnya, dalam surat Ali Imran ayat 33, Allah berfirman : “Allah telah memilih Adam, dan Nuh, dan keluarga Ibrahim, dan keluarga Imran, di atas semua alam.”

Kehidupan keluarga Imran sederhana dan bersahaja. Mereka tinggal di perkampungan Nazareth, Palestina, dan mengabdikan diri untuk merawat tempat suci Baitul Maqdis.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *