Hutang dalam hubungan pertemanan memang susah-susah gampang buat disikapi. Kalau kamu dalam posisi ‘si pemberi hutang’, bakal susah untuk nagih hutang dalam banyak situasi.

Nah, berikut beberapa jalan elegan yang bisa kamu coba saat nagih hutang. Dijamin, teman kamu tidak akan bisa menolak, bahkan ia mungkin tidak akan sadar kalau ternyata hutangnya telah lunas.

1Bayarin

sukashibe.wordpress.com

Saat kamu sebagai ‘si pemberi hutang’ dan teman kamu sebagai ‘si pemilik hutang’ makan bersama. Kamu bisa persiapkan hal-hal yang tidak dia dua sama sekali. Tinggalkan dompet kamu di kos atau di rumah.

Di akhir obrolan dan menjelang meninggalkan tempat makan, kamu bisa sedikit akting sambil bener-bener bersikap tidak punya uang. Bilang saja lupa tdak bawa dompet atau lupa ke ATM dan lain lain.

Dengan cara ini kamu punya peluang yang besar untuk mendapatkan kembali uang kamu dalam bentuk yang lain, makanan tentunya. Dan tentu saja pertemanan kamu tetap akan baik-baik saja.

2Nagih Hutang di Tanggal Muda

duitologi.com

Sebagai pihak yang memberi hutang, kamu harus lebih sabar saat nagih hutang. Minimal kamu bisa bertahan untuk tidak meminta uang kamu dikembalikan sampai tanggal muda, atau waktu-waktu saat dia kira-kira gajian.

bisnisukm.com
bisnisukm.com

Nah, dengan menagihnya saat gajian atau tanggal muda, ia akan lebih susah memberikan excuse atau alasan. Peluang agar ia membayar hutang kamu akan lebih besar pada waktu-waktu seperti ini.

Tentu saja kamu juga harus menagihnya dengan cara yang halus. Diselingi satu dua candaan yang renyah agar suasana tidak menjadi awkward gara-gara masalah hutang yang mungkin besarnya juga tidak terlalu signifikan.

3Diskusi Soal Amal

panjimas.com

Sesekali kamu bisa membuka orolan ringan atau diskusi soal amal. Misalnya niat kamu untuk beramal suatu saat. Nah, kalau teman kamu ‘si pemilik utang’ komentar, kamu bisa saja tiba-tiba mengingatkan tentang hutang.

Misalnya dengan cara mengatakan bahwa kamu bisa dengan mudah beramal sodaqoh saat ia telah membayar hutang. Kamu bisa membahasnya secara ringan agar ia tidak merasa sakit hati.

Mungkin saja dengan cara seperti ini ia akan mudah membayar hutang pada kamu. Barangkali jika membicarakan tentang amal, hatinya akan terketuk dan segera membayar pada kamu.

Tentu saja setelah itu uangnya haru benar-benar kamu jadikan amal sodaqoh.

4Mama Minta Utang

tipsduadunia.blogspot.com

Kalau hubungan pertemanan kalian sudah sangat dekat, kamu mungkin akan sering berkunjung ke rumah teman kamu. Ia juga barangkali akan sering bermain di rumah kamu.

Nah, dengan nada sedikit bercanda, kamu bisa bilang bahwa kalau ia tidak segera membayar hutang. Kamu akan minta gantinya langsung ke mamahnya saja. Pasti teman kamu ‘si pemilik hutang’ itu akan panik dan berusaha segera membayar hutangnya.

5Ikhlaskan

mojok.co

Yah, inilah jalan terakhir yang bisa kamu tempuh sebagai ending drama saga hutang piutang kamu. Ikhlaskan saja, toh ia adalah teman kamu bukan? Suatu saat ia akan ingat saat ia telah sukses.

Mungkin juga ia tidak akan ingat, poinnya adalah kamu telah membantu hidup orang lain. Toh harta yang kamu punya juga hanya titipan Tuhan semata. Kamu juga telah berbuat baik karena membuat orang lain senang.

Kalau suatu saat ia meminjam uang lagi pada kamu, kamu cukup tersenyum dan berkata, “bayar dulu hutang yang dulu-dulu”. Ia mungkin akan ingat dan meminta maaf pada kamu.

Dan tentu saja ia akan segera berusaha membayarnya, ia akan menjadi pribadi yang lebih baik. Percayalah.

SHARE