Kalau kamu jadi karyawan dan sering mengekuh soal gaji yang tidak pernah naik, mungkin kamu perlu menggunakan cara-cara berikut ini.

Langkah langkah berikut bisa jadi akan memberikan kamu sebuah kesempatan dengan cepat yakni mengalami kenaikan gaji empat kali selama setahun!

Kamu tidak percaya? lakukan dulu hal-hal ini di kantor untuk membuktikannya.

1Bisa Dipercaya

boomdc.com

Cara pertama yang harus dilakukan adalah menjadi karyawan yang bisa dipercaya. Bila kita ketahuan melakukan penggelapan, manipulasi, atau penipuan di perusahaan, baik besar maupun kecil-kecilan, sudah pasti kita sulit dipromosi atau naik gaji secara maksimal.

Bisa dipercaya adalah fondasi yang paling mendasar di seluruh bidang kehidupan. Bayangkan apabila Kamu seorang pemilik perusahaan atau seorang atasan yang membutuhkan karyawan untuk dipromosi dan diberi tanggung jawab yang lebih besar, atau bahkan untuk diajak menjadi partner. Sudah pasti yang dipilih adalah orang yang dapat dipercaya.

2Menghasilkan Lebih

www.businessinsider.com

Cara kedua, kita harus menghasilkan lebih daripada yang kita terima, lebih dari karyawan yang lain. Yang dimaksud lebih dari yang kita terima adalah bila gaji kita 100, kita harus memberi lebih dari 100 dan bila kita hanya memberi 100, kita pas dan layak untuk tidak naik gaji.

Yang dimaksud lebih dari karyawan yang lain adalah memberikan kinerja yang lebih hebat daripada sesama karyawan pada level yang sama.

Kenapa kita layak untuk naik gaji setahun empat kali? Karena kita mempunyai prinsip 1-3-5. Yaitu 1 karyawan digaji 3 kali lipat dari rata-rata karena mempunyai produktivitas 5 kali lipat dari rata-rata.

3Inisiatif

seoisasi.blogspot.com

Cara ketiga adalah inisiatif untuk menyelesaikan masalah. Tidak perlu menunggu sampai disuruh. Hindari kecenderungan untuk menyalahkan orang lain, atasan, situasi, anak buah, tetapi tunjukkan inisiatif untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Ketika kita tahu ada yang tidak beres, kita tidak BEJ (Blame, Excuse, Justify) tapi berinisiatif untuk menyelesaikan masalah.

4Menyenangkan

salimunj.com

Cara keempat adalah berperilaku menyenangkan. Jaga penampilan, kedisiplinan, kesopanan, selalu bicarakan orang dengan baik di depan dan di belakang. Orang yang omong jelek di belakang sama sekali tidak menyenangkan.

5Mengomunikasikan Prestasinya kepada Orang yang Tepat

www.business2community.com

Bila kita sudah mempunyai nilai tambah, kita harus komunikasikannya. Orang yang mempunyai nilai tambah yang lebih dari karyawan lain yang tidak mengomunikasikan tetap bisa naik gaji dan dipromosikan, tapi akan makan waktu lebih lama.

Komunikasikan hal itu kepada orang yang tepat, yaitu atasan atau pemilik perusahaan. Kalau kita hanya mengomunikasikan prestasi kita kepada orang yang tidak tepat, kita hanya mendapat pujian “Wah… hebat”, tetapi tidak naik gaji dan dipromosikan.

6Mencapai Prestasi itu Berkali-kali

justforsneaks.wordpress.com

Kita akan dipromosikan bila mencapai prestasi berkali-kali (dalam jumlah yang banyak, mungkin jugadengan perusahaan yang lain).

Bila kita mengomunikasikan prestasi kita kepada atasan kita sendiri, bisa jadi atasan kita masih tenang-tenang saja, dan kita tidak mendapatkan kenaikan gaji atau promosi.

Sebaliknya, bila banyak orang dari pemilik perusahaan atau atasan perusahaan yang lain mengetahui nilai tambah kita, kita akan menerima banyak tawaran kenaikan gaji dan promosi dari luar.

SHARE