Kenapa masih banyak orang yang rela dan berani naik motor meski tidak menggunakan helm? Padahal sudah banyak kejadian kecelakaan yang merenggut nyawa para pengemudinya hanya karena tidak patuh dalam menggunakan pelindung kepala.

Mulai dari alasan serius, sampai konyol muncul di sana-sini, hanya untuk memperdebatkan penggunaan helm ketika berkendara di jalan raya. Contohnya seperti berikut:

1Jarak Dekat

Biasanya orang-orang terlalu jumawa untuk menganggap bahwa jarak dekat tidak akan mampu menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Eits, siapa bilang?

Hal tersebut mengakibatkan kelalaian yang justru lebih besar. Mengapa? karena kecelakaan kendaraan tak pernah mengenal waktu dan tempat. Kenapa tidak pakai saja helm untuk mencegah?

2Topi adalah Helm

bonepos.com

Ada juga lho sebagian orang yang berpikir kalau menggunakan topi sama saja dengan menggunakan helm ketika berkendaraan di jalan raya.

Padahal, itu salah besar. Jika kamu jatuh dan kepalamu membentur aspal jalan, maka dengan memakai topi, sudah bisa dipastikan kepalamu tidak akan terlindungi dari benturan keras. Namun, jika menggunakan helm yang keras, maka kamu akan aman.

3Helm Model Baru Paling Aneh

antoncharlianehtapinyata.blogspot.com

Kalau ada segelintir orang mengendarai motor menggunakan helm dari baskom, maka pemuda ini menggunakan bekas kaleng cat untuk melindungi kepalanya.

Memang terlihat lucu dan unik. Tapi tetap saja tidak bisa melindungi kepala seperti halnya helm yang keras dan memang diatur sedemikian rupa agar tidak sampai membuat kepalamu terbentur.

4Takut Rambut Berantakan

blog.tokopedia.com

Kamu sudah repot menyisir rambut supaya rapi dan sudah tampak keren, menurutmu. Maka dengan alasan itu kamu takut jika menggunakan helm, model rambut yang sudah kamu sisir dan rapikan, menjadi berantakan dan kusut.

Kalau sudah begitu, apakah kamu tidak sayang dengan kepalamu? Tidak sayang terhadap nyawamu? Bagaimana jika terjadi kecelakaan dan kepalamu terbentur? Jauh lebih bijak dan cerdas jika kamu mendahulukan keselamatan daripada style.

5Menyanyi di atas Motor

sololifemusic.com

Apa jadinya kalau ada orang yang nekat menyanyi di atas motor? Barangkali kalau menyanyi di dalam mobil masih oke. Tapi motor?

Meskipun kamu tetap bisa fokus mengendarai, bisa saja kamu menyanyi terlalu keras dan justru menganggu pengendara lain. Menyanyilah pada tempatnya ya.

6Rambut Basah

maskool.in

Rambut basah sehabis keramas, belum juga kering, sudah dipakaikan helm dalam jangka waktu cukup lama. Kalau rambut tidak berubah apek, rambut juga akan basah dan berminyak, saling bercampur karena disekap di dalam helm.

Memang ada baiknya kamu keringkan dulu rambutmu dengan hairdryer sebelum bepergian ke luar yang mengharuskanmu menggunakan motor dan helm. Jangan sampai karena alasan rambut saja, kamu menjadi abai terhadap keselamatan jiwa.

7Kalau Tidak Ada Polisi…

republika.co.id

Kalau sedang tidak ada polisi, pasti kamu memilih untuk tidak menggunakan helm. Betul? Ini dia yang sering sekali terjadi di sekitar kita. Tak perlu jauh-jauh mencari contoh. Di sekelilingmu saat ini pun pasti pelanggaran model ini sudah menjamur.

Kenapa harus menunggu ada polisi baru patuh? Padahal itu juga demi keselamatanmu sendiri. Para petugas polisi tidak akan mendapat apa-apa dari helm yang kamu pakai.

Anggap saja itu sebagai bentuk perhatian dan kasih sayang para polisi terhadap masyarakat karena sudah mengingatkan untuk selalu menaati tata tertib lalu lintas, salah satunya dengan menggunakan helm ketika berkendara pada jarak dekat maupun jauh.