Nama Bocah Asal Kediri Ini Bisa Bikin Lidah Keseleo, Bisa Membacanya?

Posted on

Nama merupakan sebuah doa atau pengharapan orangtua terhadap anaknya. Karena orangtua selalu inginkan yang terbaik untuknya. Jika ada pernyataan “Apalah arti sebuah nama?” Maka jawabnya adalah penting.

Nama adalah identitas yang terkandung doa dalam setiap maknanya. Namun, ada juga beberapa orangtua yang ingin nama anaknya unik. Seperti bocah asal Kediri, Jawa Timur ini misalnya. Ia diberi yang sangat unik oleh orangtuanya dan bahkan susah untuk dilafalkan.

Pernah ada empat orang yang disodori sebuah kertas yang bertuliskan nama anak itu dan diminta untuk melafalkannya. Mereka semua menggelangkan kepala tanda bahwa mereka menyerah dan tak sanggup walaupun hanya sekedar mengejanya.

Saking pusingnya, akhirnya mereka pun bertanya rumpun bahasa apa yang dipakai pada nama itu?

“Kok, bahasanya tidak pernah saya dengar, ya, atau mungkin ini bahasa Rusia,” kata Sandi, satu dari empat mahasiswa semester V jurusan Bahasa Inggris, Universitas Islam Kediri, Kediri, Jawa Timur, saat disodorkan nama itu.

Nama yang dimaksud tersebut jika dieja kurang lebih seperti ini U-O-A-I-E-V-A-N-T-Z S-F-Y-D-Z D-A-V-I-D J-U-N-I-O-R atau Uoaievantz Sfydz David Junior.

Pemilik nama tersebut adalah seorang bocah berusia 7 tahun dan masih duduk dibangku kelas 1 salah satu Madrasah Ibtidaiyah (Setara sekolah dasar) di Kediri. Ternyata bukan hanya mahasiswa itu saja yang merasa kesulitan melafalkan nama tersebut.

Zaenal David Nasron, ayah dari bocah itu, menuturkan, dia sudah terbiasa mendapat keluhan pelafalan sejak nama nyeleneh anak pertama hasil pernikahannya dengan Heriyani itu ia sematkan.

Orang-orang di lingkungan saat anaknya berinteraksi, misalnya, sekolah hingga keluarga, selalu merasa kesulitan melafalkan nama panjang anaknya.

Nama itu juga sempat menjadi bahan pembahasan tersendiri oleh petugas pengadilan saat dia mengurus akta kelahiran.

“Banyak yang nanya nama anak saya itu dari bahasa apa, padahal bukan dari bahasa mana pun. Di awal-awal dulu, saya sempat dianggap gila,” ujar David.

Lalu, apa yang melatarbelakanginya memberi nama yang tidak lazim itu?

Pria yang berprofesi sebagai penulis buku ini menjabarkan tiga alasan dasar yang menjadi pertimbangan penggunaan nama unik anaknya. Pertama, kata dia, nama adalah identitas yang melekat pada diri seseorang sehingga harus benar-benar menjadi pembeda dengan orang lain.

Kedua, menurut dia, nama adalah doa. Ia berharap nama itu akan menggerakkan anaknya untuk dapat memberikan kontribusi yang tidak biasa bagi kehidupan, sesuai namanya yang juga tidak biasa.

Terakhir, selayaknya nama dapat menjadi pendorong agar penyandang nama dapat berperilaku sebagaimana kandungan namanya. Nama bagus akan sia-sia jika tidak ada perbuatan nyata meraih doa itu.

“Doa jangan pasif. Harus ada usaha dari pemilik nama sendiri untuk menggapainya,” tuturnya.

Uoaievantz Sfydz David Junior adalah seorang bocah periang. Hobinya adalah olahraga bulu tangkis dan menggambar. Prestasi sekolahnya bagus. Banyak nilai baik dalam buku ujiannya.

Namun, bisakah dia mengeja namanya?

“Nama saya Evan…,” dia menyebut nama pendeknya saja karena tidak hafal nama panjangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *