Iman kepada malaikat merupakan bagian dari rukun Iman. Iman kepada malaikat adalah meyakini keberadaan malaikat yang ghaib. Allah menciptakan para malaikat dari cahaya atau nuur.

Malaikat selalu taat dan menyembah Allah. Mereka tidak pernah menyimpang dari perintah-Nya. Walaupun tidak ada yang mengetahui jumlah pasti malaikat, namun manusia wajib  untuk mengimani bahwa malaikat itu benar-benar ada.

Berikut 5 dari 10 nama malaikat yang wajib diketahui oleh semua orang Islam:

1Malaikat Jibril

travel.detik.com

Malaikat yang wajib diketahui yang pertama adalah malaikat jibril. Malaikat jibril bertugas untuk menyampaikan wahyu Allah kepada para Nabi. Hal ini untuk mengarahkan umat manusia agar mengikuti semua perintah Allah dan menjauhi Larangan-Nya.

Turunnya wahyu Allah yang pertama disampaikan kepada Rasulullah di Gua Hira juga dilakukan oleh Malaikat Jibril dalam wujud seperti bunyi lonceng yang bisa membuat Rasulullah sampai mengeluarkan keringat dingin.

Setelah Nabi Muhammad SAW wafat, malaikat jibril bertugas untuk mengangkat cinta suci karena Allah, rasa kasih sayang, rasa adil, sifat pemalu para perempuan, sifat sabar, sifat pemurah, sifat Wara` para ulama, mengangkat Al Quran, dan mengangkat iman dari muka bumi.

2Malaikat Mikail

muadzbinjabal.com

Malaikat  Mikail bertugas untuk membagikan rejeki kepada umat manusia. Rejeki yang dimaksud bukan hanya dalam bentuk material. Akan tetapi juga hujan yang merupakan rejeki yang terbesar. Hujan membantu pertanian tumbuh subur hingga umat manusia kecukupan dalam hidup.

3Malaikat Izra’il

mukainternet.blogspot.com

Mati merupakan hal yang pasti akan dialami oleh umat manusia, untuk itu Malaikat Izra’il atau yang biasa disebut juga dengan malaikat maut ditugaskan oleh Allah untuk mencabut nyawa manusia.

Mati dalam pandangan Islam merupakan pintu gerbang seorang manusia memasuki masa mempertanggungjawabkan sekaligus mendapatkan balasan setiap amalnya di dunia. Malaikat yang bertugas untuk mencabut ruh atau nyawa seseorang adalah Malaikat Izrail.

Keberadaan manusia berasal dari sesuatu yang tak bernyawa disebut dengan jasad. Kemudian Allah hadirkan ruh dalam jasad tersebut sehingga muncul kehidupan. Setiap manusia telah Allah berikan kesempatan untuk berikhtiar semaksimal mungkin mencari bekal akhirat di dunia.

Setelah masa seorang manusia untuk hidup di dunia telah habis. Maka Allah tugaskan Malaikat Izrail mencabut nyawanya.

4Malaikat Israfil

youtube.com

Tugas Malaikat Israfil adalah meniup terompet sangkakala di hari kiamat. Di hari itu, muka bumi dihuni oleh seburuk-buruknya manusia. Kemaksiatan merajalela. Karena beberapa masa sebelum hari kiamat, Allah mencabut nyawa seluruh manusia yang di dalam jiwanya ada keimanan.

Tiupan sangkakala Malaikat Israfil sebagai penanda bagi seluruh alam semesta bahwa usia mereka telah habis. Tata surya yang sebelumnya beredar pada jalurnya masing-masing tiba-tiba kehilangan keseimbangannya. Terjadi tabrakan antar galaksi sehingga menimbulkan kehancuran sejadi-jadinya.

Pada hari ini, umur dunia telah berakhir dan dimulailah masa akhirat yang bersifat kekal abadi. Berbeda dengan dunia yang fana dan sementara.

Malaikat Israfil juga diberikan tugas oleh Allah untuk meniupkan terompet sangkakala kedua kalinya untuk menghidupkan seluruh makhluk bernyawa, termasuk manusia untuk menjalani tahapan-tahapan di masa akhirat seperti hari pembangkitan, hari berkumpul di mahsyar dan seterusnya.

5Malaikat Munkar

wajibbaca.com

Masa setelah kematian adalah alam kubur Alam kubur merupakan tempat transisi bagi manusia menunggu hari kiamat. Seorang manusia yang baru saja dikuburkan setelah meninggalnya, akan menghadapi beberapa pertanyaan mengenai kehidupan sebagai makhluk di muka bumi.

Bagi orang-orang dengan amal kebaikan yang mendominasi kehidupannya, maka Allah akan memberikan sedikit kenikmatan surga di alam kuburnya melalui Malaikat Munkar. Begitu juga sebaliknya, Allah akan berikan adzab kubur bagi orang-orang yang lebih banyak melakukan kemaksiatan.